Senin, 09 Agustus 2021

6 Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia Meningkatkan Kearifan Objek Wisata Lokal

 


Menjelajahi Wisata Alam Indonesia menjadi impian terbesar saya semenjak cinta traveling. Siapa bilang berwisata ke berbagai daerah di Indonesia tidak menyenangkan. Indonesia kaya akan wisata alam, terkenal sebagai negara alam yang indah. Memiliki bentang alam yang mempesona seperti laut dengan pantai yang indah, danau yang airnya hijau, perkebunan alam yang asri dan keanekaragaman hayati. Jadi berlibur pun tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri.





Sejak jaman dahulu hingga sekarang sangat banyak tempat wisata alam Indonesia yang sangat populer baik dikenal secara domestik hingga mancanegara. Kelestarian, keasrian dan kebersihan wisata alamnya terjaga hingga sekarang. Ditambah dengan sapaan warga yang ramah, sopan dan hangat membuat wisatawan berkunjung terus bertambah menikmati langsung ragam keindahan wisata alam yang ada di Indonesia. Tentu sebagai pengunjung menikmati wisata alam yang ramah lingkungan menjadi rekomendasi untuk keluarga.



Semenjak menyukai traveling, ada beberapa wisata alam Indonesia yang sudah saya jelajahi bahkan sudah mendunia. Tentu dengan pemandangan yang sangat menarik untuk dikunjungi dan bisa menjadi rekomendasi traveling keluarga. 



1. Danau Toba - Sumatera Utara


Keindahan alam Indonesia pertama sekali saya jelajahi adalah Danau Toba yang terletak di wilayah Sumatera Utara tempat saya dilahirkan. Seperti marga saya Samosir, asal nenek moyang saya berasal dari Pulau Samosir. Sebagai Putri Toba (Boru Batak) saya sangat bangga dengan wisata alam Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang menyuguhkan berbagai keindahannya dari berbagai sudut pandang baik itu dari Parapat, Simarjarunjung, Geo Site Sipincur, Tuktuk - Tomok dan lokasi panatapan lainnya. Mulai dari wisata alamnya yang indah, budaya Batak Toba, kuliner dan lain sebagainya.




Berkeliling wisata alam Danau Toba sekarang ini sudah semakin mudah dijangkau dengan adanya fasilitas transportasi kapal feri, kapal pora-pora ataupun lintas darat sudah bisa mengeksplorasi sejarah dan kebudayaan masyarakat lokal. Untuk berlibur wisata alam mayoritas suku Batak ini jangan lupa membawa pakaian hangat atau jaket karena suasana di sekitar Danau Toba terasa sejuk. Dimana Danau Toba terletak sekitar 900 meter dari permukaan laut. Sambil bersantai menikmati panorama alam yang mempesona, kuliner Danau Toba tidak kalah endolita dengan olahan ikan yang segar. 




Tidak perlu jauh-jauh melihat sunset, Danau Toba juga memiliki lokasi spot sunset terbaik dengan pantulan air hijau kebiru-biruan. Ditambah kebersihan wisata alam terbebas dari polusi sampah dan limbah. Jika ingin lebih puas menjelajah objek wisata alam Danau Toba, sudah tersedia hotel dan penginapan sesuai kantong. Jangan ngaku pernah singgah ke Medan kalau belum tinggalin jejak di wisata alam Danau Toba.



2. Pura Uluwatu, Sanur Beach, Pantai Dreamland - Denpasar


Siapa yang tidak mengenal wisata alam Bali yang sudah mendunia sejak dulu kala. Bali menjadi salah satu ikon terbaik objek wisata alam Indonesia yang sudah mendarah daging keindahannya lebih akrab bagi para wisatawan mancanegara karena pemandangannya yang eksotis. Bali dikenal juga sebagai kota yang taat akan agama, adat istiadat dan budaya. 




Pura Uluwatu yang dikenal warga bali sebagai pilar spiritual salah satu dari enam pura yang memiliki daya tarik tersendiri. Kalau berkunjung ke kawasan Pura Uluwatu pasti pernah menyaksikan pertunjukan tari kecak dong sebagai budaya Bali yang sangat fenomenal. Berwisata alam ke Bali kurang lengkap kalau tidak menginjakkan kaki ke Pantai Sanur terletak di timur Kota Denpasar menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menyaksikan keindahan terbitnya matahari. 


