Senin, 31 Mei 2021

Betadine Ajak Jaga Kesehatan Dan Kebersihan Area Kewanitaan Saat Menstruasi

Wanita adalah makhluk ciptaan sang Kuasa paling istimewa. Mulai dari diberikan karunia menjadi seorang ibu, mengandung, melahirkan dan menghadapi siklus menstruasi setiap bulan. Menstruasi setiap bulan bukanlah hal yang mudah untuk menjaga kebersihannya. 



Harus ekstra hati-hati dan wajib dilakukan. Dengan adanya siklus menstruasi setiap bulan, banyak hal yang membuat sebagian wanita merasa tidak nyaman. Keluhan seperti rasa gatal, perih dan keputihan berbau tidak sedap sudah menjadi masalah yang sering dialami para wanita. Bisa jadi, keluhan-keluhan ini muncul karena kebersihan area kewanitaan selama menstruasi tidak terjaga. 



Sungguh kesempatan yang bahagia beberapa hati lalu berkesempatan mengikuti seminar virtual bertema "Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi" dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei yang diinisiasi oleh Betadine. Dalam seminar tersebut dihadiri oleh pembicara dan narasumber yang sangat berkompeten. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti sebagai anggota pengurus POGI, dr. Dwi Oktavia Handayani sebagai Kepala Bidang P2P dinas kesehatan DKI Jakarta, Arina Surti Ariani sebagai Humas Ikatan Psikologi dan Ari Prabowo sebagai Head & Marketing Digital E-commerce Mundipharma Indonesia.




Seperti yang kita tahu bahwa area kewanitaan yang sehat idealnya tidak berbau, tidak terasa gatal, dan tidak berwarna kemerahan di bagian vulva. Nyatanya, area kewanitaan cenderung menjadi lebih lembap selama menstruasi. Dikarenakan area kewanitaan yang tertutup, rentan membuat vagina menjadi lembap dan membuat bakteri dan jamur berkembang biak dengan mudah. 



Akibatnya, wanita akan lebih mudah mengalami area kewanitaan gatal dan keputihan. Selain kedua keluhan tersebut, pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di area sensitif juga bisa menyebabkan kemerahan, nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual, ruam, gatal, serta pembengkakan.

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti sebagai anggota pengurus POGI



Menurut Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti dala menjaga area kewanitaan pun harus lebih konsentrasi. Jika lalai akan mengakibatkan area kewanitaan gatal dan keputihan saat haid sebaiknya tidak disepelekan. Sebab, kondisi vagina yang lembap selama menstruasi memungkinkan jamur dapat tumbuh secara tidak terkendali, terutama saat menstruasi. Adapun penyebab area kewanitaan gatal dan menimbulkan jamur berbahaya seperti : 
  • Jarang mengganti pembalut atau pantyliner
    Tidak mengganti pembalut atau pantyliner secara rutin bisa menjadi penyebab munculnya keluhan pada vagina. Terlalu lama menggunakan pembalut maupun pantyliner yang sama membuat vagina menjadi lebih lembap. Kondisi vagina yang lembap ini merupakan tempat ideal bagi jamur untuk berkembang biak.
  • Perubahan pH vagina
    Bila keluhan-keluhan seperti rasa gatal muncul menjelang siklus haid dimulai, besar kemungkinan penyebabnya adalah perubahan kadar pH di vagina. Sebelum Anda menstruasi, hormon estrogen akan menurun secara drastis. Hal inilah yang membuat keseimbangan bakteri baik di vagina menjadi terganggu dan menyebabkan gatal vagina.
  • Menggunakan celana dalam yang terlalu ketat
    Mengenakan celana dalam yang terlalu ketat dan terbuat dari bahan sintetis juga bisa menyebabkan organ kewanitaan menjadi lembap. Ini dikarenakan celana dalam tersebut dapat menghambat sirkulasi udara di sekitar vagina, sehingga membuatnya mudah lembap. Kelembapan yang berlebih inilah yang akhirnya memicu pertumbuhan jamur.

dr. Dwi Oktavia Handayani



Nah, sering kali terjadi pada anak muda masa kini atau anak remaja yang sedang beranjak dewasa. Terjadi kepanikan saat pertama sekali mengalami menstruasi. Disinilah peran kita sebagai orangtua untuk mengedukasi anak pemahamannya tentang menstruasi. Dibekali dengan ilmu seksualitas tentang menjaga area kewanitaan. dr. Dwi Oktavia Handayani mengatakan bahwa "Sejak dini harus dikenalkan pada anak remaja perempuan apa sebenarnya yang terjadi pada saat tubuh sudah matang dalam arti menstruasi". Menjaga anak perempuan itu bak seperti menjaga telur supaya tidak pecah ya.

22 komentar:

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

perawatan kewanitaan memang harus benar benar bersih terutama untuk anak perempuan yang baru dewasa. Perlu banget pembelajaran seperti ini ya

tuty saca mengatakan...

kak, idealnya mengganti pembalut tiap berapa jam ya? Kalau lagi haid aq memang suka memakai pembersih wanita untuk mengurangi rasa gatal dan kulitku mudah iritasi dengan pembalut

nadiafathiya mengatakan...

Memang penting banget ya kak merawat area kewanitaan .dan harus dilakukan sejak dini. Jangan sampai terlambat di kemudian hari .

