Selasa, 02 Oktober 2018

Kemeriahan Pawai Obor Asian Para Games 2018 Di Jakarta Memacu Semangat Para Atlet Disabilitas


Pawai Obor Asian Para Games 2018 sangat terasa kemeriahannya. Semua kalangan turut menyambut perhelatan pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia ini mulai anak muda, orangtua dan partisipan. Termasuk saya turut mendukung, bahagia bercampur haru melihat para atlet disabilitas Indonesia penuh semangat walaupun keadaan terbatas. 


Melalui semangat dan keterbatasan mereka, para atlet disabilitas pantas untuk kita perjuangkan sampai akhir pertandingan nanti. Bertempat di Balai Kota Jakarta Pusat (30/9/18), Jakarta sebagai kota terakhir dan titik puncak Pawai Obor yang diadakan setelah di tujuh kota Solo, Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, dan Pangkalpinang. Kirab lentera obor akan diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlangsung dengan sukses dan lancar. 

Asian Para Games 2018
Asian Para Games 2018
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa Kirab Obor
Pawai Obor Asian Games 2018

Sebagai pendukung olah raga, tentu saya sangat bangga bisa menyaksikan secara langsung Pawai Obor Asian Para Games 2018. Bagaimana tidak bangga?. Moment ini akan tercatat sebagai hari yang bersejarah bagi Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Para Games. 


Pawai Obor Asian Para Games 2018

Pawai Obor Asian Games 2018 turut di hadiri oleh Menteri Pariwisata, Wakapolri, Ketua DPRD DKI Jakarta, Direktur Utama BRI, deretan artis, para atlet disabilitas, rombongan pawai, penari dan media. Meskipun cuaca cerah dan lumayan panas tidak menyulutkan semangat saya untuk mengikuti iringan pawai obor. Semuanya sudah siap memeriahkan dan mengitari rute pawai obor.

Asian Para Games 2018


Arakan obor akan dibawa secara estafet oleh 24 orang dari berbagai kalangan seperti Najwa Shihab, Bambang Pamungkas, Sheryl Sheinafia, Nirina Jubir dan simpatisan sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Pawai obor pun berlangsung dengan menggiring orang-orang memenuhi berbagai sisi jalan. 


Adapun rute pawai obor yang akan disertai dengan iringan kendaraan melalui rute Balai Kota DKI - Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Hotel lndonesia - Jalan lmam Bonjol - Jalan HOS Cokroaminoto - Jalan H.R. Rasuna Said - Jalan Casablanca - Jalan Dr. Saharjo - Jalan Dr. Soepomo - Jalan Simpang Pancoran - Jalan Gatot Subroto - Gedung DPR/MPR Rl - Putar balik di Simpang Slipi (Jalan Ks. Tubun - Jalan Palmerah Utara) - Jalan Gatot Subroto - Jalan Gerbang Pemuda - Putar Balik - Jalan Gerbang Pemuda - Kemenpora.

Asian Para Games 2018


Suasana pun semakin ramai, bersamaan dengan care free day (CFD) di sepanjang Jalan Sudirman. Ada beberapa akses pintu jalan ditutup dan dialihkan. Namun transjakarta tetap beroperasi seperti sedia kala. Saya sangat salut pada panitia Pawai Obor Asian Para Games 2018 di sepanjang jalan menyediakan air mineral secara gratis baik untuk peserta pawai obor maupun umum. Saya pun turut minum karena lumayan haus berjalan dibawah terik matahari. 


Saya sangat terpana dengan pawai obor ini, semuanya berjalan dengan lancar dan sambutan hangat dari masyarakat. Banyak juga simpatisan menyambut dan menciptakan arakan pawai obor menyenangkan dan meriah dengan menampilkan kreatifitas masing-masing. Tidak bisa saya sebutkan satu per satu begitu bermakna dan melekat di hati.