Dikawasan pantainya bisa menikmati keseruan bermain pasir dan air atau berenang. Kontur pesisir pantai ini memang landai dan sangat bersahabat bagi pengunjung. Ombaknya juga tidak terlalu kencang. Termasuk pantai Dreamland yang dikenal dengan panorama pantai terindah di Bali. Bisa dibilang fasilitas di pantai ini sangat lengkap. Masih banyak wisata alam di Bali yang gak kalah menariknya. 



3. Pantai Pangandaran - Tasikmalaya


Masih teringat jelas 3 kali perjalanan wisata alam saya ke Pantai Pangandaran yang terletak di paling selatan Jawa Barat. Tahun 2010 kunjungan terkahir saya sangat mengisahkan banyak cerita dan kenangan di salah satu pantai tercantik di Pulau Jawa. Wisata alam pantai cantik satu ini berada di sekitar Pantai Sari dan Pantai Jaya, yang bisa ditempuh dengan transportasi darat dan transportasi udara. 


Wisata alam Pantai Pangandaran memberikan sensasi bermain berbagai macam watersport, seperti banana boat, jet ski, para seling, maupun perahu pesiar. Dengan menikmati panorama matahari terbit dan terbenam atau sunset dengan kondisi geografis pantai yang gak kalah menarik dan disepanjang pantai terdapat juga gua dan air terjun. Selain itu Pantai Pangandaran juga memiliki wisata cagar alam, ada beberapa hewan, seperti monyet, rusa, kerbau, dan lain-lain. Paling menarik dari wisata alam Pantai Pangandaran terapat pasar ikan yang dulunya dikenal sebagai kota nelayan. Di pasar ikan, bisa membeli aneka hasil olahan laut yang segar. Benar banget kuliner seafood di pantai ini pun sangat memuaskan.


Untutk berkunjung ke wisata alam Pantai Pangandaran jangan lupa menggunakan topi, kacamata, dan sunblock meminimalisir kerusakan kulit saat bermain di pantai. Fasilitas di Pantai Pangandaran sudah cukup memadai. Ada lahan parkir luas, tempat berkemah, money changer, pemandu wisata, pusat informasi, hingga tempat beli oleh-oleh. Pantai Pangandaran menawarkan cenderamata berupa kerajinan khas laut.



4. Sari Ater - Subang Bandung


Sari Ater ialah tempat pemandian air panas alami dengan kolam berisikan air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Konon katanya pada zaman dahulu kawasan ini banyak ditumbuhi Pohon Ater, suatu hari ada seorang warga yang kemudian menebang Pohon Ater. Aneh bin ajaib tiba-tiba muncullah mata air panas alami yang sangat deras dari batang pohon yang sudah ditebang. Keberadaan air panas tersebut membawa berkah bagi masyarakat sekitar. Dan sampai saat ini air di Pemandian Air Panas Sari Ater selalu mengalir, tidak tergantung pada musim. 




Wisata alam pemandian air panas Sari Ater memikili lokasinya sangat luas, dan merupakan kawasan pemandian air panas terbesar yang ada di Jawa Barat. Pemandian air panas ini menyuguhkan arena kolam pemandian air panas yang sangat lengkap. Selain berenang dan berendam, berbagai macam keseruan yang bisa dilakukan di wisata alam Sari Ater Hot Spring seperti outbound, camping, berpiknik bersama dan spot foto instagramble sangat banyak.







Melihat kondisi cuaca Bandung dan sekitarnya cukup dingin sangat cocok menikmati pemandian air panas wisata alam Sari Ater memiliki beragam mineral yang baik untuk tubuh. Tentu air panasnya dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit, dan cocok untuk terapi penyakit rematik serta gangguan syaraf dan tulang. Kalau jalan-jalan ke Bandung jangan lupa mampir ke Wisata Alam Sari Ater. Di kawasan pemandian air panas ini terdapat sebuah resort yang bernama Sari Ater Hot Spring Resort, yang masih berada di satu kawasan. Jadi tidak perlu takut untuk staycation ya.



5. Malioboro - Yogyakarta


Lokasi wisata alam yang sangat saya sukai dengan keramah-tamahan warga Yogyakarta terkenal sebagai surga belanja cendera mata dan barang kerajinan yang penuh dengan kreatifitas. Malioboro sebagai tempat wisatawan dan warga lokal untuk berolahraga atau sekedar menikmati udara segar sambil menikmati kuliner sarapan pagi. Ditambah dengan berbagai peninggalan etnik bersejarah yang bikin wisata alam Yogja ini semakin eksotis.




