Minggu, 22 Oktober 2023

8 Prestasi Ganjar Pranowo Patut Diacungkan Jempol Menuju Calon Presiden



Pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin negara Republik Indonesia beberapa bulan kedepan akan kita laksanakan. Pencalonan pasangan presiden dan wakil presiden pun sudah ramai diberitakan di semua lini media. Namun perlu ditekankan kepada kita harus lebih bijaksana dalam menentukan pilihan. Menimbang menilai calon dari segi visi misi, prestasi dan kinerjanya. Apalagi pemilihan presiden dan wakil presiden selalu meriah dan atusias


8 Prestasi Ganjar Pranowo Patut Diacungkan Jempol Menuju Calon Presiden
8 Prestasi Ganjar Pranowo Patut Diacungkan Jempol Menuju Calon Presiden 



Belakangan ini saya sangat tertarik dengan kepemimpinan H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P. yang mencalonkan diri sebagai presiden. Bapak ganteng berambut putih ini ternyata seorang tokoh bangsa yang memiliki berbagai prestasi dalam kepemimpinan maupun membuat kebijakan di parlemen maupun di daerah. Sehingga saya pun penasaran siapa dan seperti apa prestasi beliau?.



Siapa Bapak Ganjar Pranowo?


Calon Presiden berprestasi Ganjar Pranowo lahir pada 28 Oktober 1968 dari keluarga sederhana di sebuah desa di lereng Gunung Lawu, Karanganyar dari ayah bernama Parmudji Pramudi Wiryo dan ibu bernama Sri Suparni. Ayah Ganjar Pranowo merupakan seorang polisi dan sempat ditugaskan dalam operasi penumpasan gerakan PRRI di Sumatra Tengah (Sumatra Barat, Riau, dan Jambi sekarang).


Memasuki SMP, Ganjar dan keluarganya pindah ke Kutoarjo untuk mengikuti tempat tugas ayahnya. Lulus dari sekolah menengah pertama melanjutkann ke jenjang SLTA di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Di SMA, beliau aktif dalam kegiatan kepramukaan yakni Dewan Ambalan. Menjelang kelulusan SMA di tahun 1980-an, sang ayah pensiun dari kedinasannya di Polri Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, ibu Ganjar sempat membuka warung kelontong, sementara beliau sempat berjualan bensin di pinggir jalan.


Kemudian beliau melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Dengan mengikuti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) serta kegiatan pecinta alam memiliki banyak organisasi. Selama kuliah di UGM, Ganjar mengaku sempat cuti kuliah selama dua semester akibat tidak memiliki biaya untuk perkuliahan. Ganjar Pranowo lulus dari Fakultas Hukum. Akibat dari kegigihannya menggali ilmu, beliau juga meraih gelar S2 (master) di jurusan Ilmu Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. 





Karir Ganjar Pranowo


Ganjar menjadi sapaan akrabnya dengan sosok yang penuh ramah bersahabat memiliki senyum manis dan segudang prestasi yang memukau. Selama perjalanan karirnya di dunia kerja dan politik pun berjalan mulus dan menuai berbagai prestasi.


Ganjar awalnya bekerja di lembaga konsultan HRD di Jakarta yaitu PT Prakasa. Selain itu, ia juga pernah bekerja di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti. 


Dengan mengawali karir politiknya bermodalkan aktif di GMNI dan mengagumi Soekarno, Ganjar awalnya menjadi simpatisan salah satu partai. Ganjar akhirnya memilih berkarier di politik lewat Partai PDI Perjuangan. Sehingga beliau menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan periode 2004–2009 dan 2009–2013. Dengan keyakinan kuat mengejar cita-citanya, Ganjar yang dinobatkan sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) selama dua periode hingga kini.


Karir yang memukau telah diraih oleh Ganjar Pranowo
Karir yang memukau telah diraih oleh Ganjar Pranowo



Jiwa kepemimpinan beliau pun semakin meningkat dengan menjadi Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id). Saya sangat kagum, semua karir yang dicapai beliau berkat kegigihannya membawa harum nama Indonesia.


Ganjar juga pernah ditempatkan pada Pansus (Panitia Khusus) RUU Partai Politik sebagai ketua panitia khusus, anggota Badan Legislasi DPR RI, dan Ketua Panitia Khusus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI. Sudah terlihat track record politik beliau ketika menekuni dunia politik.


