Minggu, 31 Juli 2022

MLM Haram? APLI Exhibition 2022, Penjualan MLM Di Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital

 


Pernah kepikiran nggak sih, kenapa produk Multi Level Marketing (MLM) melalui Online Market Place jarang banget di lirik konsumen? Terus kenapa sekarang jaman pandemi banyak hal berubah termasuk MLM pun berubah mengikuti trend market place



Dengan adanya kesempatan besar memberikan peluang bisnis sendiri kepada pelaku industri. Itulah sebabnya sangat perlu sebuah wadah mengatasi dampak negatif dari globalisasi dan liberalisasi yaitu APLI EXHIBITION 2022 merangkul semua industri penjualan langsung. Pasti akan muncul berbagai skema penipuan yang berkedok sistem penjualan langsung yang dampaknya selain sangat merugikan masyarakat namun juga berdampak pada munculnya citra negatif terhadap industri penjualan langsung. 


APLI Exhibiton, Penjualan Online Market Place
Fenomena Larangan Perusahaan Penjualan Langsung Menjual Barang di Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital



APLI Exhibition hadir kembali di hari ulang tahun pada tanggal 24 Juli 2022 lalu memberikan terbaik bagi pelaku bisnis dan konsumen. Pencapaian APLI di usia ke 38 selama tiga hari pengunjung di Pasaraya Blok M akan dimanjakan dengan sajian dan bisa berkesempatan mendapatkan wawasan melalui Talkshow, Pameran Perusahaan Direct Selling ternama Indonesia Business Motivation, Live Music, Market Place Online, Product Knowledge dan booth merk direct selling dagang yang dinaungi APLI.



Selama tiga hari 24 - 26 Juli 2022 APLI akan merangkul direct selling dan konsumen. Dan saya berkesempatan berkunjung ke APLI Exhibition hari kedua dengan berbagai macam keseruan yang sayang banget kalau dilewatkan. APLI Exhibition 2022, Senin 25 Juli 2022 mengusung tema "Fenomena Larangan Perusahaan Penjualan Langsung Menjual Barang di Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital", menghadirkan narasumber Dewan Pembina APLI  Roys Tanani, Subdit 5 IKNB DITTIPIDEKSUS BARESKRIM Wawan Muliawan, SH, MH, dan Praktisi Hukum Dr. U. Mulyaharja, SH., SE., MH., MKn., CLA. 


Narasumber APLI Exhibiton
APLI Exhibition - Dewan Pembina APLI  Roys Tanani, Subdit 5 IKNB DITTIPIDEKSUS BARESKRIM Wawan Muliawan, SH, MH, dan Praktisi Hukum Dr. U. Mulyaharja, SH., SE., MH., MKn., CLA.


APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia merupakan suatu organisasi yang merupakan wadah persatuan dan kesatuan tempat berhimpun para perusahaan penjualan langsung (Direct Selling/DS), termasuk perusahaan yang menjalankan penjualan dengan system berjenjang (Multi Level Marketing/MLM) di Indonesia. Mengingat APLI organisasi independent, yang tidak berafiliasi dengan salah satu kegiatan politik praktis, selain kegiatan professional dalam bidang mewujudkan Penjualan Langsung (Direct Selling), termasuk penjualan dengan system berjenjang (MLM) yang murni dan benar.



Menjadi pengalaman pribadi ketika diprospekin sama member bisnis MLM langsung auto malas melayani karena terlalu banyak menawarkan penawaran diluar keinginan sendiri. Tapi tidak menutup kemungkinan juga tertarik ketika ditawarkan berbagai macam produk yang menguntungkan apalagi gratis. APLI EXHIBITION memaparkan stigma yang sayangnya sudah sempat mengakar di masyarakat kalau MLM haram, akhirnya diluruskan juga. Jawabannya, MLM itu HALAL!




Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital


Bapak Decky Yao selaku Ketua Umum APSKI turut hadir diskusi dengan APLI seputar industri penjualan langsung terkait Suplemen Kesehatan. Masa pandemi mengajarkan kita lebih mandiri. Dalam masa sakit pun kita harus bisa berkonsultasi dengan dokter melalui online tanpa harus mendatangi rumah sakit atau klinik mencegah penyebaran covid19.


APLI Exhibition 2022, MLM Wajibkan Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital
APLI Exhibition 2022, MLM Wajibkan Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital



Dalam melakukan penjualan dan pembelian produk kesehatan secara online tentu harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Ketika hasil diagnosa dokter selesai kita akan diberikan resep yang bisa kita lakukan pembelian obat-obatan melalui online. Disini jelas sudah terjadi online market place.



Roys Tanani selaku Dewan Pembina APLI mengungkap bisnis penjualan langsung (direct selling) merupakan model potensial untuk menggerakkan ekonomi pasar. Namun berkat internet terciptalah teknologi perdagangan secara online yang terintegrasi dengan sistem online shop. Saya sendiri sangat menikmati belanja online yang terpercaya tentunya. Melalui online market place, harga jauh lebih murah, hemat dan bisa menjangkau semua tempat yang diantarkan oleh kurir. 


