Jumat, 12 Agustus 2022

Kenali Mitos Dan Fakta Saraf Kejepit Dengan Fasilitas Unggulan Rumah Sakit Premier Bintaro



Pernah nggak touring dan visit ke rumah sakit? Apalagi dimasa-masa pandemi belum usai begini ada rasa cemas kalau berkunjung ke rumah sakit. Beberapa hari lalu saya berkesempatan berkeliling-keliling ke Rumah Sakit Premier Bintaro untuk melihat dan mengenal kelengkapan fasilitas terbaik yang ada di Bintaro. Dan bener banget ternyata fasilitasnya luar biasa yang selama ini baru saya temukan.


Kenali Mitos Dan Fakta Saraf Kejepit Dengan Fasilitas Unggulan Rumah Sakit Premier Bintaro
Kenali Mitos Dan Fakta Saraf Kejepit Dengan Fasilitas Unggulan Rumah Sakit Premier Bintaro



Selain hospital tour dan visit ke Rumah Sakit Premier Bintaro, saya juga turut berkesempatan mengikuti talkshow dengan tema "Mitos dan Fakta Saraf Kejepit". Seriusly saya sangat penasaran tentang beredarnya berbagai macam mitos yang membuat kita semakin worry akan penyakit cukup menekan angka kematian ini dan kita terlalu sering mengabaikan fakta yang seharusnya bisa dicegah sebelum terjadi penyakit fatal. Semua Mitos dan Fakta Saraf Kejepit ini akan dijelaskan oleh dr. Omar Luthfi, Sp.OT (K-Spine). Pasti seru banget touring, visit dan talkshow seputar penyakit dan fasilitas rumah sakit terbaik di Bintaro.




Rumah Sakit Premier Bintaro


Rumah Sakit Premier Bintaro yang berada di jantung Bintaro, Tangerang Selatan memiliki fasilitas unggulan dan infrastrukturnya bertaraf internasional.  Rumah Sakit Premier Bintaro rumah sakit umum (RSU) milik Swasta dan merupakan salah satu rumah sakit tipe B yang dimiliki oleh Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH) dimiliki bersama secara setara oleh Sime Darby Berhad dan Ramsay Health Care. Entitas ini menggabungkan semua portofolio aset layanan kesehatan Ramsay Health Care di Indonesia yaitu RS Premier Bintaro, RS Premier Jatinegara dan RS Premier Surabaya. 



RS Premier Bintaro merupakan Rumah Sakit Umum Swasta yang berdiri sejak tanggal 12 Agustus 1998 dibawah naungan Ramsay Sime Darby Health Care Group. Rumah Sakit Premier Bintaro memiliki Visi mewujudkan pelayanan kesehatan yang terkemuka di Asia dengan layanan kesehatan yang berkualitas. Pantesan saja pertama sekali memasuki rumah sakit ini wanginya tidak menyengat bau obat, formalin atau semacamnya. Jadi nggak bikin eneg kalau berkunjung. Karena rumah sakit ini sangat bersih, higienis dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Yang paling menariknya design interior di rumah sakit sangat unik dan eye catching. 



RS Premier Bintaro memiliki lobby utama yang luas dan atap yang tinggi sehingga sirkulasi udaranya bagus. RS Premier Bintaro memiliki 200 dokter spesialis. Selain itu, rumah sakit berinfrastruktur bagus ini dibangun dengan lahan yang luas 12.000 m2 menjadikan suasana jadi lebih nyaman. Pada lobby utama ada meja pendaftaran untuk pasien rawat jalan dan rawat inap dan ada tempat duduk untuk menunggu. Setelah lobby utama, aku berjalan menuju belakang lobby utama. Rumah sakit ini ber style seperti mall lho, ada tempat mengopi, tempat membeli skincare seperti guardian dan ada tempat khusus untuk klinik anak yang diberi nama Sakura Clinics. Pokoknya nyaman banget disni.



Touring dan Visit Layanan Fasilitas Rumah Sakit Premier Bintaro


Terkadang kalau disuruh menginap di rumah sakit saat jaga saudara atau keluarga rawat inap rasanya sangat membosankan dengan suasana bak seperti sedang sakit. Nak, kalau di Rumah Sakit Premier Bintaro ini lumayan betahin karena style design-nya yang unik ditambah ada tempat ngopi untuk nongkrong. Nah, saya mau kenalin dan kasih tahu kalian hasil touring dan visit RS Premier Bintaro serta layanan fasilitas unggulannya.