Selain itu kepemimpinan Ganjar pun meninggalkan jejak terbaik melalui jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013. Kemudian kembali menjadi Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018-2023. Berbagai usaha dan kebijakannya telah berhasil memberikan dampak positif bagi wilayah Jawa Tengah dan masyarakatnya secara keseluruhan.


Selama menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar memiliki prestasi utama adalah dalam pembangunan infrastruktur. Gubernur Ganjar sangat serius dalam meningkatkan kualitas jalan, jembatan, dan sarana transportasi. Dengan infrastruktur yang ditingkatkan, pergerakan orang dan barang di seluruh wilayah Jawa Tengah menjadi lebih lancar. 


Melalui masa jabatannya, kini kita bisa lihat perkembangan Jawa Tengah sekarang ke tempat-tempat jauh dengan lebih mudah dan cepat. Jalan-jalan yang baik ini juga membantu semua warga baik petani dan pedagang mengirim hasil pertanian dan barang dagangan dengan lebih lancar.


Sungguh luar biasa karir yang digapai oleh Bapak Ganjar Pranowo, dan menurut saya sangat layak menjadi calon presiden. Berangkat dari karir serta prestasi yang di dulang beliau bisa bertanggungjawab menggapai di dalam tangannya kehidupan ratusan juta masyarakat Indonesia mulai dari perkotaan hingga pelosok nusantara. Yang menjadi pertanyaannya apa saja prestasi yang sudah ditempuh beliau sehingga seluruh masyarakat Indonesia yakin memilih sebagai presiden pemilu mendatang?.


Deretan Prestasi Ganjar Pranowo ketika Memimpin Jawa Tengah
Deretan Prestasi Ganjar Pranowo ketika Memimpin Jawa Tengah



8 Prestasi Ganjar Pranowo Patut Menjadi Calon Presiden


Pada 21 April 2023 kemarin, Ganjar Pranowo ditunjuk oleh PDI Perjuangan sebagai Calon Presiden Indonesia 2024. Melihat bebet bibit bobot dari pribadi serta karakter Ganjar Pranowo sangat layak menjadi pemimpin Indonesia membawa negara ini jauh lebih maju lagi. Karena apa yang sudah dilakukan beliau selama di dunia kerja dan politik layak diacungkan jempol menuju pencalonan presiden. 


Ungkapan mengatakan suksesnya suatu negara merupakan bagaimana tanggungjawab dari seorang pemimpin terhadap masyarakatnya. Flashback kepemimpinan Ganjar Pranowo meyakinkan semua pendukung, simpatisan dan masyarakat Indonesia mendukung beliau menjadi calon pemimpin negara ini pemilihan tahun 2024.


Berikut prestasi Ganjar Pranowo yang sangat layak menjadi pemimpin mendatang.


1. Jenjang Karir

Dalam dunia kerja dan politik, Ganjar Pranowo telah membuktikan jenjang karir berprestasi, kooperatif dan positif. Terlihat dari menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama 2 periode. Berbagai usaha dan kebijakannya telah berhasil memberikan dampak positif bagi wilayah Jawa Tengah dan masyarakatnya secara keseluruhan. 


2. Pemerintahan Berintegritas

Kepemimpinan Ganjar di Provinsi Jawa Tengah dinobatkan menjadi provinsi paling berintegritas versi KPK pada tahun 2020 dan 2021, dan menjadi Juara Umum antikorupsi KPK tahun 2019 dan 2020. Ganjar Pranowo sudah menyelamatkan uang negara sebesar Rp1 triliun melalui E-Budgeting. Tentu pemimpin seperti ini yang sangat diharapkan negara dan masyarakat yang ada di dalamnya. Membawa negara ini jauh lebih baik.


3. Pelayanan Publik dan Kualitas Pemerintahan

Dengan kemajuan teknologi berbasis online, Ganjar juga menerapkan teknologi untuk membantu masyarakat. Program administrasi berbasis online dan aplikasi jauh lebih mudah melalui program e-governance untuk mencegah tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme khususnya masyarakat Jawa Tengah bisa mendapatkan informasi dari pemerintah dengan lebih cepat, mudah dan sederhana. Sampai saat ini, Jawa Tengah telah memiliki 28 Mal Pelayanan Publik (MPP). Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di Indonesia. Kehadiran MPP membuat pelayanan kepada masyarakat menjadi mudah, murah, dan cepat.


