Sabtu, 05 Maret 2022

5 Tips Membeli Rumah Impian Buat Pasangan Muda Masa Kini




Memiliki rumah atau tempat tinggal adalah kebutuhan paling utama dalam memulai sebuah mahligai rumah tangga. Seperti yang saya alami baru-baru ini. Saya dan calon suami berencana bulan depan akan melangsungkan pernikahan. Akan tetapi bulan ini kami sudah mempunyai peer untuk mencari dan memiliki hunian yang aman serta nyaman. Supaya selesai pemberkatan nikah nanti kami sudah bisa tinggal di rumah impian yang sudah kami siapkan dari sekarang.



Apakah semudah membalikkan tangan untuk membeli dan mendapatkan rumah?



Tentu jawaban saya dan calon suami “gampang-gampang susah!”. Butuh effort, waktu dan tenaga. Memilih rumah itu sama halnya dengan memilih pasangan. Nggak boleh asal ada rumah. Tetapi memilih hunian humanis harus aman, nyaman, strategis dan harga terjangkau. Yang paling terpenting ada chemistry atau ketertarikan saat pandangan pertama.




Oleh sebab itu, jangan asal dan sembarangan memilih dan membeli rumah pasangan muda. Ada beberapa hal krusial yang harus dipikirkan secara matang sebelum membeli hunian awal pernikahan dengan sukses. Apa saja sih? 




Berikut 5 tips membeli rumah impian pertama bagi pasangan muda.


1. Pilih lokasi, fasilitas, dan lingkungan sekitar yang sesuai

Dalam membeli rumah sebagai hunian ternyaman terlebih dahulu menentukan lokasi. Karena lokasi akan mempengaruhi harga rumah. Lokasi yang strategis tentu menyesuaikan dengan harga. Bisa dikatakan lokasi rumah juga menentukan budget.


Saya dan calon suami sudah memilih beberapa lokasi rumah yang ingin kami beli supaya ada pertimbangan. Setelah itu kami membandingkan fasilitas, dan lingkungan sekitar. Walaupun lokasi rumah dipinggiran kota tapi memiliki akses yang mudah untuk transportasi publik dan fasilitas sosial dekat dengan lokasi kerja. Kalau sudah dapat rumah yang aksesnya mudah dan dekat dengan kantor jauh lebih saving money buat nambah-nambahin tabungan rumah tangga.

Ruumah murah, rumah subsidi, design modern
lokasi akan mempengaruhi harga rumah. Lokasi yang strategis tentu menyesuaikan dengan harga. Bisa dikatakan lokasi rumah juga menentukan budget.




2. Perlu diperhatikan developer terpercaya

Sekarang ini kan lagi maraknya perumahan bodong. Setelah akad naik ternyata developernya tidak jelas atau bermasalah dengan serikat tanah. Nah perlu juga dipertimbangkan developernya apakah real developer terpercaya. Sebelum membeli rumah sangat penting memastikan latar belakang developer yang mengembangkan perumahan yang kita tuju. 


Poin penting juga bagi saya dan calon suami untuk mengetahui developer rumah yang ingin kami beli. Sudah berapa banyak hunian yang sukses dikembangkan developer itu?  Apakah nama developer sudah dikenal? Bagaimana dengan surat izin pembangunan properti dan legalitas bangunan properti di hunian tersebut?. Supaya saat akad nanti dan rumah tersebut sudah menjadi hak milik tidak ada masalah dikemudian nanti.



 3. Pertimbangkan harga rumah sesuai material developer

Budget adalah hal yang krusial dan terpenting juga dalam membeli rumah. Tanpa budget kita tidak bisa menentukan rumah mana yang akan dibeli. Disinilah kita konsen mempertimbangkan harga yang ditawarkan developer, apakah harga tersebut sudah sesuai dengan rumah yang dikembangkan?
 

Akhirnya saya dan calon suami pun belajar ala-ala tukang bangunan menyesuaikan bahan material yang sesuai dengan harga yang ditawarkan developer. Mulai dari kualitas material hingga harga pun kami perhitungkan.



4. Sesuaikan dengan budget rumah tangga

Dalam membeli rumah tentu kita sudah siapkan dana sesuai dengan budget. Supaya tidak terjadi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Budget juga menentukan rumah nyaman dan aman sesuai isi kantong yang dimiliki.


Seperti pengalaman saya dan calon suami memiliki budget tidak terlalu besar. Sehingga kami pun mencari dan membeli rumah sesuai dengan pendapatan. Bisa juga mempertimbangkan rumah subsidi dengan harga terjangkau. Yang terpenting membeli rumah subsidi dengan legalitas tanah dan reputasi developer terpercaya. 



5. Perhitungkan promo, diskon, besaran uang muka dan item free yang diberikan developer

Biasanya pihak developer menawarkan rumah dengan berbagai promo, diskon, down payment (DP) bisa dibayar cicil dan lain sebagainya. Sangat banyak penawaran menarik yang diberikan developer termasuk free biaya BPHTB, free pajak KPR, bunga bank flat 3 tahun dan lain sebagainya. 


Rumah yang akan saya dan calon suami persiapkan pun dengan sistem kredit. Maka kami sudah pertimbangkan besarnya uang muka yang bisa dibayarkan. Tidak hanya itu kami harus bisa memastikan membayar sisa angsuran-angsuran selanjutnya dari uang muka yang disepakati di awal.




