Kamis, 07 September 2023

Mulai Cegah Demam Berdarah Dengan Melakukan 3M Plus Dan Vaksinasi Demi Kesehatan Keluarga #Ayo3MPlusVaksin

 


Mendengar penyakit demam berdarah waktu masih kecil adalah penyakit yang sangat mengerikan. Imajinasinya, demam sampai berdarah-darah karena gigitan nyamuk yang ukurannya besar. Sehingga setiap kali melihat nyamuk otomatis dibasmi pakai obat nyamuk bakar. Memang lumayan sakit kalau terkena gigitan nyamuk, gatal sehingga mengakibatkan bentol dan terkadang ada bekas lukanya.


Mulai Cegah Demam Berdarah Dengan Melakukan 3M Plus Dan Vaksinasi Demi Kesehatan Keluarga #Ayo3MPlusVaksin
Mulai Cegah Demam Berdarah Dengan Melakukan 3M Plus Dan Vaksinasi Demi Kesehatan Keluarga #Ayo3MPlusVaksin


 

Puji syukur dirumah aku sampai saat ini belum ada terserang penyakit demam berdarah. Mama sangat disiplin mengajarkan kami membersihkan tempat tidur sampai tidak boleh ada pakaian bergantungan di kamar, beberes dan merapikan rumah, membuang sampah pada tempatnya dan selalu rajin menguras bak mandi. Karena Mama juga rajin mengedukasi kami anak-anaknya akan bahayanya demam berdarah. Seperti bercerita tentang gejala demam berdarah atau demam dengue ringan seperti demam, nyeri kepala, nyeri sendi dan otot, dan ruam pada kulit. Namun jika demam berdarah menjadi berat, timbul gejala nyeri perut, mual muntah, mimisan dan BAB berdarah, kulit berbintik-bintik merah hingga penurunan kesadaran. Bahayanya lagi, DBD dapat menyebabkan komplikasi berat yang diakibat kurang cepat tepatnya penanganan DBD bisa berujung kematian.

 

 

 

Kenali Demam Berdarah atau 

Demam Dengue

 

Sedikit banyak dari kita sudah mengenal apa itu penyakit demam berdarah. Informasinya pun sudah beragam, dari televisi, media sosial, browsing, seminar, talkshow bahkan jumantik program puskesmas dari pemerintah.

 

 

Demam berdarah atau demam dengue merupakan salah satu penyakit mematikan dimana virus yang dibawa oleh nyamuk, yang terjadi di daerah tropis dan subtropis. Manusia yang terinfeksi virus ini untuk kedua kalinya memiliki risiko yang jauh lebih besar terserang penyakit parah. Dan kasus demam berdarah ini pun kurang dari 15 ribu kasus per tahun (Indonesia) yang terjadi di 5 kota besar seperti Jakarta, Depok, Bandung, Surabaya dan Medan.


kasus demam berdarah ini pun kurang dari 15 ribu kasus per tahun (Indonesia) yang terjadi di 5 kota besar seperti Jakarta, Depok, Bandung, Surabaya dan Medan.
Kasus demam berdarah ini pun kurang dari 15 ribu kasus per tahun (Indonesia) yang terjadi di 5 kota besar seperti Jakarta, Depok, Bandung, Surabaya dan Medan.


 

 

Demam berdarah adalah penyakit infeksi akibat virus Dengue yang menular melalui gigitan nyamuk. Penyakit ini menimbulkan gejala demam tinggi, sakit kepala, serta nyeri tulang dan otot. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

 

 

 

Bagaimana Cara Penularan Demam

 Berdarah?

 

Masih teringat jelas ketika Mama bercerita tentang bahayanya demam berdarah ini, menular melalui hewan atau serangga, demam berdarah dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Dengan mudahnya si nyamuk menggigit salah seorang di rumah sehingga positif demam berdarah, kemudian si nyamuk menggigit orang yang sehat. Saat itulah penyebaran demam dengue menyebar. Penyakit ini banyak ditemukan di daerah beriklim tropis meningkat ketika musim hujan, termasuk Indonesia.

Kemenkes berkomitmen untuk bersama memberikan edukasi tentang bahaya penyakit demam berdarah dan juga upaya pencegahan yang bisa dilakukan demi meningkatkan perlindungan diri terhadap bahaya dengue
dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan

 

 

Nyamuk penyebab demam berdarah biasanya aktif dan menggigit pada pagi dan sore hari. Nyamuk ini biasanya hidup di genangan air yang tenang dan dasarnya bersih, seperti genangan air di ban mobil, sampah plastik, atau tempat minum hewan.

 

 

Seram, cepat dan semudah itu penularannya, kalau nonton film zombie hampir seperti itulah cara penularannya. Mengerikan bukan?

  

Itulah sebabnya pemerintah sampai instansi-instansi kesehatan sangat menekankan pentingnya melakukan vaksin demam berdarah. Dan sekarang DBD atau Demam Berdarah Dengeu sudah ada vaksinnya.



Ayo Lakukan Vaksin Demam Berdarah

 Demi Kesehatan Keluarga!!!

 

Vaksin demam berdarah bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah dengue parah. Demam berdarah disebabkan oleh virus Dengue. Seseorang bisa terjangkit demam berdarah jika digigit oleh nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus yang telah terinfeksi virus Dengue terlebih dahulu.

 

 

Disinilah peran pentingnya pemberian vaksin demam berdarah untuk membantu mengurangi resiko keparahan penyakit demam berdarah yang bisa berujung kematian.

