Sabtu, 18 Desember 2021

Persiapkan dan Rencanakan Hari Tua Bahagia dengan Dana Pensiun DPLK Manulife

 

Danau Toba



Masa tua itu pasti, tabungan pensiun sejak dini itu wajib. Kata-kata ini selalu aku dapatkan dari orangtua yang sudah memasuki usia delapan puluhan. Melihat orangtua menikmati masa tua dengan sehat saja sudah bahagia rasanya. Persiapan masa tua mereka hasil tabungan gaji pegawai negeri sipil yang selalu dikumpulin setiap bulannya. Betapa masa tua yang aku idamkan masih jauh dari masa tua mereka. Aku jadi terpikirkan untuk merencanakan hari tua bahagia dengan menyiapkan dana pensiun.



Melihat kebahagiaan orangtua menikmati hari tuanya menyadarkan aku, bahwa hari tua yang bahagia tentu dimulai dari pensiun yang terencana. Sungguh indah rasanya bisa menghabiskan masa tua di tempat impian seperti kampung halaman. Untuk mencapainya tentu bukan hal mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan dengan matang.





Masa Tua yang Bahagia dimulai dari Pensiun yang Dipersiapkan dan Terencana 



Semua manusia memiliki impian masa tua yang tenang dan sejahtera. Bahagia menikmati masa tua baik dengan tabungan pensiun, dekat dengan keluarga, bisa bermain bersama cucu dan tidak memberatkan dana pada anak-anak. Seperti yang dirasakan orantuaku bahagia menikmati purna usia tua. Begitu juga kami anak-anaknya ingin masa tua nanti seperti mereka yang harus dipersiapkan dan direncanakan dari sekarang. 


Masa Tua yang Bahagia dimulai dari Pensiun yang Terencana




Hal ini tentunya menjadi self reminder banget bagi pribadi aku, betapa pentingnya memiliki dana pensiun yang cukup agar mandiri di masa tua. Dan pelajaran juga buat aku nantinya dimasa tua tidak menitik beratkan anak-anakku. Karena hidup kita hari esok, kita sendiri menentukannya dari sekarang. Makanya masa tua aku nanti haruslah direncanakan dengan matang dan konsisten menabung. 



Kesempatan luar biasa beberapa hari yang lalu, aku mengikuti Blogger Gathering bersama Manulife Indonesia yang membahas tentang Mempersiapkan Tabungan Pensiun di Hari Tua. Acaranya dikemas dengan seru dan menyenangkan secara virtual. Banyak banget pelajaran dan ilmu yang aku dapatkan dari acara itu. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang makin sadar terkait pentingnya persiapan dan perencaaan pensiun yang menjamin hari tua. Yang ke depannya nanti tentu hidup jauh lebih sulit dan kompetitif dari saat ini.



Permintaan untuk menabung dana pensiun pun meningkat tajam. Terbukti dari Manulife Indonesia melakukan Manulife Asia Care Survey pada November 2020 lalu, minat tinggi terhadap perencanaan masa pensiun ini berkaitan dengan kekhawatiran yang dirasakan terhadap kemungkinan menurunnya kesejahteraan akibat Covid-19. Aku sendiri sangat merasakannya sulitnya perekonomian di usia yang masih produktif sekarang ini.




Pentingnya Menyiapkan dan Merencanakan Dana Pensiun 


Terkadang aku berpikir masa pensiun itu nanti saja dipikirkan setelah menua nanti. Sekarang menikmati hidup aja dulu mumpung masih produktif kerja dan uang belum terbatas. Tetapi pikiran aku sekarang terbuka setelah mengikuti Blogger Gathering kemarin, aku jadi sadar bahwa mainset gaya hidup harus dirubah dan kualitas hidup juga harus ditingkatkan. 



Kebanyakan pengetahuan dari masyarakat seperti aku bahwa menyiapkan dana pensiun bukan suatu hal mendesak yang harus dipenuhi saat ini. Urusan pensiun bisa nanti-nanti saja. Hal itulah yang membuat aku terkadang terlena dan abai menyiapkan dana pensiun yang saat ini sudah terpikirkan untuk menyiapkan tabungan hari tua sejahtera. Setuju, pensiun itu bukan bagaimana nanti, tapi nanti bagaimana. 



Setelah ikutan Blogger Gathering kemarin, aku jadi paham betapa Pentingnya Menyiapkan dan Merencakanan Dana Pensiun sedari dini : 

1. Saat lansia kita sudah tidak memiliki penghasilan atau sudah tidak produktif bekerja.

2. Lansia juga rentan terserang penyakit kritis dan biaya berobat semakin mahal.

3. Lansia juga rentan jadi orang terlantar karena tidak adanya tabungan pensiun.

4. Kebutuhan hidup bisa meningkat saat usia melampaui angka harapan hidup. 


Blogger Gathering
Blogger Gathering bersama Manulife Indonesia yang membahas tentang Mempersiapkan Tabungan Pensiun di Hari Tua




Sekarang masyarakat awam banyak yang bertanya bagaimana cara atau langkah mempersiapkan dana pensiun?