Kota Baru Parahyangan Hunian Harmonis Pasangan Muda Masa Kini


Setelah saya dan suami beberapa minggu lalu searching dan tanya ke beberapa teman, kami menemukan hunian yang sangat keren di Kota Baru Parahyangan yang letaknya di Kota Kembang Bandung. Jadi teringat dulu masa-masa saya kuliah tahun 2005 di kota yang sering disebut dengan Mojang Parahyangan ini. 

Kota Baru Parahyangan Hunian Harmonis Pasangan Muda Masa Kini
Kota Baru Parahyangan Hunian Harmonis Pasangan Muda Masa Kini




Kota Baru Parahyangan merupakan kota mandiri berwawasan pendidikan yang terletak di kawasan Bandung Raya. Tentu kita sudah mengetahui Kota Kembang ini sudah terbukti sebagai kota pendidikan mulai dari universitas negeri maupun universitas swasta bergengsi dengan berbagai fasilitas hingga lembaga pendidikan non-formal Bale Seni Barli lengkap disini.


Perumahan Kota Baru Parahyangan yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini memiliki dua konsep rumah yang sangat menarik yaitu “Tatar Tarubhawana” dan “Nayapati Asri”. Rumah yang dibangun dengan hunian lantai 2 dengan desaign modern. Kota Baru Parahyangan juga telah terintegrasi dengan rumah sakit hingga IKEA sebagai tempat perbelanjaan terbaik. Fasilitas menarik yang bisa dinikmati di Kota Baru Parahyangan antara lain Area Bermain, Pusat Olah Raga, Convention Center, Pusat Perbelanjaan, Lapangan Golf, Mesjid, Hotel, Kolam Renang Anak, Sekolah. 


Seperti impian saya dan calon suami, ingin memiliki rumah yang fasilitasnya lengkap. Jadi butuh apa-apa serba ada dan mau bepergian kemanapun serba dekat.


Kota Baru Parahyangan sendiri dikembangkan dengan konsep sustainable development yang ramah lingkungan dengan taman “Sience of Trees” tematik di dalamnya. Sedangkan letaknya yang berada di dataran tinggi, memberikan perumahan ini suhu yang sejuk sekaligus udara yang bersih. Dengan harga terjangkau dan system KPR murah. 


Kota Baru Parahyangan memiliki konsep termodern sesuai dengan harapan pasangan muda masa kini dilengkapi dengan “Eco Smart House” termodern untuk menghemat tenaga listrik. Tentu sangat menunjang gaya hidup sehat dengan lingkungan yang asri yang sudah saya dan calon suami harapkan.


Setelah saya dan calon suami menemukan kesepakatan dan setuju dengan ketentuan developer. Kami pun mulai menghitung biaya yang akan kami bayarkan diawal dan cicilan setiap bulannya. Karena kebutuhan dalam memulai tinggal di rumah pertama pun sangat banyak. Kami juga perlu menyisihkan uang untuk membeli perabotan baru dan keperluan rumah tangga lainnya. Intinya kami harus menyisihkan setiap bulan untuk membayar KPR rumah.


Enaknya berhubungan langsung dengan developer, kami bisa bertanya berbagai informasi mengenai hunian yang paling sesuai dengan keinginan dan budget. Seperti yang saya dan calon suami inginkan membeli rumah itu harus ada chemistry nya. So, Kota Baru Parahyangan salah satu chemistry saya dan calon suami.

7 komentar:

OutBox mengatakan...

Semoga nanti kalo ada rejeki bisa beli rumah dlu..
Refrensi nya tak keep .. terima kasih yow mbak, kebetulan jg lg nyari² nih

Rindang Yuliani mengatakan...

Tentu saja harga adalah pertimbangan utama untuk beli rumah bagi pasangan muda. Rumah pertama tidak apa-apa terbatas dulu yang penting harganya masuk kantong.

nurul rahma mengatakan...

Nah bener banget pasangan muda kadang clueless gimana klo mau beli rumah/properti impian

tips ini sangat ngebantu banget!

lendyagassi mengatakan...

Impian banget memiliki rumah di Kota Baru Parahyangan.
Yang aku rasakan ketika ke KBP adalah lingkungan, fasilitas dan keamanannya juara banget. Rasanya kalau ke KBP betah banget.. Kota mandiri yang semua kebutuhan sehari-hari serba terjangkau.

tomi mengatakan...

setelah lihat review di google lainnya, keliatannya perumahan Kota Baru Parahyangan keliatannya menarik juga karena lokasinya cukup strategis dan kalau dilihat di websitenya juga grand desain perumahannya bagus. Ini developernya siapa ya kak kalau boleh tau?

Tomi Purba mengatakan...

eh komentarku masuk tidak ya kak?

Diah Kusumastuti mengatakan...

Kalau udah ada chemistry sama rumah yg mau dibeli, kayaknya akan betah di rumah baru itu dan jadi gak beban juga ya bayar cicilannya, hehe.
Kota Baru Parahyangan ini tampaknya memang keren banget, cocok untuk pasangan muda :)

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Bersama Cokelat Premium Lokita Indonesia

Kesehatan Mental adalah kunci utama dalam menjalani hidup. Ibarat kata kalau putus harapan sama saja tidak punya tujuan hidup. Kalau kita na...