4. Program Pembangunan Infrastruktur

Ganjar Pranowo membangun berbagai infrastruktur penyangga publik, antara lain Tol Trans Jawa, Jalan Nasional, dan Provinsi sepanjang 10.942 KM, serta pembangunan jembatan. Sekitar 1135 embung desa juga telah dibangun oleh pemerintahan Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan air yang cukup untuk masyarakat. Tentu dengan adanya pemikiran pemimpin yang lugas dan berkarakter seperti beliau meningkatkan infrastruktur negara ini kedepannya.


5. Pemberantasan Kemiskinan dan Stunting

Ganjar Pranowo menggencarkan program micro-targeting guna mengatasi kemiskinan hingga tingkat desa. Perangkat desa diminta memastikan data kemiskinan yang valid, seperti data ibu hamil, ibu hamil berisiko tinggi, potensi stunting, kurang gizi, penyandang disabilitas, rumah tidak layak huni, air bersih, dan penerangan.


6. Meningkatkan Sektor Pariwisata

Jawa Tengah memiliki banyak tempat panorama wisata. Dengan kekaguman tempat wisata yang semakin maju berkat kinerja Ganjar Pranowo semasa jadi Gubernur Jawa Tengah mendapatkan anugerah dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di tahun 2021 sebagai “Provinsi Pelopor Anak” melalui program “Jo Kawin Bocah” dan “Jogo Konco”. Jawa Tengah berhasil menjadikan 100 persen kabupaten/kota layak anak serta upaya pencegahan pernikahan dini dan mendorong masyarakat untuk menikah di usia matang. 


7. Pertumbuhan Investasi

Ganjar Pranowo terus berupaya mendongkrak pertumbuhan investasi. Ganjar memancing para investor melalui Koridor Ekonomi Perdagangan, Investasi, dan Pariwisata (Keris) Jateng. Keris Jateng merupakan forum koordinasi antara satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Jateng dan Bank Indonesia untuk menguatkan layanan, promosi, dan kebijakan investasi agar lebih profesional dan proaktif. Forum yang dibentuk sejak 2018 terbukti bisa menarik investor sekaligus meningkatkan daya saing global dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi.


8. Meningkatkan Taraf Hidup Pertanian

Ganjar Pranowo terus berupaya menciptakan tata kelola pertanian terbaik, sehingga menguntungkan petani sebagai produsen dan masyarakat umum selaku konsumen. Untuk menciptakan tata kelola tersebut, Ganjar membuat program Kartu Tani sejak 2015. Supaya para petani semakin semangat mengelola lahan dengan baik untuk menghasilkan pangan terbaik bagi masyarakat.



Dan masih banyak prestasi yang telah dicapai oleh Ganjar Pranowo. Besar harapan melalui jejak prestasi ini, beliau lebih lagi diberkati oleh yang Maha Kuasa untuk meningkatkan taraf hidup rakyat Indonesia. Melalui komitmen beliau dalam membangun masa depan yang lebih baik untuk Indonesia. Pembangunan infrastruktur, penerapan teknologi dalam pelayanan publik, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan pelestarian lingkungan adalah contoh-contoh bagus dari usaha yang positif yang bisa diterapkan nanti untuk generasi maju.


Ganjar Pranowo Patut Diacungkan Jempol Menuju Calon Presiden
Ganjar Pranowo Patut Diacungkan Jempol Menuju Calon Presiden 



Ganjar Pranowo juga terlihat aktif turun mengunjungi masyarakat secara face to face dan lebih akrab berbagai lembaga, komunitas adat, ormas, hingga bersilaturahmi dengan para pemuka seluruh agama dalam mendiskusi masa depan Indonesia. Bahwa melalui pendekatan beliau akan semakin paham keinginan dan masukan dari masyarakat.


Ganjar Pranowo yakin jika Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dengan bonus demografi yang luar biasa. Maka dari itu, setiap berbagai kesempatan Ganjar Pranowo selalu menekan bahwa peran anak muda sangat berkontribusi besar untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.



#GanjarPranowo#JawaTengah#Pilpres2024#Pemilu2024 #Capres2024

 

Tidak ada komentar:

The British Institute Tempat Anak Les Bahasa Inggris Terbaik di Cibubur dan Kota Wisata Untuk Masa Depan Nanti

Siapa yang bilang belajar bahasa inggris itu hanya untuk anak sekolah? Siapa bilang emak-emak enggak perlu belajar Bahasa Inggris? Kenyataan...