Terakhir tahun 2016 saya meninggalkan jejak di Malioboro ini. Jujur sampai saat ini saya sangan kangen dengan suasana wisata alamnya. Sambil berbelanja ke pusat pertokoan Pasar Beringharjo, berwisata religi Masjid Siti Djirzanah, Benteng Vredeburg peninggalan penjajahan Belanda, Taman Pintar wahana wisata untuk bermain sambil menambah pengetahuan di bidang teknologi, Km Nol Jogja gedung-gedung berarsitektur Indis yang ikonik di kawasan nol kilometer ini sangat instagramable untuk menjadi latar belakang foto selfie, Museum Sonobudoyo berisi sejarah dan kebudayaan Jawa berisi 1200-an koleksi keris dari berbagai penjuru Nusantara dan berbagai macam wisata alam yang sangat dikenal sebagai tempat syuting film layar lebar Indonesia. 




Kangen mendengar bahasa medok Yogja yang sampai saat ini suka kebawa-bawa logatnya. Senang banget bisa berwisata alam ke Malioboro dengan alam yang asri, bersih dan terbebas dari polusi sampah sambil menikmati semua kuliner khas Jawa yang harganya sangat murah meriah. Kalau ke Malioboro jangan lupa menikmati bakpia dan gudeg ya.



6. Salib Kasih, Pemandian Air Soda dan Pemandian Air Panas - Tarutung


Sebagai Boru Batak yang lahir di Toba, saya sudah menginjakkan kaki ke wisata alam Salib Kasih, Pemandian Air Soda dan Pemandian Air Panas yang terletak di Tarutung. Lokasi wisata alam yang bersejarah ini sangat dikenal betul oleh masyarakat Batak. Salib Kasih yang terletak di Siatas Barita adalah tempat yang dibangun untuk mengenang jasa missionaris agama Kristen yang berasal dari Jerman, DR.Ingwer Ludwig Nommensen yang wafat 23 Mei 1918 dan dimakamkan di desa Sigumpar. 




Salib Kasih berdiri kokoh menghadap ke Kota Tarutung dan dilengkapi dengan kapel yang disebut Rumah Doa yang ditandai dengan bangunan salib memiliki ketinggian 30 meter dari permukaan tanah. Salib ditopang tiga tiang besar dengan ukuran yang besar dan mudah dilihat dari kejauhan. Tempat itu menjadi objek wisata diminati dan ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisata lokal.


Di Kota Tarutung terdapat wisata alam Pemandian Air Soda Tarutung atau Aek Rara karena rasa air dari sumber mata airnya memiliki rasa seperti air soda atau air berkarbonasi. Fakta uniknya wisata alam pemandian air soda hanya ada dua di dunia dan salah satunya berada di Venezuela. Pemandian air soda hanya memiliki kedalaman 1,5 meter. Bagian dasar dari pemandian ini masih bebatuan dan airnya terus mengalir tak henti. Selain wisata alam, pemandian air soda dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 




Selain itu terdapat juga wisata alam Pemandian Air Panas Sipoholon yang terletak di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara. Pemandian wisata alam ini terbentuk akibat letusan Gunung Martimbang yang mengandung belerang yang menghasilkan aliran air panas dengan suhu 40-70 derajat celsius. Lumayan panas banget ya. Pemandian air panas tersebut selalu ramai disinggahi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Air Panas Sipoholon berasal dari pusat mata air perut bumi yang mengandung belerang cukup tinggi yang dapat membuat kulit sehat, lembut, dan mengobati penyakit pada kulit. 


Kalau berkunjung ke wisata alam Tarutung ini jangan lupa bawa salinan pakaian yang banyak ya. Karena spot wisata alamnya banyak bersinggungan dengan air. Jadi bisa mandi sepuasnya deh. Dan menjangkau rute objek wisata alamnya juga sangat mudah. Ditunjang juga dengan fasilitas lengkap. Di wabah pandemi begini sangat sehat ya mandi di wisata alam pemandian air soda dan air panas sipoholon.




Bagaimana sangat menarik bukan Keanekaragaman Wisata Alam Indonesia? Masih banyak lagi tempat wisata alam Indonesia jauh lebih seru dan menarik. Dikarenakan Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau tentu sangat banyak wisata alam lainnya. Sebagai traveling ataupun penikmat keindahan wisata alam Indonesia harus ditanamkan dan dilaksanakan bahwa berwisata tanpa merusak alam. Misalnya tiak membuang sampah sembarangan, merusak fasilitas atau memusnahkan benda objek wisata alam yang ada di wisata alam.



