Selasa, 13 Agustus 2019

Cemilan Sehat Menggunakan Mentega Lemak Baik Kesukaan Keluarga



Siapa yang suka rajin banget bikin kudapan nikmat dirumah? Sepertinya ibu-ibu suka banget ya sediain cemilan sehat buat keluarga. Segala persiapan pun dilakukan mulai dari bahan-bahan, peralatan dan proses penyajiannya. 

Cake, cups cake, butter, mentega, weap cream, gurih, lemak, sehat, bagus
Cups Cake kesukaan keluarga


Kalau dirumah selalu suka dengan cemilan yang wangi dan gurih. Biasanya dalam adonan saya selalu menambahkan pelembut dan lemak baik. Supaya cemilannya kaya akan vitamin dan protein.


Dalam pembuatan kue, lemak menjadi bagian penting yang tidak bisa ditinggalkan. Karena lemak berguna sebagai pemberi rasa gurih dan tekstur yang lembut pada kue. Ada berbagai macam jenis lemak yang digunakan dalam pembuatan kue dan cookies. Salah satunya adalah  mentega  atau yang biasa disebut dengan butter. 

Cake, cups cake, butter, mentega, weap cream, gurih, lemak, sehat, bagus
Butter dengan lemak baik sangat berguna bagi tubuh



Butter terbuat dari krim lemak susu sapi, meskipun bisa juga dibuat dari susu hewan lainnya. Butter mengandung sekitar 80% lemak, siasanya adalah air, padatan susu, dan kadang-kadang garam.


Butter merupakan lemak yang berasal dari susu yang dikocok hingga memadat. Lemak jenis ini mudah mencair di suhu ruang. Menggunakan butter dalam olahan kue kering akan membuatnya lebih lembut, renyah, gurih, serta beraroma harum. Memiliki tekstur yang lembut, butter juga bisa menambah cita rasa menjadi lebih nikmat.


Butter bisa digunakan untuk olahan berbagai resep, mulai dari appetizer, main course, hingga sajian dessert. Namun yang harus diketahui terlebih dahulu, jenis butter untuk olahan makanan sangatlah beragam. Sehingga sebelum menggunakannya, ketahui jenis dan kegunaannya terlebih dahulu.


Nah, untuk tahu lebih jelasnya jenis-jenis Butter dan kegunaannya seperti berikut :

1. Salted butter
Butter jenis ini memiliki mengandung garam sesuai arti dari ‘salt’ yaitu garam. Butter jenis ini cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama sebagai salah satu bahan pembuatan kue, serta biasa juga digunakan untuk menumis dan menggoreng.


2. Unsalted butter
Kebalikan dari salted butter, jenis yang satu ini tidak memiliki kandungan garam sehingga memiliki rasa yang tidak asin. Unsalted butter terbuat dari susu dan krim atau bahkan campuran dari keduanya. Meskipun memiliki rasa yang tawar, mentega jenis ini juga sering digunakan dalam berbagai sajian kuliner.

Cake, cups cake, butter, mentega, weap cream, gurih, lemak, sehat, bagus
Butter memiliki peran banyak dalam makanan


3. Organic butter
Yang membedakan butter jenis ini dengan lainnya terletak pada cara pembuatannya. Dimana sapi ternak yang diambil susunya untuk membuat butter diberikan anti biotik atau hormon pertumbuhannya. Untuk makanan yang dikonsumsi pun harus berupa rumput organik yang bebas pestisida ataupun pupuk sintesis. Di pasaran, jenis butter yang satu ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu salted dan unsalted.


4. Whipped butter
Whipped butter memiliki kandungan gas atau udara lain di dalamnya, seperti nitrogen. Sehingga dari segi kepadatan kurang dibandingkan dengan butter lainnya. Cocok untuk olesan pada roti bakar dan kurang cocok untuk olahan kue maupun memasak.



Itu tadi berbagai jenis butter dan kegunaannya, untuk berbelanja kebutuhan butter serta ingin tahu harga keju mozarella kiloan dengan terjangkau, kunjungi website Toko Wahab semuanya lengkap dan bervariasi.

Cake, cups cake, butter, mentega, weap cream, gurih, lemak, sehat, bagus
Butter pemberi rasa gurih dan tekstur yang lembut pada kue


Sebagai ibu rumah tangga, boleh banget lho iseng bikin cemilan sehat buat keluarga. Bahan lengkap sudah ada di Toko Wahab. Tinggal belanja, bayar dan pesanan pun siap diantar. Baking kue dan cemilan pun jadi lebih semangat.

8 komentar:

Ali Muakhir mengatakan...

Eh, saya beneran baru tahu lho, jenis-jenis keju, hehehe. Cara masaknya juga pasti beda, ya? Kalau di rumah selalu sedia mozzarela, anak-anak paling suka soalnya.

April Hamsa mengatakan...

Toko Wahab ini juga berjualan secara online mbak?
Zaman masih bikin MPASI dulu aku selalu stock unsalted butter. Skrng kalau beli unsalted butter biasanya pas mau bikin kue2 gtu. Emang paling enak bikin kue atau cookies kalau dikasi butter, lbh lembut.

Farhandika Mursyid mengatakan...

Aku baru tahu kalo butter itu banyak macamnya, yang aku tahu memang itu bisa digunakan sebagai penambah rasa kalo makan roti. Tapi, tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi butter. Apalagi kandungannya lemak gitu, Mbak.

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Jadi ngga tega makan cupcakenya soalnya cantik banget. Aku jadi paham nih kegunaannya buat kue. Tapi aku mending beli aja deh. Lebih gampang

Eni Martini mengatakan...

Makasih infonya Kak Tika. Kebetulan amu pakai butter unsalt buat mpasi Binar biar gurih. Taoi baca ini aku jadi pengen cari unsalt butter yang organik

Marfa Umi mengatakan...

whipped butter itu yang suka di minuman bukan ya, eh cream deeng :3 aku blm pernah nemu yg versi organic butter, dan dipakainya pas gimana tuh kak?

lendyagasshi mengatakan...

Wah...bahagia banget dapet tulisan tentang macam-macam butter.
Aku suka baking, meskipun belum jadi sbuah rutinitas.
Karena penggunaan butter adalah kunci enak atau engganya pas baking.

Eny kadinda Aprilya mengatakan...

Wah butter ada banyak macam ya.. yg paling pas buat kue yg mana? Atau semuanya bisa hhi

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...