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Area kewanitaan ini memang wajib mendapat perhatian khusus. Mengedukasi anak perempuan juga penting, sehingga nanti ketika pertama kali dia mendapatkan menstruasi sudah tidak bingung lagi.

Aisyah Dian mengatakan...

Menjaga kebersihan Dan perawatan kewanitaan memang sangat penting banget bagi Kita ya mbak

Yuniari Nukti mengatakan...

Banget mbaak. Kalau menstruasi rasanya gak nyaman, harus sering-sering ganti pembalut supaya kering. Dikasih sabun khusus juga biar terasa enakan. Makanya saya gak berani pake celana ketat klo mens padahal nyaman biar pembalutnya kokoh gak lari sana sini��

Farida Pane mengatakan...

Ini penting bgt deh diketahui setiap perempuan bahkan lelaki, ya. Biar bisa tetap sehat jiwa dan raga.

Maria G Soemitro mengatakan...

penting banget kebersihan organ kewanitaan selama menstruasi

tidak hanya untuk kesehatan juga bisa menyebabkan bau yang mengganggu pergaulan

saya selalu pakai betadine vaginal douche untuk mencegah gatal dan keputihan

Wahid Priyono mengatakan...

Keren ya inovasi dari Betadine Indonesia ini, membuat produk yang bermanfaat bagi wanita sekaligus ada edukasi merawat organ intim dari kemungkinan penyakit kelamin (PMS). Acara2 webinar seperti ini patut diikuti untuk menambah khasanah berpikir yang lebih luas.

Annie Nugraha mengatakan...

Salah satu sisi pendidikan seks yang wajib diketahui oleh anak-anak perempuan yang sudah akilbaliqh. Pengetahuan tentang apa dan bagaimana menangani menstruasi nyata masih banyak yang belum tahu. Seandainya tidak sedang pandemi, mungkin bisa melakukan kegiatan off-line seminar ke sekolah-sekolah ya Mbak.

Windi astuti mengatakan...

Jadi teringat apa yg sy rasakan diawal menstruasi, hhhe. Bikin kagok semuanya. Untungnya besarnya dikaish tahu saudara untuk sering ganti pembalut maksimal 4jam sekali.... benar2 artikel yg bermanfaat bgt ini mbak

Tian Lustiana mengatakan...

Hal utama ya merawat kewanitaan itu, untuk kesehatan. Saya sudah ajarkan sama anak pra remaja saya, biar selalu menjaga kesehatan kewanitaannya.

Irawati Hamid mengatakan...

banyak yang harus diketahui remaja tentang menstruasi yaa, ibunya harus memberikan info yang benar terkait hal ini

Moch. Ferry mengatakan...

saya menggunakan Betadine lama semenjak lama. Edukasi dari Betadine cukup bermanfaat bagi kesehatan.

Ratna Kirana mengatakan...

Menjaga kebersihan kewanitaan itu penting banget, dari SD alhamdulillah mama sudah mendidik aku seperti ini, karena banyak banget penyakit yang bisa muncul jika kebersihannya tidak terjaga.

Nyi Penengah mengatakan...

Penting banget asli memersiapkan diri untuk anak-anak yang mendekati masa mentruasi ini, edukasi awal yang pelan-pelan membuat anak gak panik pas dapet ya mbak. Maagemen ini penting banget

nurul rahma mengatakan...

Wah, iya kita memang harus jaga kebersihan saat haid.
jangan sampai abai dgn hal ini ya.
semangaaattt

Shyntako mengatakan...

wah saat menstruasi emang harus ekstra sih jaga kesehatan organ kewanitaan ya, apalagi ada betadine feminine selalu saya stok di rumah

Intan Daswan mengatakan...

Edukasi seperti ini penting banget, tidak hanya buat remaja putri. Karena masih banyak wanita dewasa pun yang belum aware dengan kebersihan area kewanitaan.

Heizyi mengatakan...

Aku gak percaya sih sama mitos gituan kak. Soale udah membuktikan sendiri, kalau minum es itu malah lancar haidnya

Nia K. Haryanto mengatakan...

Acara yang nambah wawasan baru ya ini. Alhamdulillah, aku berkesempatan ikut juga. Dari acara ini aku jadi tahu tentang Hari Menstruasi Sedunia. Dan jadi aware juga sama anak gadis di rumah. Aku biasanya cuek dengan hal-hal begini. Karena nganggap dia bakalan tahu dari sekolah. Tapi ternyata harusnya ibu ya yang jadi orang pertama yang ngasih pengetahuan tentang menstruasi ke anak gadisnya. Dan ke anak cowok juga harus dikenalin. Supaya mereka tahu tentang perempuan.

Nurhilmiyah mengatakan...

Betul kalilah yang kakak tuliskan ini, edukasi tentang menjaga kebersihan saat menstruasi sangat dibutuhkan ya diterapkan ibu ke anak gadisnya, area kewanitaan harus dijaga hati-hati kebersihannya, salah satu caranya maka jagalah dengan Betadine Hygiene Wash ya, noted.

Media Sosial Menjadi Partner Terbaik Dalam Menghasilkan Cuan Secara Bijaksana

  Percaya nggak kalau media sosial menjadi partner terbaik dalam hidup kita jika digunakan secara bijak dan tahu aturannya ke ranah positif ...