Kamis, 19 Januari 2023

Pebisnis Kopi Merapat : 7 Strategi Marketing ala Starbucks


Pebisnis Kopi Merapat 7 Strategi Marketing ala Starbucks
Pebisnis Kopi Merapat : 7 Strategi Marketing ala Starbucks



Melakukan pengajuan KTA online merupakan salah satu cara yang kerap dilakukan oleh pegiat bisnis untuk mengembangkan bisnis yang dirintisnya. 



Pada bisnis kopi yang persaingannya sangat ketat ini, selain perlu memperhatikan faktor pendanaan, kamu juga perlu menerapkan strategi khusus agar lebih banyak masyarakat yang melirik bisnis kopimu tersebut.



Sebelum menerapkan strategi yang paling sesuai dengan target pasar dari bisnis kopi milikmu, maka kamu perlu mempelajari strategi-strategi yang dilakukan oleh para kompetitor.




Sebagai contoh, kamu bisa mempelajari strategi marketing dari brand Starbucks. Seperti yang kita ketahui, Starbucks merupakan salah satu brand ternama yang berkembang di bisnis kopi. 



Agar bisnis yang kamu rintis tersebut bisa berkembang menjadi lebih besar, mempelajari dan mencontoh strategi marketing yang diterapkannya bisa menjadi salah satu langkah awal yang tepat.



Artikel ini akan membahas tentang bermacam-macam strategi marketing yang dilakukan oleh brand Starbucks hingga bisa sebesar sekarang. Penasaran seperti apa strateginya? Simak di bawah ini.




Strategi Marketing Ala Starbucks



Buat Kamu Pebisnis Yuk Intip Strategi Marketing Ala Starbucks
Yuk Intip Strategi Marketing Ala Starbucks



Beberapa strategi marketing yang diaplikasikan oleh brand kedai kopi terkenal Starbucks yang bisa kamu dan bisnismu pelajari. 


Pebisnis Kopi Merapat, 7 Strategi Marketing ala Starbucks sebagai berikut :


1. Mengutamakan Kualitas Produk

Starbucks terkenal dengan produknya yang memiliki kualitas tidak sembarangan. Menggunakan bahan-bahan kopi premium, kopi Starbucks telah berhasil menyajikan minuman yang memenuhi banyak selera orang.


Tidak hanya untuk produk kopinya saja, seluruh produk yang tersedia pun diketahui menggunakan bahan-bahan berkualitas. Apabila kamu tertarik untuk menarik banyak pelanggan supaya datang ke kedai kopimu, maka kamu juga perlu menerapkan strategi ini.


Cari dan temukan bahan-bahan berkualitas yang sebisa mungkin berbeda dari kompetitor agar kopi yang kamu sajikan dapat memiliki ciri khasnya tersendiri.




2. Memfokuskan Bisnis pada Pelanggan

Alasan mengapa banyak pelanggan Starbucks yang memutuskan menjadi pelanggan setia dengan brand kopi tersebut yaitu dikarenakan Starbucks menerapkan customer retention yang tinggi.


Customer retention merupakan strategi yang dilakukan oleh sebuah bisnis dalam rangka meningkatkan penjualan dengan cara memuaskan pelanggan agar supaya pelanggan tersebut terus kembali dan terus menggunakan produk yang ditawarkan.


Sebagai contoh, salah satu cara yang kerap dilakukan oleh brand besar ini, yaitu menerapkan promo beli 1 gratis 1, potongan harga hingga 50%, serta terdapat juga campaign seperti tumblr day pada hari-hari tertentu.


Tentunya strategi ini sangat menarik dan menguntungkan pelanggan. Apabila kamu tertarik untuk mendapatkan banyak pelanggan, maka kamu juga perlu memperhatikan strategi customer retention pada bisnismu.




3. Melakukan Inovasi dalam Menu dan Merchandise 

Starbucks kerap mengeluarkan menu-menu tertentu berdasarkan musim yang sedang berlangsung. Tidak hanya sekadar menu, Starbucks juga menawarkan merchandise dengan berbagai macam inovasi bentuk maupun motif sesuai dengan musimnya.


Cara-cara ini dilakukan tentunya untuk menarik lebih banyak perhatian masyarakat agar penjualan produknya bisa lebih meningkat. Menciptakan kondisi urgensi seperti misalnya seri merchandise terbatas juga terbilang cukup ampuh agar penjualan dari brand kopi satu ini terus meningkat.