Nah, enam objek wisata alam yang sangat menarik buat saya dan menyisakan banyak cerita kenangan didalamnya. Setelah pandemi berakhir nanti saya juga mau berjelajah wisata alam ke bagian timur Indonesia. Semoga terealisasi ya. 


#IndonesiaBikinBangga 

#UntukmuBumiku


38 komentar:

Dewi Rieka mengatakan...

Indonesia indah sekali ya semoga selalu terjaga kelestariannya

nurul rahma mengatakan...

Seruuu banget ya, lahir, besar, dan hidup di Indonesia!
Banyak destinasi yg super duper keren dan membanggakan
Bangga banget jadi Bangsa Indonesia

Aliyatus sa'diyah mengatakan...

berasa ikut jalan jalan juga baca postingannya, yang pernah aku singgahi tanah lot di bali sama malioboro di jogja nih, pengen banget ke tempat yang lain di atas tadi

Susi Susindra mengatakan...

6 pilihan destinasi wisata yang punya lokalitas dan jadi kebanggaan Indonesia. Semoga tahun depan sudah bisa berwisata dengan lebih terbuka ya. Ykin banget tahun depan sudah bukan pandemi tapi endemi

Nyonya Faruq mengatakan...

Kalau saya sudah pernah ke pangandaran tasikmalaya sama sari ater di subang yang tempat lainnya semoga suatu saat bisa kesana aamiin...

SHOVYA mengatakan...

Keren semua kak 😭 aku baru pernah mengunjungi Malioboro, Yogyakarta. Dan itu aja udah sangat berkesan.. aku paling kepo sama Danau Toba juga, semoga suatu hari nanti bisa kesana ❤️

Ruli retno mengatakan...

Waduhhh, masa dari semua yg disebut ini aku cuma pernah ke maliboro doank, wkwkwk. Banyak banget yg belum aku datangi ya, wishlist dulu ahhh kalo gitu

Imawati A. Wardhani mengatakan...

Nomor 3 dan 6 belum pernah saya kunjungi. Semoga suatu hari bisa ke Sari Ater dan pulkam ke Medan terus jalan-jalan juga.

Jujur memang yang bisa dibanggakan dari Indonesia itu kekayaan alamnya yang luar biasa, banyak spot eksotis yang bisa dieksplor para traveler. Thank's God semua keindahan pariwisata itu ada di Indonesia 😄

Alif Kiky Listiyati mengatakan...

Malioboro tetap jadi favorit ini. Ada challenge tersendiri buat bisa nawar dan dapetin harga termurah. Hehe

Fitri Areta mengatakan...

Tempatnya keren-keren. Dari wisata alam tadi aku cuma pernah ke Bali dan Jogja. Pengen banget pergi wisata ke Danau Toba. Sejak kecil hanya dengar ceritanya saja tentang danau Toba.

soraya mengatakan...

4 dari 6 udah pernah aku kunjungi dan memang unik sekali masing-masing tempat wisata. sama2 seru tapi experiencenya beda 😍

Ainhy Edelweiss mengatakan...

Makin bangga dengan dengan Indonesia, banyak tempat wisata alam yang bisa dijadikan pelajaran.

Marantina mengatakan...

Dari list ini aku belum pernah ke Tasikmalaya nih.. ternyata menarik juga ya tempat wisatanya

Marantina mengatakan...

Dari list ini, aku belum pernah ke Tasikmalaya. Ternyata menarik juga ya tempat wisatanya

@rulachubby mengatakan...

Bener banget, Indonesia itu punya banyak banget tempat wisata yang keren keren. Danau Toba salah satunya. aaakk jadi kangenmau ke Toba lagii

Kak Niken - Kal mengatakan...

Yuhuuu.... baca srtikel ini aku jadi kangen ngebolang keluar kota euy. Medan, Yigya, Bali ... aku kangeeennn.. Mau kesana lagiii hoho. Semoga segera usai pandemi ini ya, jadi bisa mbolang lagi.

Meka NitKawasari mengatakan...

Aduh ini menggugah jiwa kelayapan, yang lama terpendam karena hamil dan melahirkan, lalu disambut pandemi. Ihiks ihiks. Malah curhat. Seru emang tempat wisata di Indonesia itu

Nyi Penengah mengatakan...

Rumah omku sama tanah lot 5 menit mba, aku kalo pas di sana masuk ga pernah bayar hehehe soalnya sama keponakan yang orang situ. Tanah alot tuh eksotis banget ya mba. Jadi kangen mudik

Belgie mengatakan...

