Jumat, 07 Desember 2018

Prioritaskan Tumbuh Kembang Anak Dengan Melengkapi Asupan Nutrisi Agar Probiotik Terpenuhi


Anak tumbuh sehat dan berkembang secara normal adalah impian setiap pasangan suami istri dalam berumah tangga. Sebisa tenaga dan sekuat materi kita selalu menyokong dan mendukung kebutuhan anak. Terutama anak-anak yang sangat membutuhkan tumbuh kembang asupan nutrisi secara normal dan optimal menjadi skala prioritas bagi orangtua.

Nestlé Nutrition Masterclass
Penuhi Asupan Nutrisi Tumbuh Kembang Anak Dengan Bakteri Probiotik


Banyak problematika tentang tumbuh kembang anak di negara kita baik itu dari asupan gizi nutrisi maupun stimulasi. Sehingga asupan gizi anak tidak terpenuhi dan berakibat pada sistem pencernaan anak. Kesehatan saluran pencernaan anak tergantung pada kesehatan mikrobiota usus yang mengolah semua makanan. Supaya penyerapan nutrisi ke dalam tubuh anak berjalan dengan baik sangat diperlukan bakteri baik probiotik yang memiliki peran penting mendukung daya tahan tubuh serta perkembangan kesehatan atau kebahagiaan anak.



Kesempatan yang luar biasa bagi aku turut menghadiri Talkshow Nestlé Nutrition Masterclass yang diadakan hari Kamis, 29 November 2018 bertempat di Ballroom Hotel Ayana Mid Plaza Jakarta. Untuk membahas asupan nutri anak yang bertajuk "Peran Penting Probiotik Dalam Mendukung Tumbuh Kembang & Kebahagiaan Anak". Talkshow pun dihadiri pakar dalam bidangnya Prof. Yvan Vandenplas selaku Ketua Departemen Anak di University Hospital Brussels, Belgia, Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K) selaku dokter spesialis anak, dan dr. Ray Basrowi, MKK selaku Head of Medical & Nutrition Services Nestlé Indonesia, yang akan menginformasikan secara mendalam tentang peran penting probiotik dalam mendukung terciptanya generasi yang sehat dan bahagia.

Nestlé Nutrition Masterclass
Pembicara di Nestlé Nutrition Masterclass


"Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat bakteri sebagai mikroba yang paling umum dipakai dan yang lebih dominan". 


Belakangan ini sangat banyak anak-anak yang masih minim dengan asupan nutrisi. Hal ini mengakibatkan terjadinya stunting dan pertumbuhan yang lambat pada anak. Dr. Ray Basrowi mengatakan "Asupan nutrisi anak harus menunjang kesehatan dan kebahagiaan anak. Dimulai dari sistem pencernaan yang kurang lancar, hal ini dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penyerapan nutrisi menjadi kurang maksimal sehingga tumbuh kembang anak pun menjadi terhambat".


Seorang anak tidak boleh hanya tumbuh sehat, tetapi anak juga harus tumbuh bahagia. Nah, tentu dengan permasalahan ini dapat memengaruhi tumbuh kembang dan kebahagiaan anak. Kenapa bisa demikian? Karena terdapat sistem dalam tubuh gut-brain axis yang menghubungkan sistem pencernaan dengan otak anak. Saat pencernaan terganggu, daya tahan tubuh, perkembangan otak, dan suasana hari anak dapat ikut terganggu.

Nestlé Nutrition Masterclass
dr. Ray Basrowi, MKK

Untuk menjadikan generasi penerus bangsa, permasalahan ini dapat menjadi konsentrasi pakar kesehatan di Negara Indonesia tahapan persiapan asupan nutrisi penerus bangsa. Seperti yang dikatakan Prof. Yvan Vandenplas "pertama sekali yang dilakukan orangtua pada anak adalah stimulasi. Jika orangtua memberikan rangsangan yang tepat sejak dini maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat. 


Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain beberapa contoh pada makanan suplemen diet yang mengandung bakteri berguna dengan asam laktat. 

Nestlé Nutrition Masterclass
Prof. Yvan Vandenplas selaku Ketua Departemen Anak
University Hospital Brussels, Belgia

Menurut Prof Yvan ada 3 probiotik baik yang dibutuhkan oleh tubuh anak untuk mengolah asupan nutrisi makanan yaitu :

1. Lactobacillus reuteri, probiotik jenis ini ternyata dapat mencegah kolik pada anak. Selain itu, juga mencegah penyakit diare pada anak. Bakteri ini juga berperan membantu meminimalkan infeksi sistem pencernaan.

2. Bifidobacterium Lactis, berdampak signifikan terhadap imunitas tubuh. Sangat ampuh membuat anak tidak rentan mudah sakit. Jenis bakteri baik ini membuat respon anak jauh lebih baik daripada menggunakan vaksin. Bakteri ini juga berperan membantu meminimalkan infeksi sistem pencernaan yang rentan dialami bayi lahir prematur.

3. Lactobacillus Rhamnosus, yang efektif mengurangi risiko alergi pada anak. Lactobacillus Rhamnosus juga dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan yang rentan pada anak.

Nestlé Nutrition Masterclass
Bakteri Probiotik Baik untuk Tumbuh Kembang Anak


Saluran cerna sehat, yang didukung oleh kandungan probiotik, ternyata merupakan fondasi utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak (termasuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak), juga menjadi fondasi untuk suasana hati atau kebahagiaan anak.

Selain asupan nutrisi, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh untuk tumbuh kembang anak. Kesehatan saluran pencernaan juga salah satu kunci penting kesehatan anak. Seperti yang dikatakan oleh Dr. dr. Ariani D. Widodo "tumbuh kembang anak yang positif juga tidak terlepas dari genetik. Jika orangtua mengabaikan kesehatan anak, maka anak akan kehilangan kesempatan emas untuk tumbuh dan kembang maksimal. Sehingga anak akan rentan terkena infeksi.

Nestlé Nutrition Masterclass
Dr. dr. Ariani D. Widodo, SpA (K) selaku dokter spesialis anak


Peran probiotik itu sendiri tidak berhenti di dalam saluran cerna saja, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang bahkan kebahagiaan anak. Melalui produk susu pertumbuhan keluaran Nestlé yang memiliki kandungan probiotik seperti berfungsi sebagai perantara untuk membantu bakteri melewati saluran cerna, mengandung prebiotik alami atau buatan dan menyediakan zat nutrisi lain bagi tubuh.


Dengan hadirnya kandungan probiotik dalam susu pertumbuhan, sangat membantu orangtua dalam menjaga kesehatan pencernaan anak. Dengan tumbuh maksimal anak-anak akan menjadi generasi yang sehat dan bahagia. 

Nestlé Nutrition Masterclass


Tidak ada komentar:

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...