Pertanyaan dan butuh jawaban yang tepat dan berkualitas tentunya. Mumpung masih muda dan produktif, sebaiknya manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan pundi-pundi, aset dan dana pensiun supaya masa tua jadi aman dan tentram. 




Apa saja yang harus dilakukan saat mempersiapkan dana pensiun yang kita butuhkan masa tua nanti? 



1. Hitung dan Cari Tahu Apa Saja Kebutuhan di Masa Pensiun 

Mencari tahu kebutuhan apa saja yang akan ditempuh pada masa pensiun. Karena berdasarkan kebutuhan inilah akan muncul berapa jumlah pengeluaran nantinya. Buatlah perhitungan secara rinci mengenai berapa yang dibutuhkan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, perawatan hunian, serta tanggungan, dan sebagainya. 



Hitung juga berapa biaya pengeluaran yang akan dialokasikan untuk refreshing dan hal-hal yang menyangkut gaya hidup perlu dinikmati masa tua nanti. Selalu ingat bahwa, untuk bisa mendapatkan kenyamanan di hari tua, kita harus memperhitungkan kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi ketika sumber pendapatan berhenti. 




2. Tentukan Kapan Akan Pensiun 

Sekarang makin banyak orang yang memutuskan untuk pensiun di usia muda. Ada yang mulai membuka usaha, berinvestasi dan berbisnis. Namun agar tetap dapat melanjutkan hidup dengan nyaman, dibutuhkan strategi keuangan khusus. Mulai dari estimasi perhitungan usia produktif dan dana yang ditabung untuk masa pensiun nanti.



Sebagai contoh perhitungannya : sekarang ini aku berusia 34 tahun dan berkeinginan untuk pensiun di usia 60 tahun. Jadi, aku memiliki rentang waktu 26 tahun untuk berinvestasi mengumpulkan dana pensiun. Jika usiaku panjang hingga 80 tahun, berarti dana pensiun yang harus aku kumpulkan masa tua nanti selama 20 tahun.



Misalnya setiap bulan aku harus menyisihkan uang Rp 5 juta per bulan dengan berinvestasi pada instrumen dengan menghasilkan imbal hasil 15% per tahun. Maka dalam 26 tahun, tabungan pensiun yang berhasil aku kumpulkan adalah Rp 5 miliar. Dengan nilai tabungan pensiun segini cukuplah untuk masa tua yang sejahtera, bahagia dan sesuai dengan masa pensiun terencana. 




Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Secara Cepat dan Aman untuk Pekerja dan Freelancer 


Hari esok penuh misteri Tuhan, tidak akan ada yang tahu. Bisa saja mulus berjalan seperti biasa atau diperhadapkan dengan risiko. Who knows? Dengan getar-getirnya perekonomian sekarang tidak luput banyak perusahaan melakukan pemutusan hak kerja bagi karyawannya bisa terjadi kapan saja. Ditambah lagi wabah pandemi Covid-19 atau wabah yang mematikan yang tidak kunjung selesai . Disinilah peran dana darurat dan tabungan pensiun sangat dibutuhkan. 


Investasi Manulife Indonesia
Sebagai freelancer pun dana pensiun sangatlah penting DPLK Manulife seperti MiFuture Income Protector (MiFIP) dan MiGolden Retirement



Seperti yang aku alami saat ini sebagai pekerja dan freelancer. Tabungan atau dana pensiun sangat penting! Meskipun sebagai karyawan fasilitas dari kantor tidak cukup untuk menghadapi tren gaya hidup dan masa pensiun nanti. Oleh sebab itu kita sendiri perlu perhitungan finansial yang matang sejak awal, dan mempersiapkan dana pensiun yang menjamin hari tua. 



Ada beberapa tips mengumpulkan dana pensiun secara cepat dan aman untuk pekerja dan freelancer yang bisa dilakukan dengan mudah :

1. Pemasukan bervariasi, jadi usahakan pengeluaran tetap stabil tidak melebihi budget.

2. Hitung kebutuhan masa tua yang memang sangat dibutuhkan.

3. Gunakan strategi pengumpulan dana pensiun dengan memilih instrument investasi sesuai profil risiko dan ikut serta dalam program dana pensiun individu DPLK Manulfe yaitu MiGolden Retirement yang sangat menguntungkan.

4. Disiplin menyisihkan dana setaip bulan, jika perlu siapkan rekening terpisah khusus untuk dana pensiun. 




Menikmati Hari Tua Bahagia dengan Dana Pensiun Terencana dari DPLK Manulife Indonesia 



Beginilah beruntung dan pentingnya mengikuti acara edukasi mempersiapkan hari tua dengan tabungan pensiun Manulife Indonesia. Karena fasilitas investasi DPLK Manulife tabungan pensiun lengkap dan jelas, kita bisa memiliki asuransi yang melindungi keuangan di hari tua yang aman dan sejahtera. 


Menikmati Hari Tua Bahagia dengan Dana Pensiun Terencana dari DPLK Manulife Indonesia
Menikmati Hari Tua Bahagia dengan Dana Pensiun Terencana dari DPLK Manulife Indonesia 



Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya. 