Asyik banget udah jalan2 di beberapa daerah di Indonesia, klo ditanya wishlist aku setelah corona selesai, pingin bgt ke Malang nih, udah pernah kesana?

Silvie Permatasari mengatakan...

ini masih asri banget ya kak di sekelilingnya, recomded bgt buat wisata keluarga. tapi selama ppkm begini buka gak ya

Diah Kusumastuti mengatakan...

Banyak banget ya obyek wisata di Indonesia. Dari baca-baca dan lihat di layar kaca aja udah seneng, apalagi jika sudah menginjakkan kaki di destinasi-destinasi wisata itu, betapa bangganya.
Btw aku baru ke Malioboro aja nih dari daftar di atas. Hehehe.

April Hamsa mengatakan...

Wah banyak yang udah dikunjungi, dari mulai Jawa, Sumatera, Bali dll
Jadi kangen travelingan pastinya ya. Semoga pandemi segera usai dan bisa jalan2 lagi
Indonesia nih banyak banget wishlist lokasi wisata yang wajib kunjung kyknya ya

Nyi Penengah mengatakan...

Bali dan JOgja udah kudatangi mba, tetapi yang lain belum kyaaaa semoga setelah pandemi go away bisa jalanjalan di danau toba aamiin

lendyagassi mengatakan...

Wisata alam di Indonesia ini sungguh yang terbaik ya..
Anak-anak buth bersinggungan dan kenal dengan alamnya.
Jadi selain berwisata juga banyak belajar ketika di alam harus menjaga kebersihan dan adab-adab lainnya.

3835info mengatakan...

wah sudah kangen banget untuk wisata nih, hampir 2 tahun ga kemana mana, semoga segera berakhir dan bisa jelajah lagi. salam sehat

Mechta mengatakan...

Wah baru 3 lokasi diantaranya yg sudah kukunjungi nih.. Danau Toba..sudah lama ingin ke sana tapi blm terwujud juga. Mudah2an suatu saat bisa menikmati keindahan semuanya ah..

Mugniar mengatakan...

Mbak, saya tuh pengen banget lihat Danau Toba dari dekat.
Indah dilihat dari foto dan video, apalagi jika dilihat dari dekat ... semoga kesampaian bisa ke sana suatu saat.

Mirza Pradita mengatakan...

Banyak ya wisata bagus di Indonesia. Aku udah kesana beberapa dari list, semoga bisa keliling Indonesia

Ririe mengatakan...

Danau Toba, ini mah destinasi wisata yang sudah lama nangkring cantik dalam wishlist saya (bahkan jauuuh sebelum nikah) dan belum kesmapaian hingga saat ini.

Penasaran banget, melihat danau yang super besar dan pulau samosirnya.

lendyagassi mengatakan...

Merindu Danau Toba.
Aku uda ajuin bucket list buat travelling ke Medan, sekalian mengunjungi tanah kelahiran. Hehhee.. Indahnya wisata alam Indonesia.

www.rivanirahmadani.com mengatakan...

bukan Indonesia namanya kalau tidak menyuguhkan keindahan alam yang mengagumkan, iya kan.

www.rivanirahmadani.com mengatakan...

Bukan Indonesia namanya ya kalau engga menyajikan panorama alam yang indah dan menakjubkan, Danau Toba salah satunya.

Rivani Rahmadani mengatakan...

Bukan Indonesia namanya kalau tidak menyuguhkan panorama alam yang indah, Danau Toba salah satunya.

Indri mengatakan...

Indah banget pemandangan semua objek yang ada di blog ini...semoga bisa berkunjung untuk memikmati keindahan Danau Toba suatu saat nanti

Ainhy edelweiss mengatakan...

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, jadi objek wisata alam di Indonesia dikenal sampai kemanca negara. Jadi kita harus jaga keindahan objek wisata alam ini

Ria Fasha mengatakan...

Wahh senang banget mbak udah banyak keliling wilayah indonesia
Aku juga cinta banget sama keindahan alam Indonesia
Cantikk

Melly Feyadin mengatakan...

Wow, semuanya sudah dijelajahi ya kak.
Btw, marga Samosir itu dr nama tempat ya, baru tau aku.

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Indonesia emang selalu bikin bangga kalau ngomongin soal wisatanya. Ternyata kak Tika udah keliling banyak tempat ya. Aku jadi kangen traveling

Media Sosial Menjadi Partner Terbaik Dalam Menghasilkan Cuan Secara Bijaksana

  Percaya nggak kalau media sosial menjadi partner terbaik dalam hidup kita jika digunakan secara bijak dan tahu aturannya ke ranah positif ...