Andreas Guthknecht dari Takeda Indonesia
Andreas Guthknecht dari Takeda Indonesia


 

Perlu ditekankan bahwa demam berdarah adalah penyakit yang bisa dicegah dengan vaksinasi. Saat ini sudah tersedia vaksin DBD yang telah direkomendasikan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Yang saat ini sudah bisa kita lakukan di instansi-instansi kesehatan seperti puskesmas.

 

 

Adapun pemberian vaksin demam berdarah ditujukan bagi anak usia 6 tahun hingga orang dewasa berusia 45 tahun, diberikan sebanyak 2 dosis dengan jarak pemberiannya 3 bulan. Sementara pada anak usia 9- 16 tahun yang sudah terinfeksi virus dengeu sebelumnya diberikan sebanyak 3 dosis dengan jarak pemberian 6 bulan.

 

 

 

Bersyukur masih diberikan kesehatan oleh Sang Pencipta, dan ikut menyaksikan sebuah acara diskusi Demam Berdarah di Sekitar Kita "#Ayo3MPlusVaksin di Jakarta Selatan beberapa hari lalu. Dengan menghadirkan pembicara dan narasumber yang menjelaskan lebih detail lagi tentang penyakit demam berdarah ini.


Moderator, dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid, Ringgo Agus Rahman, Sabai Morschek, Dr.dr. Anggraini Alam, Sp A(K) dan Andreas Guthknecht
(Ki-Ka) Moderator, dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid, Ringgo Agus Rahman, Sabai Morschek, Dr.dr. Anggraini Alam, Sp A(K) dan Andreas Guthknecht


 

Sekarang sudah ada vaksinasi demam berdarah. Imajinasi waktu masa kecil terhempaskan sudah dengan adanya penanganan tepat melakukan vaksinasi. Seperti yang disampaikan dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid selaku Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan, menjelaskan bahwa ada 4 tipe virus dengue penyebab penyakit DBD di seluruh dunia. Hingga saat ini ada 2 vaksin DBD yang bisa digunakan untuk mencegah sakit parah akibat virus dengue di Indonesia.

 

 

Semakin lega rasanya setelah mendengarkan penjelasan dari Dr.dr. Anggraini Alam, Sp A(K) selaku Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI, mengatakan bahwa vaksin DBD memiliki efektifitas hingga 95,4 persen mampu mencegah perawatan di rumah sakit, sehingga bila terinfeksi tidak bergejala berat.

 

 

Vaksin melengkapi perlindungan dari demam berdarah, sehingga tidak hanya 3M (Menutup tempat penampungan air, Menguras dan Mendaur ulang barang bekas), tetapi kini menjadi 3MPlusVaksin.

 

 

 

Lindungi Anggota Keluarga dari Demam

 Berdarah dengan Menerapkan

 #Ayo3MPlusVaksin

 

Pemerintah memberikan sarana lengkap untuk menangani demam berdarah dengan melakukan vaksinasi serta melaksanakan 3M. Guna untuk meningkatkan kesadaran publik dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran dengue.

Lindungi Anggota Keluarga dari Demam Berdarah dengan Menerapkan #Ayo3MPlusVaksin
Lindungi Anggota Keluarga dari Demam Berdarah dengan Menerapkan #Ayo3MPlusVaksin


 

Oleh sebab itu, pada Demam Berdarah di Sekitar Kita “#Ayo3MPlusVaksin oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, Ikatan Dokter Anak Indonesia, dan Komunitas Dengue Indonesia, berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk menyediakan vaksin secara gratis.

 

 

Kemenkes berkomitmen untuk bersama memberikan edukasi tentang bahaya penyakit demam berdarah dan juga upaya pencegahan yang bisa dilakukan demi meningkatkan perlindungan diri terhadap bahaya dengue yang hingga saat ini masih mengancam kesehatan dan bisa menyebabkan sakit parah. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya dengue dan juga pentingnya pencegahan yang inovatif untuk melindungi masyarakat luas yang berisiko terkena dengue.

 

 

Vaksin merupakan inovasi untuk mencegah demam berdarah melalui peningkatan kekebalan tubuh. Vaksin membantu mengurangi risiko mengalami demam berdarah yang berat dan rawat inap. Lindungi anggota keluarga dari demam berdarah dengan vaksinasi. #Ayo3MPlusVaksin


Ringgo Agus Rahman, Sabai Morschek
Yuk Cegah Demam Berdarah Dengan 3M Plus Dan Vaksinasi Demi Kesehatan Keluarga
Ringgo Agus Rahman, Penulis Tika Samosir dan Sabai Morschek



C-ANPROM/ID/QDE/0144 | Aug 2023

3 komentar:

Tukang jalan jajan mengatakan...

dulu banyak yang mikir kalau DBD hanya bisa menyerang anak anak. Nyata nya sekarang semua orang bisa terserang DBD, kalau sudah musih hujan kudu waspada 3M Plus Dan Vaksinasi biar aman terkendali

Siti Nurjanah mengatakan...

Vaksin dbd saat ini cukup dianjurkan setidaknya dpt menurunkan intensitas penyakit jika terjadi infeksi dan menghindari risiko komplikasi serius juga berkurang.

Fenni Bungsu mengatakan...

Memang perlu antisipasi DBD secara berkelanjutan. Apalagi cuaca juga saat ini kering dan panas jadi harus diwaspadai

Ganjar Pranowo Mendapatkan Gelar Akademik di 2 Universitas Dengan Hasil Terbaik

Dalam waktu dekat pesta demokrasi akan kita laksanakan. Untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Minggu lalu (14 November...