1. Ruang Instalasi Gawat Darurat

Hal yang pertama sekali dibenak saya kalau mendengar IGD banyak bersimbah darah dan masa-masa kritis seorang pasien. Ya cukup mengerikan sih kalau mendengar ruang IGD ini. Pas banget hospital tour pertama menuju ke Ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat). Ruangan IGD nya luas terdapat 12 tempat tidur dan 1 tempat tidur isolasi. Dimana setiap tempat tidur pasien dibatasi dengan tirai jadi privasi pasien tidak terganggu. Layanan IGD ini beroperasi 24 jam dan siap untuk memberikan tindakan yang cepat dan cepat untuk pasien yang membutuhkan penanganan segera.


Ruangan IGD dijaga oleh para perawata yang super telaten menjaga dan merawat pasien. Para perawat juga harus tahu bagaimana keadaan dan perkembangan pasien. Di ruangan IGD ini sangat bersih dan selalu menjalankan protokol kesehatan. Sehingga suasan ruangan IGD terjamin kebersihannya dan suasanya cukup tenang.


Fasilitas Rumah Sakit Premier Bintaro
Ruang inap pasien Rumah Sakit Premier Bintaro



2. Ruang Stroke Center

Mendengar kata stroke jadi teringat saudara di usia tuanya yang mengidap penyakit stroke. Ruangan Stroke Center merupakan salah satu layanan unggulan di RS Premier Bintaro. Stroke center di RS Premier Bintaro dibentuk untuk memberikan penangan stroke mulai dari tahap pencegahan, pengobatan dan pemulihan bagi pasien stroke dari yang mengalami stroke ringan sampai dengan stroke berat. 


Semua fasilitas dan layanan untuk pesien mengidap stroke sangat lengkap. Dan ditangani oleh 22 dokter spesialis saraf yang sudah ahli di stroke center ini untuk membantu pasien stroke.


Stroke Center
Ruang Stroke Center Rumah Sakit Premier Bintaro




3. Ruang Radiologi MRI

Jujurly baru pertama sekali ini saya memasuki ruang radiologi. Radiologi ini termasuk salah satu layanan unggulan RS Premier Bintaro yang tergabung dalam Spin Center. RS Premier Bintaro merupakan satu-satunya RS di Bintaro yang memiliki alat MRI 3 Tesla. Patut bangga dan diacungkan jempol nih rumah sakit memiliki MRI 3 Tesla jadi nggak perlu lagi berobat jauh-jauh. 


Alat yang dilengkapi teknologi artificial intelegent (AI) ini juga memiliki ruang lebih besar sehingga pasien lebih nyaman. Selain itu juga aman digunakan bagi janin. Kegunaan MRI ini adalah untuk melihat saraf, tulang belakang, otot dan jaringan lunak. Suasana di ruangan MRI ini sangat tenang dan di iringi oleh suara musik yang menenangkan. 


Keunggulan dari MRI di RS Bintaro adalah :

1. Alat MRI nya memiliki diameter yang besar sehingga bisa digunakan oleh pasien yang bahunya lebar.

2. Sebagai terapi buat pasien yang phobia ruang sempit, akan diberikan kacamata khusus yang bisa digunakan untuk menonton film. 

3. Dalam kasus stroke MRI 3 Tesla hanya butuh waktu 5 menit untuk mengetahui sumbatan atau pendarahan. 


Ruang MRI 3 Tesla
Ruang Radiologi dengan teknologi MRI 3 Tesla



Selain 3 ruangan yang aku kunjungi masih ada ruangan lain yang merupakan layanan unggulan dari RS Premier Bintaro yaitu : Orthopedic Center, Hand Clinic, Sport Clinic, Artroplasti, Vascular Center dan Skin & Laser Clinic. Luar biasa fasilitas dan infrastrukturnya RS Premier Bintaro bertaraf internasional.



Kemudian tata letak Stroke Center dengan Ruang ICU berdekatan agar penanganan terhadap pasien lebih mudah. Ditangani oleh dokter spesialis bedah saraf, dokter emergency dan radiologi. Sehingga semua pasien terkontrol dengan baik.