4. Memanfaatkan Banyak Platform untuk Promosi

Selain cara-cara di atas, strategi marketing Starbucks juga diketahui memanfaatkan banyak platform untuk melakukan promosi. Pemasangan iklan di berbagai media kerap dilakukan oleh Starbucks, seperti misalnya pada media iklan TV, iklan billboard, hingga pemasaran digital menggunakan platform media sosial. 


Mengerahkan upaya terbaik untuk kegiatan promosi tentunya akan berbuah hasil yang positif. Berkaca dari hal ini, dapat disadari bahwa melakukan promosi bisnis merupakan hal yang penting, bahkan brand sebesar Starbucks masih dengan gencar melakukan promosi untuk mencapai target penjualannya.


Untuk itu agar bisnis kopimu dapat membuahkan hasil yang maksimal, kamu juga perlu melakukan promosi dengan gencar. Manfaatkan media digital agar bisnis kopi milikmu tersebut bisa dikenal lebih luas oleh para pelanggan.




5. Membuat Website My Starbucks Idea 

Strategi marketing lainnya yang juga dilakukan oleh Starbucks, yaitu membuat website. Starbucks membangun website dengan nama My Starbucks Idea yang bisa difungsikan secara bebas oleh para pelanggan untuk memberikan segala jenis masukan maupun kritik.


Sistem bisnisnya yang menerima segala jenis saran ini dinilai menjadi salah satu kunci sukses dari brand Starbucks tersebut. Supaya bisnismu dapat meniru kesuksesan dari Starbucks, kamu bisa menerapkan keterbukaan dalam menerima masukan dari para pelanggan agar bisa semakin berkembang.




6. Menciptakan Gimmick Secara Sengaja

Starbucks dikenali memiliki gimmick dalam bisnisnya. Gimmick tersebut berupa kesengajaan dalam penulisan nama yang berbeda dengan nama asli pelanggannya.


Kesalahan penulisan nama yang menjadi lucu tersebut kemudian memicu pelanggan untuk mengunggahnya ke media sosial. Hal ini tentunya membuat Starbucks menjadi menerima promosi secara gratis dari pelanggannya tersebut.




7. Memberikan Rewards

Tidak hanya itu saja, Starbucks juga memiliki program pemberian reward kepada para pelanggannya yang sudah menjadi member atau anggota. Poin dari Starbucks reward tersebut kemudian bisa dikumpulkan untuk menerima reward berupa minuman gratis dan beberapa keuntungan lainnya.





Kembangkan Bisnis Kopi Milikmu dengan Pengajuan KTA Online



Setelah mempelajari strategi marketing milik Starbucks, maka kamu bisa mulai membuat strategi bisnis kopi milikmu sendiri. Sembari mulai menerapkan strategi marketing yang baru, kamu juga bisa sekaligus mulai mengembangkan bisnismu tersebut.



Mengembangkan bisnis perlu dilakukan agar bisnis tidak hanya diam di satu titik pencapaian saja. Untuk mengembangkan bisnis ini, kamu bisa memanfaatkan pinjaman KTA bank.



Rekomendasi produk KTA yang bisa kamu ajukan, yaitu digibank KTA. Untuk bisa mengenali produk ini, kamu perlu ketahui terlebih dahulu tentang keunggulan-keunggulannya. Apa saja?


1. Online 24 jam

2. Proses approval pinjaman hanya dalam 60 detik

3. Dana pinjaman langsung cair ke rekening digibank by DBS dengan limit Rp200 juta.

4. Bisa menentukan nominal pinjaman yang dibutuhkan

5. Bisa membayar cicilan hingga 36 bulan.

6. Tidak perlu melampirkan dokumen fisik




Persyaratan pengajuannya mudah. Kamu perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, dan memiliki penghasilan minimum Rp5 juta.



Untuk bisa mendapatkan informasi mendetail terkait produk pinjaman digibank KTA ini, maka kamu dapat mengunjungi tautan disini ya. Tertarik kembangkan bisnis kopimu? Segera lakukan pengajuan KTA online digibank KTA sekarang.





Tidak ada komentar:

5 Tips Liburan Akhir Pekan Ke Puncak Bogor Wajib Dipersiapkan

Liburan momen paling ditunggu oleh siapa saja baik orang tua, anak muda bahkan anak-anak. Sejenak melupakan kepenatan rutinitas pekerjaan. D...