Selasa, 24 Januari 2023

5 Tips Liburan Akhir Pekan Ke Puncak Bogor Wajib Dipersiapkan



Liburan momen paling ditunggu oleh siapa saja baik orang tua, anak muda bahkan anak-anak. Sejenak melupakan kepenatan rutinitas pekerjaan. Dengan liburan bisa mengembalikan semangat-semangat yang membara. Apalagi beberapa hari lalu saya dan teman-teman menghabiskan liburan di sekitaran Puncak Bogor menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit. Lokasinya yang bisa dicapai dengan kendaraan roda empat dan roda dua, dengan waktu tempuh dari Jakarta yang kurang lebih dari satu jam. membuatnya tetap digemari. 


5 Tips Liburan Akhir Pekan Ke Puncak Bogor Wajib Dipersiapkan
5 Tips Liburan Akhir Pekan Ke Puncak Bogor Wajib Dipersiapkan



Berwisata ke daerah puncak khususnya pada akhir pekan, kerap mengakibatkan kemacetan. Ya harus siap-siap menghadapi macet karena jalanannya tidak seluas jalanan ibukota. Supaya lebih aman ya harus menginap di salah atu hotel di puncak. Sebelum berwisata ke puncak ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan selain nyiapin fisik dan rencana perjalanan.



Perlengkapan apa saja yang perlu dibawa ke Puncak? Simak 5 tips persiapan liburan akhir pekan di Puncak Bogor. Jangan lupa bawa barang-barang yang bisa menunjang kelancaran acara jalan-jalan.


1. Persiapkan penginapan, sebelum berwisata ke Puncak Bogor persiapkan terlebih dahulu penginapan. Meskipun keadaan jalanan macet setidaknya penginapan sudah aman. Sampai-sampai puncak bisa istirahat atau selonjorin kaki menjaga kondisi tubuh yang lelah akibat kemacetan. Oleh karena itu, wisatawan disarankan memesan penginapan jauh-jauh hari guna menghindari penginapan yang penuh. 


Penginapan di Puncak Bogor pun beragam mulai hotel, villa, cottage, resor, homestay, dan lainnya. Sangat beragam penginapan sesuai dengan keinginan dan kenyamanan. Mulai dari pasangan, keluarga, rombongan dan gathering pun ada penginapannya. Seperti liburan saya dan teman-teman kemarin, kita sudah booking penginapan jauh-jauh hari.



2. Matangkan visit tempat wisata atau itinerary karena di daerah puncak memiliki beragam tempat wisata, terutama untuk keluarga. Wisatawan dapat membuat rencana perjalanan atau itinerary guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas atau di tempat wisata. Sebagai pengalaman terbaik liburan ke Puncak Bogor, saya dan teman-teman sudah membuat list setiap hari kegiatannya apa saja dan mengunjungi tempat wisata apa saja.  Sangat perlu diperhatikan jarak tempuh ke tempat wisata untuk mengantisipasi waktu tempuh dari lokasi penginapan. Wisatawan bisa menggunakan titik penginapan atau tempat wisata favorit sebagai acuan dalam menentukan itinerary. 



3. Biaya tidak terduga, sangat perlu menyiapkan biaya tidak terduga. Kebanyakan ditempat wisata terjadi perubahan estimasi biaya, Baik itu pembayaran restoran, biaya masuk tempat wisata, biaya transportasi diluar kendala ban bocor dan lain sebagainya. Hindari membawa uang pas-pasan, uang tambahan harus siap sedia.


Boleh juga dong kepoin RedDoorz solusi penginapan murah di tempat wisata
Boleh juga dong kepoin RedDoorz solusi penginapan murah di tempat wisata



4. Membawa kebutuhan dan keperluan pribadi. Menyiapkan kebutuhan dan keperluan pribadi mulai dari : 

A. Smartphone, jangan sampai lupa atau ketinggalan bawa handphone. Nongkrong di kamar mandi aja bawa, masa ke Puncak lupa? Handphone bukan cuma untuk sms atau telepon, tapi juga bisa buat browsing, dengerin lagu, sampe foto-foto pemandangan dan selfie. Yang paling penting update status atau story media sosial kalau lagi healing ke Puncak supaya ada kenangan yang akan diingatkan tahun depan. Sekalian power bank dan chargeran handphone wajib bawa.


