Selasa, 08 Oktober 2019

Erlangga Talent Week 2019 Gelar Ajang Bakat Literasi Buku, Siapkan Naskah Untuk Publisher



Buku adalah ilmu yang sangat berharga sepanjang masa. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula yang belum dibaca. Perumpamaan ini menggambarkan bahwa pengalaman paling berharga adalah membaca buku. Itulah sebabnya sampai berapun usia kita tetap membutuhkan buku sebagai pedoman ilmu pengetahuan.

Erlangga Talent Week 2019 Gelar Ajang Bakat Literasi Buku Siapkan Untuk Naskah Publisher
Erlangga Talent Week 2019 Gelar Ajang Bakat Literasi Buku Siapkan Untuk Naskah Publisher 


Aku suka banget membaca novel dan biografi. Daya tarik ini muncul ketika aku duduk dibangku sekolah menengah atas. Dulu senang banget tulisan dan puisi aku di muat di beberapa majalah remaja. Berawal dari situ juga aku suka menulis cerita pendek. Yang selalu aku torehkan dilembar belakang buku tulis pelajaran. Namun sayangnya sampai saat ini belum terealisasi untuk di publish menjadi buku. Dan entah dimana juga sekarang buku catatan yang sudah 18 tahun tidak terlihat.


Tapi aku masih tetap punya harapan dan passion untuk tetap menulis. Salah satunya menulis di blog dan share media sosial. Setidaknya tulisan-tulisan di blog menjadi inspirasi bagi orang banyak dan menjadi kenangan sampai keturunan aku nanti. 


Weekend yang penuh godaan me time selalu aku manfaatkan mencari inspirasi positif. Seperti kemarin, aku dapat informasi di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan Ciputra Artpreneur Theater ada acara menarik yaitu Erlangga Talent Week (ETW) 2019 yang berlangsung mulai dari tanggal 1 - 6 Oktober 2019. Event Penerbit Erlangga yang dinanti-nantikan penggiat literasi ini pun berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga (SOGA). 


Erlangga Talent Week (ETW) 2019 menyuguhkan berbagai aktivitas perlombaan, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan atau referensi, belajar atau literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum. Pagelaran ETW tahun ini dibagi menjadi dua sesi yaitu Road To ETW yang berlangsung 1 - 4 Oktober 2019 di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan acara puncak Erlangga Talent Week itu sendiri yang akan berlangsung 5 - 6 Oktober 2019 di Ciputra Artpreneur Theater.

Erlangga Talent Week 2019
Pagelaran Erlangga Talent Week 2019 "This is my talent"



Sebagai penerbit legend dalam dunia pendidikan, Erlangga selalu menciptakan kepedulian terhadap perkembangan dan kemajuan anak-anak bangsa. Tentu dengan event ini, Erlangga menfasilitasi berbagai kegiatan untuk penyemangat bagi penuntut ilmu. Jadi teringat buku pelajaran jaman sekolah paling fenomenal adalah penerbit Erlangga.


Penerbit Erlangga merupakan penerbit buku yang berdiri sejak tahun 1952, di tengah keprihatinan kondisi pendidikan nasional pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. Kini, dalam usia 67 tahun Penerbit Erlangga telah membuktikan kesetiaan pada komitmennya untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia dengan menerbitkan buku-buku edukatif bermutu untuk semua jenjang pendidikan mulai dari prasekolah sampai perguruan tinggi dan bahkan untuk kalangan umum/profesional. 


Tidak hanya menerbitkan buku-buku pelajaran yang berkualitas, Penerbit Erlangga juga aktif terlibat dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan siswa, baik itu berupa pelatihan-pelatihan, seminar, lomba, maupun kegiatan edukatif lainnya, termasuk acara ini.

Erlangga Talent Week 2019
Buku catatan penerbit Erlangga

Erlangga Talent Week 2019
Buku tulis penerbitan Erlangga

Erlangga Talent Week 2019
Buku-buku penerbitan Erlangga

Erlangga Talent Week 2019
Kegiatan edukatif buat ibu-ibu di Pagelaran Erlangga Talent Week 2019


Kegiatan seru ini pun diikuti hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional telah mendaftar di Road to ETW. Event eksklusif Penerbit Erlangga bekerjasama dengan 2 madison Gallery dalam rangka turut serta menumbuhkan bakat dan kreatifitas anak bangsa khususnya untuk para pelajar, guru, orang tua, masyarakat umum. Khususnya bagaimana "Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan dan Mengasah Bakat Anak Generasi Z" sangat identik dengan akses Internet (media sosial) yang tinggi, akses informasi yang sangat mudah dan cepat, sehingga mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki. 


