Jumat, 15 September 2023

Keterbukaan dan Antusias Warga RW 01 Kelurahan Cakung Barat Menjalankan Program Kampung Hijau Terpadu

 


Ruang Terbuka Hijau DKI Jakarta saat ini sangat diperlukan. Dikarenakan cuaca panas ekstrim adanya pemanasan global melalui pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan. Sangat perlu partisipasi masyarakat, pemerintah dan perusahaan untuk membentuk kota yang memperhatikan lingkungan. Termasuk visi pembangunan perkotaan yang mempertimbangkan faktor lingkungan dan keberlanjutan pembangunan.


Terkagum dengan Corporate Social Responsibility (CSR) salah satu perusahaan yaitu PT United Tractors Tbk membuat Program Kampung Hijau Terpadu di RW 01 Kelurahan Cakung Barat. Tentu bekerjasama dengan sektor-sektor terkait untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi di RW 01 Kelurahan Cakung Barat. Tidak perlu heran kota Jakarta masih ada kampung juga.



Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Astra International, TBK menciptakan Kampung Hijau Terpadu Demi Kesejahteraan Masyarakat


Meningkatnya kebutuhan kota, mendorong pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur berupa sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. DKI Jakarta memiliki tingkat kompleksitas kegiatan dan permasalahan perkotaan yang tinggi dibandingkan dengan provinsi dan kota lain di Indonesia. Salah satunya program kampung hijau terpadu.


Program CSR selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yaitu dunia tanpa kemiskinan dan kelaparan, kehidupan yang sehat dan sejahtera bagi masyarakat, pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi yang layak, energi bersih yang terjangkau, pekerjaan yang layak bagi masyarakat dan seterusnya, menunjukkan pentingnya kemitraan dalam mencapai tujuan tersebut. Selain kontribusi dari pemerintah, perusahaan juga mendorong tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan dengan program CSR yang dikembangkan dan disesuaikan dengan bisnis perusahaan. Beberapa cara dilakukan perusahaan dalam perencanaan dan pelaksanaan CSR, salah satunya adalah kolaborasi atau sinergi program. Salah satu kerjasama dan sinergi program adalah bekerja dengan berbagai sektor seperti pemerintah, swasta, dan masyarakat internal dan eksternal.



Kampung Berseri Astra adalah program pengembangan masyarakat berbasiskan komunitas yang mengintegrasikan 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, di dalam satu lingkungan kampung. Visi program ini adalah mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. 


Keterbukaan dan Antusias Warga RW 01 Kelurahan Cakung Barat Menjalankan Program Kampung Hijau Terpadu
Keterbukaan dan Antusias Warga RW 01 Kelurahan Cakung Barat Menjalankan Program Kampung Hijau Terpadu



Program Kampung Hijau Terpadu merupakan representasi dari program pemerintah yaitu program kampung iklim, dimana program ini tidak hanya berkonsentrasi terhadap edukasi dan tindakan penghijauan di wilayah RW 01 Kelurahan Cakung Barat, akan tetapi program ini juga memberikan edukasi serta pelatihan dalam bidang kesehatan dan kriya. Program kampung hijau terpadu memberikan pendidikan lingkungan dan wawasan kepada masyarakat RW 01 Kelurahan Cakung Barat tentang cara menanam dengan lahan sempit, pengolahan sampah, dan penanganan penyakit terkait iklim melalui posyandu, posbindu, dan poslansia.



Program Kampung Hijau Terpadu Menciptakan Keakraban Warga RW 01 Kelurahan Cakung Barat


Beberapa hari lalu aku pun berkunjung ke Kampung Hijau Terpadu di RW 01 Kelurahan Cakung Barat. Bertemu dengan Ibu Hesti Kusumawati selaku Ketua PKK RW 01 Kelurahan Cakung Barat mengatakan bahwa "Kampung Hijau Terpadu, namanya kampung. Kalo desa kan daerah. Kenapa kok namanya kampung? Karena memang namanya perkampungan disitu. Hijau itu asri, bersih tidak ada sampah limbah, zero waste dan sejahtera. Terpadu antar pilar saling terkait. Terutama mengatasi permasalahan yang ada di wilayah RW 01 Kelurahan Cakung Barat. Selain itu Ibu Sutiawati sub program Kampung Hijau Terpadu yang masih berjalan hingga saat ini."


