Jumat, 09 Juni 2017

Bijak dan Laksana Mengatur Keuangan dan Kebutuhan Bulanan Keluarga

Grand Indonesia - Jakarta Pusat, 20 Mei 2017



BELANJA???
Belanja sudah pasti pekerjaan ibu rumah tangga (IRT) setiap hari bahkan belanja bulanan untuk kebutuhan rumah tangga. Sebagai IRT kudu harus gerak cepat dalam mengelola keuangan. Apalagi sebentar lagi menjelang bulan ramadhan meskipun puasa tetap saja pengeluaran makin meningkat. Jika tidak bergerak cepat mengatur keuangan bisa jadi beberapa hari keuangan menipis bahkan sampai minus karena tidak terkontrolnya pengeluaran.





Sebagai Ibu Rumah Tangga, saya juga pernah mengalami minus keuangan karena keasikan dari melihat sampai niat membeli ini dan itu yang seharusnya bukan prioritas dalam kebutuhan keluarga. Terkadang kita sebagai perempuan gelap mata jika ada sale-sale bertebaran menawarkan harga menggiurkan yang sangat sulit kita kontrol. Tepatnya dimoment bulan puasa dan lebaran kita akan mengalami inflasi yang tinggi IRT akan merasa dilema karena semakin meningkatnya harga-harga sembako. 





Nah, Bagaimana caranya supaya kita ibu Rumah Tangga bisa mengatur dan mengontrol keuangan?. Yuk mari kita intip dan terapkan pemaparan dari pakar Financial Planner Profesional Mba Prita H. Ghozie tentang "Smart Financial dan Happy Ramadhan". 


Setiap bulan Ibu-ibu pasti menyusun anggaran bulanan supaya dana yang teralokasi tidak melebihi budget yang sudah disediakan. Setiap bulan kita pasti memisahkan dana untuk belanja dapur, ongkos transportasi/bensin kendaraan, kebutuhan anak, belanja bulanan keperluan rumah tangga, bayar cicilan jika ada bahkan perbulan menyisihkan budget untuk ditabung. Apalagi sebentar lagi kita akan menyambut Bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran yang akan membutuhkan financial yang banyak. Meskipun bulan puasa bukan berarti pengeluaran sedikit malah berbanding terbalik dan bisa mencapai melebihi budget kita setiap bulan malah bisa dikatakan boros. 





Kenapa bisa boros? 
1. Terkadang memasak tidak semangat sehingga membeli makanan dari luar. 
2. Membeli takjil yang diperkirakan berapa orang dalam satu rumah tangga. 
3. Membeli baju lebaran. Apalagi dalam satu keluarga terdapat 4-5 orang pasti kebayang budgetnya. 
4. Menyusun budget buat lebaran pulang kampung. Pasti sangat butuh budget besar untuk transportasi pulang kampung. 
5. Angpao. Sebagai tradisi keluarga pasti menyediakan budget angpao buat dibagi-bagi kepada saudara. 





Sudah pasti pernah mengalami hal yang 5 tadi yang membuat pengeluaran membengkak. Nah, bagaimana caranya mengalokasikan budget bulan ramadhan padahal pendapatan kita tidak bertambah setiap bulan?. Yang perlu kita sisihkan saat menjelang bulan ramadhan :
1. Sisihkan dana buat infaq, zakat dan sedekah 15% dari penghasilan. 
2. Setiap bulan kita pasti memiliki pengeluaran tak terduga atau mendadak, maka sisihkan budget untuk biaya tak terduga 10% dari penghasilan sebagai dana darurat. 
3. Biaya hidup paling besar dalam kehidupan kita sehari-hari bisa mencapai 40% bahkan lebih. Karena kita sebagai Ibu selalu memberikan makan berkualitas bagi keluarga. 
4. Biaya cicilan sebesar 10% dari penghasilan supaya cicilan kita tidak menunggak.
5. Kita pasti bisa menyisihkan 5% untuk tabungan/investasi dari penghasilan.
6. Bulan ramadhan kita pasti belanja baju baru dan sepatu baru sisihkan 20% untuk ramadhan lifestyle.


Nah, sangat terstruktur pengelolaan keuangan saat bulan ramadhan jika kita membagi-bagi alokasinya sesuai kebutuhan. Mungkin banyak diantara kita merasakan betapa tidak berharganya nilai uang saat ini disebabkan karena inflasi yang meningkat. Contohnya uang seratus ribu rupiah jaman dulu saat belanja hasilnya pasti banyak. Jika dibandingkan saat ini nilai uangnya sangan melonjak hasil belanja hanya berapa item saja. Supaya keuangan terkontrol dalam memenuhi kebutuhan hidup lebih baik belanja online. 