Erlangga Talent Week sudah diselenggarakan dari tahun 2009 dan merupakan bagian dari kegiatan CSR Penerbit Erlangga agar tidak hanya menerbitkan buku berkualitas tapi juga mengembangkan bakat dan kreativitas siswa melaui kompetisi. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mendukung talenta dan bakat anak Indonesia, sebagai wadah ajang kreatifitas anak bangsa dan meningkatkan semangat bersaing secara sehat. Aktivitas yang dilombakan pun beragam seperti Contest, Entertainment, Exhibition, Talkshow, Pameran Buku dan Art Galleri. 


Dengan mengadakan kompetisi yang dilombakan dalam Erlangga Talent Week 2019. Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi. Menjadi seorang talented Road to ETW perjuangan sangat dibutuhkan untuk melalui babak penyisihan dan semifinal lomba.  

Billboard Rangkaian Acara Erlangga Talent Week 2019
Billboard Rangkaian Acara Erlangga Talent Week 2019



Kesempatan besar nih kita sebagai penulis untuk untuk kebolehan publish tulisan. Baik itu karya fiksi dan non fiksi. Seperti Mbak Achi TM sebagai penulis sukses yang beberapa novelnya juga sudah difilmkan, memberikan semangat kepada para penulis muda yang hadir di workshopnya agar tidak pantang menyerah mengirim naskah ke penerbit. 


Banyak yang selalu bertanya berjelimet nggak sih kalau mengirim naskah ke penerbit?Sebelum mengirim naskah, cari tahu dulu apakah penerbit itu sedang membutuhkan naskah dan naskah seperti apa yang dibutuhkan? Caranya bisa dengan menelepon ke kantor penerbit, seperti yang dilakukan Mbak Achi.

Mbak Achi T.M sharing tentang penerbitan naskah kepada publisher
Mbak Achi T.M sharing tentang penerbitan naskah kepada publisher



Mbak Achi juga menginformasikan bagaimana agar naskah kita cepat dilirik atau disukai editor, Butuh effort luar biasa dan kesabaran juga proses perjalanan naskah hingga akhirnya sampai di proses penerbitan buku, penjualan buku dan royalti buat penulis.


Buat kalian yang mau mengirimkan naskah sesuai dengan kebutuhan publisher langsung saja kontak dan hubungi Departemen Editorial Penerbit Erlangga. Jangan lupa siapkan naskah utuh, sinopsis, portfolio, dan CV. Kalian harus siapkan dalam bentuk printout (dijilid rapi) atau PDF (softcopy). Jadi tercerahkan nih bagaimana mengirim naskah ke penerbit. Yuk semangat menulis lagi!!!

Novel-novel best seller di Erlangga Talent Week 2019
Novel-novel best seller di Erlangga Talent Week 2019



Departemen Editorial Penerbit Erlangga
Jl H. Baping No 100, Ciracas, Jakarta Timur 13740
Email : naskah@erlangga.co.id/ 
regina.theresia@erlangga.co.id
Narahubung: Regina Sari Theresa (081212337668)



@erlanggatalentweek @bukuerlangga
#ErlanggaTallentWeek2019 
#ErlanggaTalentWeek 
#PenulisErlangga 
#AyoNulisDiErlangga

25 komentar:

Nurul Sufitri mengatakan...

Halo mbak Tika! Wah, seru banget event Erlangga ini ya. Membuka mata dan telinga kita untuk tetap berilmu pada buku. Talent2 anak2 zaman now mesti diasah lebih baik. Ternyata sudah banyak yang mendaftar sekitar 15 ribuan ya :) Terpacu menyiapkan naskah2 bermutu untuk dijadikan buku itu sesuatu banget deh. Bravo!

Khoirur Rohmah mengatakan...

Kualitas buku dari Erlangga emang bagus dan kualitasnya oke banget mbak.
Semoga aja kegiatan CSR dari Erlangga ini bisa juga roadshow di berbagai kota ya mbak, supaya bisa dinikmati bagi para siswa, guru, orangtua hingga masyarakat umum untuk menikmati keseruan Erlangga Talent Week ini,
Makasih sharingnya ya mbak

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Dari dulu pengen banget punya buku sendiri. Dan erlangga satu sisi menjadi penerbit yang diinginkan untuk terbitnya karyaku. Hhehe. Selama ini Erlangga slalu jadi andalan untuk penerbitan buku

Mutiara Fhatrina mengatakan...

waaah, impian banget nih bisa kirim naskah dan diterima sama publisher. Dulu pernah kirim tapi belum diterima. Semangat lagi nih

Komi Kendy mengatakan...

Mantap ini sharing session sama Mbak Achi tentang kiat menembus penerbit supaya tulisan kita bisa dibukukan. Ternyata ada baiknya kita menghubungi penerbit dulu ya sebelum mengirimkan tulisan untuk tau tulisan seperti apa yang sedang dibutuhkan

Anita Makarame mengatakan...