Perlu diketahui bahwa DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994. Sementara itu, performa DPLK Indonesia tetap bertahan di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional di Indonesia dengan total aset kelolaan DPLK sebesar Rp 21 miliar dan pertumbuhan yang meningkat sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga akhir 2020, program DPLK Manulife Indonesia diikuti oleh lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan. 



Baik pekerja atau freelancer bisa memiliki dana pensiun dan perlindungan hari tua dari DPLK Manulife seperti MiFuture Income Protector (MiFIP) dan MiGolden Retirement. 



MiFuture Income Protector (MiFIP) adalah produk dari Manulife Indonesia yang akan memberikan penghasilan di hari tua hingga delapan kali dari total Dana Mapan. Selain itu, MiFIP juga memiliki perlindungan risiko kematian dan kecelakaan hingga 100 persen dari Dana Mapan. 


Income Pendapatan Masa Pensiun Asuransi
Dana pensiun dan perlindungan hari tua dari DPLK Manulife seperti MiFuture Income Protector (MiFIP) dan MiGolden Retirement




Untuk yang ingin pensiun lebih cepat, ada MiGolden Retirement yang dapat membantu mempersiapkan tabungan pensiun bahkan kalau kita berniat untuk pensiun di usia 40 tahun sekalipun! Belum lagi, manfaat pensiun juga bisa diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, jika yang tertanggung meninggal dunia. 



Bersyukur banget sekarang jadi makin sadar pentingnya punya tabungan pensiun, supaya kelak anak-anak kita nggak menjadi generasi sandwich yang harus terbebani biaya hidup orang tua masa kini. Just reminder! Gunakan masa muda produktif untuk ngumpulin tabungan pensiun. Sehingga hidup bahagia #SemakinHariSemakinBaik dan bebas finansial dengan #DPLKManulife. Detailnya langsung cek www.manulife.co.id ya!

12 komentar:

Maya Siswadi mengatakan...

Pensiun bisa juga dinikmati freelancer ya asal tahu cara mengelolanya

Helenamantra mengatakan...

Gede juga yah Dana pensiun yang perlu disiapkan di usia produktif. Maunya juga gitu supaya nanti Dana kebutuhan sehari-hari aman, enggak memberatkan keluarga. Memang perlu dipersiapkan sedini mungkin

Taznia mengatakan...

Bener banget sejak dini harus persiapkan untuk hari tua ya. Karena saat menua nanti kita sudah siap menjalani sisa umur.

Arif Tukang Review mengatakan...

Saya belum mempersiapkan dana pensiun, semoga ada rejeki untuk mulai menyimpan dana pensiun terima kasih sudah mengingatkan mbak

Rindang Yuliani mengatakan...

Dana pensiun memang sepenting itu. Apapun pekerjaan kita saat ini, wajib hukumnya bagi kita punya dana pensiun untuk masa tua.

Aliaarf.com mengatakan...

DPLK Manulife bisa buat freelancer juga yaa,, bagus nih untuk persiapan hari tua.

Treimakasih informasinya bermanfaat banget ^_^

Aliaarf.com mengatakan...

DPLK Manulife bisa buat freelancer juga yaa,, bagus nih untuk persiapan hari tua.

Treimakasih informasinya bermanfaat banget ^_^

Susi Susindra mengatakan...

Baca beberapa tulisan senada dengan ini membuat saya ambil satu langkah untuk mempersiapkan pensiun. Memang belum satu langkah yang sama seperti ini karena bertahap.
Saya belum siap menetapkan target pasti untuk bulanan seperti ini

Diah Kusumastuti mengatakan...

Freelancer harus pinter-pinter mempersiapkan dana pensiun, ya. Agar hari tua lebih terjamin, menjadikan kita lebih bahagia dan enggak membebani anak-anak.

Rudi Soedjono mengatakan...

Makasih, Mbak Tika. Habis baca aku jadi dapat insight dan merasa perlu mulai memikirkan dana pensiun karena bulan ini usiaku 40 tahun. Pengin bisa pensiun lebih awal tapi dananya kudu mencukupi ya. Jangan sampai mengorbankan masa tua tetap bekerja sementara dana yang masuk cuma sedikit. Langsung kulik website Manulife nih, thx for sharing.

Peri Hardiansyah mengatakan...

Aku dari beberapa bulan yang lalu ada dapet info juga tentang dana pensiun dplk manulife, tapi enggak terlalu detail, nah dari tulisan kak tika dapet info baru lagi nih, makasih banget ya kak, jadi lebih teredukasi deh.

ruziana mengatakan...

jangankan freelancer..saya yang karyawan swasta dan suami PNS jg masih mempersiapkan dana pensiun tambahan.
karena penginnya saat suami pensiun hidup tetap berkecukupan seperti masih kerja

Berikan Pendidikan Anak dengan Kurikulum dan Ekstrakurikuler Terbaik di Sekolah Ini

  Pinjaman uang menjadi fasilitas yang bisa Anda manfaatkan untuk menaikkan taraf hidup, contohnya yakni meningkatkan mutu pendidikan anak. ...