Peresmian Program Kampung Hijau Terpadu RW 01 Cakung Barat
Peresmian Program Kampung Hijau Terpadu RW 01 Cakung Barat



Ternyata program Kampung Hijau Terpadu di RW 01 Kelurahan Cakung Barat sangatlah penting. Selain memberikan edukasi dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, tempat ini pun menjadi sarana yang ramah lingkungan. Terdapat beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam Program Kampung Hijau di RW 01 Kelurahan Cakung Barat :


1. Pembuatan Kampung Hijau Terpadu dan Pembuatan Rumah Pintar

Pembuatan program ini dikukung penuh oleh PT United Tractors Tbk dan Pihak RW 01 Kelurahan Cakung Barat bekerja sama untuk menciptakan kampung hijau terpadu, pembuatan rumah pintar UT. Dan Rumah Pintar terdapat beberapa fasilitas diantaranya yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu, Ruang Kriya untuk menunjang kegiatan pembuatan tikar dari sampah plastik, Kantor RW, dan Ruang Audio Visual.


2. Perbaikan jalan, Pengecatan Rumah, dan Pembuatan Gapura di RW 01 Kelurahan Cakung Barat

Masyarakat sangat terbantu karena pemerintah mewujudkan pembebasan lahan serta pembangunan rumah pintar. Selain perbaikan jalan, terdapat juga kegiatan pengecatan rumah-rumah warga di RW 01 Kelurahan Cakung Barat. Untuk memperindah Kampung Berseri Astra juga dilakukan pembangunan gapura dan penambahan pintu gerbang di setiap pintu masuk RW 01 Kelurahan Cakung Barat.

Keterbukaan dan Antusias Warga RW 01 Kelurahan Cakung Barat Menjalankan Program Kampung Hijau Terpadu
Kondisi RW 01 Cakung Barat semua area jalanan bersih



3. Penghijauan, Pembuatan Kompos, Bank Sampah, dan Pelatihan Kriya

Program paling penting dilakukan penghijauan yang bekerjasama dengan Jali Two. Bahwa pihak Kelurahan Cakung Barat turut ikut serta memberikan bantuan tanaman bekerjasama dengan KPKP. Terdapat kegiatan pengolahan sampah menjadi kompos serta program bank sampah. Selain itu ada juga pelatihan kriya yang diadakan oleh PT United Tractors Tbk yaitu pelatihan pembuatan tikar dari sampah. 


Penghijauan Kampung Hijau Terpadu RW 01 Cakung Barat oleh Warga
Kegiatan Penghijauan Kampung Hijau Terpadu RW 01 Cakung Barat oleh Warga



4. Pengendalian Penyakit Terkait Iklim

Program kesehatan juga sangat penting, khusunya kegiata posyandu yang terdiri dari posbindu, poslansia, dan posyandu balita. Selain itu terdapat juga PMT (Pemberian Makanan Tambahan), pelatihan posyandu, pemeriksaan kesehatan dan adanya kegiatan Jumantik (Juru Pemantau Jentik)


Posyandu Kampung Hijau Terpadu RW 01 Cakung Barat oleh Warga
Kegiatan Posyandu Kampung Hijau Terpadu RW 01 Cakung Barat oleh Warga



Program Kampung Hijau Terpadu di RW 01 Kelurahan Cakung Barat merupakan inisiasi dari PT United Tractors Tbk. Melalui program ini terjadi proses pertukaran informasi dengan berbagai sektor yang terlibat. Salah satu pertukaran informasi terjadi antara sektor bisnis dengan sektor organisasi pemerintah sesuai dengan communicating environmental communication model. Hal ini dikarenakan sektor bisnis memperoleh informasi dan input dari masyarakat terkait permasalahan yang terjadi wilayahnya yang kemudian disampaikan kepada organisasi pemerintah sehingga sektor bisnis dan organisasi pemerintah dapat memberikan output berupa penyelesaian masalah tersebut secara bersama-sama.