Jadi inget jaman sekolah dulu buku terbitan erlangga ini termasuk buku mewah di sini, Mbak. Kami tinggal di pelosok, buku biasanya cukup dari buku paket sama LKS. Kalau ada yang punya dari erlangga semua langsung merapat, penasaran buat baca. Karena berwarna, menarik, dan informasinya lengkap. Terbantu banget kalau ngerjain PR.
Wuah, terima kasih banyak juga sudah dipaparkan tips mengajukan naskah ke penerbit. Semoga suatu saat bisa PD mencoba ke penerbit. Aamiin.

Siska Dwyta mengatakan...

Erlangga ini memang terkenal sekali dengan buku-buku pendidikan. Kualitas bukunya juga bagus. Eh cuma saya baru tahu nih ternyata Erlangga juga menerima naskah fiksi dan non fiksi ya.

Maliha mengatakan...

Seruu banget acara ETW ini,yang mewadahi mengasah bakat menulis dan kreatifitas untuk para generasi muda ya,keren

Rani Yulianty mengatakan...

Bagus nih program dari Erlangga untuk menemukan penulis dan naskah yang oke, dulu pernah ke Penerbit Erlangga pas masih zaman kerja di penerbitan buku

Ruli retno mengatakan...

Keren ya, erlangga pun ada CsR nya, apalagi acaranya bagus bangt buat menggiatkan literasi

Liza mengatakan...

Aaarrghhhh... Kapan ya aku punya buku sendiri. Temanku sering diterbitin oleh erlangga. Semoga kita para blogger kelak punya buku ya. Aaamiiin

Rindang Yuliani mengatakan...

Nah boleh nih. Erlangga lg buka kesempatan buat penulis buat mengirimkan naskah. Pasti bangga kalau bukunya bisa diterbitkan di Erlangga.

Marfa Umi mengatakan...

wah erlangga dari jaman aku sekolah dasar nih, seru nih pasti kalau ke sana aku pasti semangat lagi buat bikin buku. sekarang skripsi dulu deh hihi

Ririe Khayan mengatakan...

Mantap ini eventnya Erlangga, menyemangati utk mengasah kemampuan berliterasi.

Saat SMA dulu, saya suka buku mapel terbitan Erlangga, lebih enak dibaca, bahkan ada beberapa buku jaman SMA yg masih saya simpan sampe sekarang

Dee_Arif mengatakan...

Jadi inget pas sekolah, buku buku ku smuanya terbitan Erlangga..

Btw makasih ya mbak, aku akan mencoba kirim naskah ke Erlangga

Irra Octaviany mengatakan...

Erlangga ini penerbit legend banget. Dari zaman sekolah buku paketku psti penerbitnya erlangga.

Arda Sitepu mengatakan...

Dari dulu senang banget sama semua terbitan Erlangga. Acara kali ini seru juga ya mbak, wah di Medan ada ga ya hihi

Sugi Siswiyanti mengatakan...

Buku - buku terbitan Erlangga biasanya bagus, full colour, dan harganya lumayan.hehehe

Farhati Mardhiyah mengatakan...

Dalam ingatanku erlangga tuh buku paket sekolah, kalau punya buku ini psti deh orang kaya 🤣 keren nih erlangga bertahan sampai sekarang ngelurin buku materi pelajaran

Elva S mengatakan...

seru banget nih mbak Tika acaranya. Saya zaman sekolah sering beli buku terbitan Erlangga, krn gak hanya bagus namun bisa dipahami, spt buku matematika.

Antung apriana mengatakan...

Jadi ingat waktu sekolah dulu erlangga ini jadi buku pelajaran sekolah yang sering digunakan. Kayaknya sekarang Erlangga nggak cuma menerbitkan buku pelajaran ya

April Hamsa mengatakan...

Ouh Achi makin keren aja, dulu kenal zaman milisan skrng udah jd penulis buku dan skenario top :D
Kalau denger kata Erlangga ingetnya buku sekolah, pas kuliah sempet jd kontributor buat majalahnya, akhirnya ngeh kalau Erlangga koleksi bukunya ya selengkap penerbit lainnya. Acaranya bagus banget, moga next bisa ikutan acaranya Erlangga yg kek gini.

Grandys mengatakan...

saat berada dibangku sekolah dulu, paling favorit emang buku terbitan dari Erlangga. Dari kualitas kertasnya aja keliatan mantap dan jadi enak aja buat belajar

Ria Fasha mengatakan...

ngomongi erlangga jadi inget dari zaman sekolah terkenal banget terbitan buku yang bagus itu erlangga hiihi
sharing nya bermanfaat banget ya kalo mau nerbitin buku memang kudu sabar ama prosesnya

Efa Butar butar mengatakan...

Semakin banyak membaca, semakin banyak pula yang belum dibaca. Betul juga ya Ka, makin kita ngebaca, makin kita sadar apa yg sebelumnya tidak kita tau

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...