MLM Haram? APLI Exhibition 2022, Penjualan MLM Di Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital
Polemik MLM terhadap e-commerce



Sehingga dampak positif penjualan MLM melalui market place bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan pembeli dengan berbagai kemudahan. Tanpa harus keluar rumah yang terkadang hasil yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi. Dengan belanja online kita bisa mendapatkan barang yang diinginkan baik dari luar kota bahkan dari luar negeri. Kalau secara online kita hanya mengandalkan jaringan internet dan smartphone belanja online lebih praktis dan hemat tinggal menunggu kurir mengantarkan ke rumah. It's so simple, right!!!



Namun belanja secara konvensional dan online memiliki positif dan negatifnya. Tergantung kita menyesuaikan keinginan. Belanja online market place sangat dituntut ketelitian, kebijakan dan membeli sesuai kebutuhan bukan hanya semata-mata murah dan diskon. Teknologi mengarah digital tentu ekonomi kita juga harus mengarah digital.



Oleh sebab itu, APLI Exhibiton dilakukan untuk memberikan pandangan positif mengwadahi dan mempertemukan para penjual direct selling dengan konsumennya. Sehingga konsumen juga dituntut bijak dalam membeli produk yang bermutu dan terjamin kualitasnya. Sehingga direct selling menciptakan dan membangun suasana industrial yang sehat, kondusif, positif dan harmonis. Pada pameran perusahaan Direct Selling kita bertemu langsung dengan Perusahaan-perusahaan Direct Selling favorit.


MLM, Direct Selling Dewan Pembina APLI  Roys Tanani
Dewan Pembina APLI  Roys Tanani - Konsep Ekonomi Digital



Fenomena Larangan Perusahaan Penjualan Langsung Menjual Barang di Online Market Place Dikaitkan Dengan Perkembangan Ekonomi Digital


Pesatnya perkembangan teknologi masa kini telah membawa dunia masuk pada era globalisasi dan liberalisasi perdagangan seiring pula membawa dampak positif maupun negatif bagi industri penjualan langsung. Ya mau nggak mau kita sebagai konsumen dituntut harus bijak dalam membeli sebuah produk karena semakin banyak perusahaan penjualan langsung yang hadir dan bermunculan di Indonesia.



Suka tergiurkan saat kita ditawari produk MLM yang jenjang pendapatannya sangat menguntungkan. Namun disis lain upline kita menuntut kita mencari downline dengan iming-iming akan banyak bonus dan komisi dengan sistem penjualan produk dan merekrut downline. Diposisi inilah membuat anggota penjualan MLM melalui market place masih menjadi polemik. 


Polemik Penjualan MLM di Online Market Place pada Perkembangan Ekonomi Digital
Polemik Penjualan MLM di Online Market Place pada Perkembangan Ekonomi Digital



Sekarang ini perilaku jahat pelaku bisnis MLM sebaiknya dihindari. Meskipun MLM dikatakan halal tetapi perlu juga kita tetap berjaga-jaga. Karena penyesalan itu selalu datang belakangan. Ada banyak kebohongan ketika melakukan MLM online market place yang ujung-ujungnya menjadi penipuan yang merusak nama baik perusahaan tersebut.



Katakanlah perusahaan dropship besar yaitu Amazon, perusahaan direct selling dunia yang sukses mendulang keuntungan dalam waktu singkat. Ya memang terbukti jelas online market place nya. 



Dalam kesempatan ini, saya semakin paham dengan MLM melalui online market place. Senangnya lagi sebagai pengunjung merasa sangat terperhatikan dengan product knowledge melalui talkshow. Dengan cara ini pengunjung pun bisa lebih kenal dekat dengan industri MLM bukanlah industri tipu-tipu. Siapapun bisa menjadi pengusaha direct selling karena di acara ini pengunjung bisa berkonsultasi di booth Motivational Business. 


Blogger
Blogger visit APLI Exhibition 2022



#apliexhibition #apliconvention #apliuntukindonesia #apliindonesia

#majubersamaapli 

#wfdsamember #asosiasipenjualanlangsungindonesia

#directselling


3 komentar:

Sumiyati Sapriasih mengatakan...

Semoga saja oknum berkedok dalam perusahaan Direct Selling dapat dituntaskan dengan aparat Kepolisisn RI berdasarkan Undang-undang yang sudah ada

temanis.com mengatakan...

Keren MLM masuk market place tapi harus lebih aware lg dalam memilih MLM mana yg legal dan tidak, krn penipuan Melalui MLM masih banyak.

Annafi mengatakan...

Sebagai konsumen kita harus lebih hati-hati dalam memilih MLM ya mba, biar terhindar dari penipuan oknum. Kalau bisa MLM nya yg jelas legalitasnya

Berikan Pendidikan Anak dengan Kurikulum dan Ekstrakurikuler Terbaik di Sekolah Ini

  Pinjaman uang menjadi fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan taraf hidup, contohnya yakni meningkatkan mutu pendidikan anak. ...