Talkshow Mitos dan Fakta Saraf Kejepit


Setelah touring dan visit Rumah Sakit Premier Bintaro dan mengetahui semua fasilitas terbaiknya, kemudian saya mengikuti talkshow dengan tema "Mitos & Fakta Saraf Kejepit" yang disampaikan oleh dr. Omar Luthfi, Sp. OT spesialis orthopedi dan traumatologi. 


Dokter spesialis
dr. Omar Luthfi, Sp. OT spesialis orthopedi dan traumatologi



Saraf Kejepit atau juga disebut Radikulopati, terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan, memberikan terlalu banyak tekanan pada suatu area saraf. Tekanan tidak wajar ini akan mengganggu fungsi normal sara. Saraf kejepit berbeda dengan nyeri punggung bawah. Nyeri punggung bawah biasanya disebabkan oleh otot, struktur tulang belakang, neurogenic, vicerogenic dan psikologis. Sedangkan saraf kejepit disebabkan oleh saraf yang tertekan oleh jaringan tubuh disekitarnya. 



Sayangnya, gejala ini sering kali dianggap remeh. Sehingga banyak yang tidak menyadari sedang mengalami saraf kejepit. Kebiasan kita kalau sudah nyeri badan cukup dibawa ke tukang urut atau terapi.

1. Rasa nyeri yang menusuk disertai sensasi terbakar.

2. Mati rasa, kebas, atau penurunan sensasi untuk ‘merasa’ di daerah yang banyak sarafnya, misalnya nyeri di leher atau punggung bagian bawah.

3. Kesemutan.

4. Kelemahan otot pada bagian yang diduga mengalami saraf kejepit.

5. Kaki dan tangan sulit digerakkan.



Dr. Omar Luthfi, Sp.OT (K-Spine) mengatakan bahwa "Jika saraf kejepit terjadi untuk waktu yang singkat, kerusakan pada saraf masih bisa dihindari. Namun, jika tekanan terjadi terus menerus, saraf bisa rusak secara permanen. Biasanya yang menjadi penyebab saraf terjepit pada usia muda adalah olah raga yang terlalu berat dan kegemukan. Dan yang menjadi penyebab saraf kejepit di usia tua adalah pengapuran tulang dan penyempitan saraf". 



Berikut tips dari dr. Omar Luthfi, Sp.OT (K-Spine) untuk bisa menghindari saraf kejepit :

1. Jaga berat badan (cara menghitung berat badan ideal yang mudah menggunakan rumus : tinggi badan - 100, atau hitung menggunakan Body Mass Index / BMI).

2. Olah raga teratur (olah raga yang paling baik yoga, renang dan bersepeda karena low impact)

3. Hindari kegiatan yang high impactt.



Jika sudah merasa sudah tidak nyaman lakukan bedrest maksimal 2 hari, minum obat nyeri, menggunakan korset khusus, perubahan gaya hidup dan program rehab medik. Jika setelah penanganan awal masih terasa nyeri yang menetap (lebih dari 6 minggu), terjadi kelemahan anggota gerak, terdapat gangguan bentuk tulang belakang, berpotensi menyebabkan kelumpuhan, maka perlu dilakukan operasi. 


Blogger, Vlogger, Influencer
Hospital tour dan visit ke Rumah Sakit Premier Bintaro, saya juga turut berkesempatan mengikuti talkshow dengan tema "Mitos dan Fakta Saraf Kejepit". 



Lakukan pemeriksaan ke dokter RS Premier Bintaro ini alatnya sudah canggih, menggunakan tehnik dekompresi saraf dengan endoscopy yaitu memasukkan kamera kecil ke area tulang belakang untuk melihat saraf yang terjepit. Jika gejala saraf kejepit terus memburuk atau tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari meski telah dilakukan penanganan rumahan, seperti banyak istirahat dan minum obat pereda nyeri.


Tidak ada komentar:

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Bersama Cokelat Premium Lokita Indonesia

Kesehatan Mental adalah kunci utama dalam menjalani hidup. Ibarat kata kalau putus harapan sama saja tidak punya tujuan hidup. Kalau kita na...