B. Perlengkapan kedinginan, karena cuaca Puncak cukup ekstrim dinginnya sehingga perlu baju hangat, kaos kaki, selimut, kupluk, syal, dan sarung tangan. Pokoknya apapun yang bisa menghangatkan badan. Puncak itu dingin, jendral! Apalagi kalau udah malem. Bisa geter-geter badan kamu karena kedinginan. Jadi, jangan lupa bawa jaket dan teman-temannya.


C. Obat-obatan, bukan cuma ke Puncak, ke manapun memang harus selalu siap sedia obat-obatan mulai dari obat anti mabuk sampai peralatan P3K. Siapa tau dihadapkan situasi macet jadi masuk angin karena kena dinginnya hawa Puncak. Saya selalu bawa minyak angin pertolongan pertama mual, pusing dan masuk angin tinggal oles-oles. Sesi jalan-jalan bebas gangguan, deh!



5. Protokol kesehatan, setelah kurang lebih 2 tahun menghadapi pandemi kebiasaan melaksanakan protokol kesehatan sudah menjadi keharusan. Demi menjaga kesehatan bersama, wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di tempat wisata.



Nah, 5 tips persiapan liburan akhir pekan di Puncak Bogor wajib dilakukan ya. Supaya perjalanan aman dan lancar. Terlebih dahulu tentukan tempat wisata alam, penginapan dan objek wisata. Oh iya sangat penting menyiapkan aplikasi booking hotel atau penginapan supaya sampai tujuan tenang deh.



Yuk dari sekarang jadwalkan perjalanan wisata kalian dengan melakukan tips yang saya share diatas ya. Boleh juga dong kepoin RedDoorz solusi penginapan murah di tempat wisata. Happy liburan guys...

 

9 komentar:

Mugniar mengatakan...

Saya tuh penasaran banget dengan Bogor sejak duluuu sekali. Sayangnya belum pernah berkesempatan ke Bogor. Kalau ke Jakarta, Tangerang, bandung sudah ... ke Bogor kapan yaa. Pengen bisa ke Puncak, merasakan sendiri kesegaran puncak ... nanti tulisan ini bisa jadi patokan :)

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Biasanya saya juga pertimbangkan waktu perjalanan. Usahakan jangan sampe kena buka-tutup jalan. Sayang banget sama waktunya kalau jadi kelamaan berhenti.

Erin Herlina mengatakan...

Belum pernah ke puncak bogor, padahal gak jauh-jauh amat dari Cikarang. Jadi, pengin ajak keluarga liburan ke puncak bogor dan pastinya jangan lupa persiapkan banyak hal juga ya, Mba. Dari tempat nginap dan peralatan pribadi.

Maya Rumi mengatakan...

setuju mba kalau liburan itu memang harus dengan persiapan apalagi buat yang sudah berkeluarga, biar liburannya lebih terasa maksimal wajib bgt buat itenarary termasuk hotel yang akan menjadi tempat penginapan, red doorz banyak yah mba di puncak dan wajib bgt sih cek2 yang mana yang sesuai budget kita

lendyagassi mengatakan...

Selalu suka liburan ke Puncak Bogor.
Lumayan juga karena kami dari Bandung. Dan memilih peak season sebenernya bukan pilihan buruk karena pasti bakalan menikmati bersosialisasi kembali bersama sesama traveller lain.

Dennise Sihombing mengatakan...

Hai Tika beberapakali nih kakak gagal sama keluarga maupun gang perempuan ke puncak Bogor. Masalahnya kena macet yang buka tutup. Rata-rata'kan mereka bisanya Sabtu Minggu. Nah Puncak'kan full akhirnya kami sudah bete di jalan. Kata temanku nginap di Red Dorz murah ya...gak nyampe 300 ribu. Benar gak sih

Diah Alsa mengatakan...

Puncak Bogor terkenal banget akan dinginnya. Kalau mau liburan di Bogor harus siap dengan bekal anti dingin ya Kak serta kebutuhan lainnya.

Fenni Bungsu mengatakan...

Biaya tak terduga memang perlu disiapkan, karena tidak tahu akan seperti apa kejadian di depan. Apalagi pas traveling kan

Meilia Wuryantati mengatakan...

Thanks kak buat tipsnya, bermanfaat banget nih apalagi aku yg punya batita, menggunakan Aplikasi booking hotel penting banget nih, biar tenang saat liburan. Kepoin RedDoorz juga deh 👍

5 Tips Liburan Akhir Pekan Ke Puncak Bogor Wajib Dipersiapkan

Liburan momen paling ditunggu oleh siapa saja baik orang tua, anak muda bahkan anak-anak. Sejenak melupakan kepenatan rutinitas pekerjaan. D...