Kenapa harus belanja Online? 
Berbelanja online merupakan salah satu cara menghemat budget kita dalam belanja. Do It Online!!!
Karena melalui belanja online secara otomatis kita sudah mengurangi cost untuk transportasi/bensin kendaraan.Kita dapat memanfaatkan sale makes sense tetapi jangan sampai kalap berbelanja. Bisa menahan lapar mata dan kita berbelanja sesuai dengan keperluan rumah tangga. Lebih irit belanjanya dan tentu bebas macet tidak boros waktu.


Cara tangkis mengatur keuangan selama bulan ramadhan :
1. Buat anggaran ramadhan. Listing apa saja keperluan ramadhan. 
2. Punya Bank Dana Darurat. Kita harus memiliki bank dana darurat supaya saat terjadi apa-apa kita siap secara keuangan. 
3. Rencanakan keinginan. Wishlish kita saat bulan ramadhan sampai lebaran. 
4. Cerdas Berbelanja. Membeli apa saja kebutuhan prioritas utama. 
5. Do it Online (berbelanja online) memanfaatkan promo ramadhan. 


Wah seru banget ya tips dan trik mengelola keuangan dari Mba Prita belanja online itu Saving Time dan Saving Money banget tidak lapar mata lagi. Nah, sudah pasti banget kita tahu yang namanya mengelola keuangan dan belanja online masa kini. Oleh sebab itu, kalau ada sesuatu yang bisa memudahkan pekerjaan kita ikuti saja yang berdampak positif. Apalagi dijaman era teknologi canggih belanja di supermarket melalui gadget sangat mendukung kebutuhan lifestyle. 





Happy Fresh salah satu online shopping yang mendukung semua kebutuhan rumah tangga. Mba Emi selaku Marketing Branch Happy Fresh akan memaparkan kenapa kita harus menggunakan Happy Fresh belanja online kebutuhan rumah tangga dan fitur apa saja dalam aplikasi mendukung customer. Happy Fresh akan memberikan kemudahan dalam berbelanja dan fitur-fiturnya lengkap. Jangan takut meskipun online Happy Fresh selalu mengutamakan kepuasan customer.


Kenapa belanja harus Happy Fresh? 
1. Harga semua item barang sama dan sesuai dengan harga supermarket. 
2. Memiliki banyak branch supermarket. Jadi tidak terpaku pada satu supermarket saja. 
3. Terdapat promo khusus bulan ramadhan top sell. 
4. Happy Fresh menyediakan donasi belanja buat saudara kita yang membutuhkan. Denga cara menyumbangkan belanjaan kita. 
5. Shop it forward adalah program terbaru Happy Fresh untuk donasi kita kepada yang membutuhkan. 
6. Kita bisa mengatur waktu pengiriman belanja sesuai dengan jadwal diantar sampai ke alamat tinggal kita. 
7. Happy Fresh memiliki shopper-shopper yang akan membelanjakan belanjaan kita dan sudah pasti akan memilih kualitas bagus seperti buah, sayur dan kebutuhan lainnya. 





Apa saja fitur terbaru Happy Fresh? 
Fitur terbaru Happy Fresh adalah 
Fitur Past Order and Past Item. Kita bisa melihat belanjaan sebelumnya, riwayat belanjaan sebelumnya. Jika mau membeli barang tersebut tinggal menambahkan ke keranjang belanja. Fitur Your List. Memudahkan kita melihat item-item belanjaan. Fitur pengiriman bisa dijadwalkan sampai 5 hari kedepan.


Wah, sangat seru ya pembahasan tentang keuangan dari pakarnya dan belanja online melalui Happy Fresh sangat aman memuaskan. Yuk dari sekarang kita perempuan lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan dan memaksimalkan gadget membelanjakan kebutuhan rumah tangga secara online. Jadilah kita ibu yang bijak dan laksana dalam mengatur keuangan dan kebutuhan bulanan keluarga kita. 
Happy Fresh is the Best Online Shopping now. 

Tidak ada komentar:

The British Institute Tempat Anak Les Bahasa Inggris Terbaik di Cibubur dan Kota Wisata Untuk Masa Depan Nanti

Siapa yang bilang belajar bahasa inggris itu hanya untuk anak sekolah? Siapa bilang emak-emak enggak perlu belajar Bahasa Inggris? Kenyataan...