Hingga saat ini program Kampung Hijau Terpadu di RW 01 Kelurahan Cakung Barat sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan komunikasi lingkungan dalam pelaksanaan program memiliki pesan-pesan yang disampaikan kepada masyarakat RW 01 Kelurahan Cakung Barat. 



Program Kampung Hijau Terpadu Meningkatkan Sektor Ekonomi Melalui Pelatihan dan Keterampilan


Dengan adanya program positif ini warga menginformasikan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi dengan memaksimalkan fungsi program Kampung Hijau Terpadu. Salah satunya melakukan sosialisasi terkait Program Kampung Hijau Terpadu yang disampaikan kepada masyarakat RW 01 dan Kelurahan Cakung Barat. PT United Tractors Tbk berharap dengan adanya Program Kampung Hijau, wilayah RW 01 menjadi wilayah yang hijau dan asri serta dapat berkembang.


Dalam mengatasi masalah yang terjadi di wilayah RW 01 Kelurahan Cakung Barat, PT United Tractors Tbk membuat beberapa kegiatan yang sejauh ini sudah menambah kreativitas warga. Dan bisa menjadi ladang perbaikan ekonomi dengan menciptakan keterampilan seperti :


1. Penghijauan dan Pembuatan Kompos

Dalam penghijauan masyarakat diajarkan cara menanam pohon dengan baik. Diungkapkan oleh informan pendukung 1, PT United Tractors Tbk memberikan pelatihan tata cara menanam yang baik sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan pengetahuan cara menanam yang benar. Selain itu masyarakat juga mendapatkan pelatihan cara pembuatan kompos seperti pemaparan dari informan pendukung 1 dan informan pendukung 2.


2. Pelatihan Posyandu

Kegiatan Program Kampung Hijau Terpadu di RW 01 Kelurahan Cakung Barat tidak hanya meliputi permasalahan lingkungan. PT United Tractors Tbk juga memperhatikan kesehatan masyarakat RW 01 Kelurahan Cakung Barat. PT United Tractors Tbk mengadakan pelatihan posyandu yang terdiri dari posyandu balita, posbindu, dan poslansia kepada masyarakat, selain itu PT United Tractors Tbk juga memberikan bantuan fasilitas dan peralatan yang diperlukan. Sampai saat ini posyandu masih suka dapat bantuan berupa alat posyandu kayak timbangan anak, timbangan ibu, alat ukur kayak gitu terus PMT (Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita. Jadi kalau misalkan posyandu kadernya juga suka diperhatikan, kita dikasih seragam kaos.


3. Pelatihan Kriya

Kegiatan pelatihan kriya pembuatan tikar dari sampah juga dilakukan oleh PT United Tractors Tbk, tidak hanya melakukan pelatihan akan tetapi PT United Tractors Tbk juga memberikan peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut.




Masyarakat RW 01 Kelurahan Cakung Barat seiring berjalannya waktu semakin memahami tujuan dari Program Kampung Hijau Terpadu. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Haji Lukman merupakan ketua RW 01 Cakung Barat, tujuan dari Kampung Hijau Terpadu ini menjadikan masyarakat RW 01 dapat berkembang dari sektor ekonomi melalui pelatihan kriya.


Sejauh ini kegiatan penghijauan dan pengolahan sampah berhasil dilaksanakan. Kegiatan ini menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan merawat lingkungan yang mereka tinggali. Tumbuhnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dapat dilihat dari lingkungan RW 01 Kelurahan Cakung Barat yang masih hijau dan bersih dari sampah.


Program Kampung Hijau Terpadu hingga saat ini masih berjalan tetapi tidak dalam satu kepaduan yaitu 5 pilar (UTRESS, UTFUTURE, UTGROWTH, UTCARE, dan UTACTION) berjalan bersama dalam satu program sesuai dengan CSR PT United Tractors Tbk. 


#SemangatUntukHariIniDanMasaDepanIndonesia #KitaSATUIndonesia


Tidak ada komentar:

Ganjar Pranowo Mendapatkan Gelar Akademik di 2 Universitas Dengan Hasil Terbaik

Dalam waktu dekat pesta demokrasi akan kita laksanakan. Untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Minggu lalu (14 November...