Asian Para Games 2018


Tidak hanya itu, pada titik terakhir rangkaian kirab obor akan ada Paralympian Festival di lapangan Kemenpora. Ada buzzer makanan dan aneka jajanan, ada panggung hiburan yang akan dimeriahkan oleh teman-teman disabilitas dan perlombaan teman-teman disabilitas sebagai puncak acara dari pawai obor ini. Tapi sayangnya, saya tidak sempat membeli jajanan terutama batagor.



Pencapaian Asian Para Games 2018

Luar biasa Indonesia menggaungkan semangat pesta olahraga disabilitas ke-3 di Asia. Menjadi harapan yang akan di gapai para atlet disabilitas untuk masa depan mereka. Pertanda Obor dinyalakan dengan api abadi diharapkan menjadi simbol dan semangat kemanusiaan khususnya untuk penyandang disabilitas. 

Asian Para Games 2018


Pencapaian Asian Para Games mudah-mudahan menciptakan persahabatan yang rukun dengan negara-negara Asia. Adapun harapan yang akan dicapai dalam Asian Para Games 2018 kontingen Indonesia yang bertanding dapat masuk ke posisi delapan besar. Oleh sebab itu, dalam keadaan apapun mari kita tetap mendukung para atlet disabilitas kita meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.


Selain pawai obor, saya bisa mengatakan perhelatan ini sekaligus pengenalan akan beragam budaya Indonesia dan beberapa budaya Asia. Melalui sejarah ini mari kita buktikan bahwa Indonesia ramah disabilitas. Salah satu buktinya, Pawai Obor Asian Para Games 2018 menjadi tranding topik dunia di media sosial. Seperti saya selalu mengabadikan moment ini dengan kamera smartphone dan meng-uploadnya ke media sosial dengan tagar #AsianParaGames2018.



Jadwal Pertandingan 
Asian Para Games 2018

Indonesia 2018 Asian Para Games atau INAPG 2018 adalah acara multi-olahraga internasional pertama di Asia, yang melibatkan atlet dengan berbagai disabilitas, yang diadakan di Indonesia. 


Mengingat jejak sejarah warisan dan kesuksesan Asian Games pertama di Indonesia pada tahun 1962, kota Jakarta dipilih sebagai lokasi dari multi-event ini pada tahun 2018. Sebelumnya, menjadi lokasi Asian Games 2018 dengan euforia kemeriahannya. Kini Asian Para Games 2018 juga diadakan di Indonesia dengan berbagai kemeriahan.

Asian Para Games 2018
Asian Para Games 2018

Asian Para Games akan dilaksanakan pada 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018 nanti. Jumlah negara yang akan berkompetisi di 18 cabang olahraga yang dipertandingkan di kompetisi ini adalah 42 negara. Menurut rencana, ada 2.888 atlet, 1.826 ofisial serta serta 591 media dari berbagai negara. 


Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Asian Para Games 2018 adalah panahan, para atletik, bocia, bulu tangkis, catur, sepeda, sepeda track, goal ball, judo, lawn balls, para angkat berat, para menembak, para renang, tenpin bowling, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, anggar kursi roda dan tenis kursi roda.

Saya turut meramaikan Pawai Obor Asian Para Games 2018

Pertandingan pun akan dilakukan di berbagai lokasi. Terutama Gelora Bung Karno (GBK) akan menjadi lokasi utama pelaksanaan lomba. Selain GBK, pertandingan akan dilakukan di Velodrome, Ji-EXPO Kemayoran, dan Tanjung Sport Arena serta satu venue pertandingan Paracycling di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Jujur saja, saya semakin penasaran dan tidak sabar lagi untuk menyaksikan Opening Ceremony Asian Para Games 2018 yang akan dilakukan tanggal 6 Oktober 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Karena acara akan dimeriahkan lebih dari 1500 penampil dengan konsep pertunjukan teatrikal dan disiarkan langsung dan live streaming TVRI dan Metro TV.

Opening ceremony nantinya bakal lebih banyak gelaran dan aksi-aksi yang menunjukkan sisi kemanusiaan dan Indonesia yang ramah terhadap disabilitas. Dimeriahkan oleh penyandang disabilitas, siswa sekolah, mahasiswa, serta anggota sanggar tari. Terdapat beberapa fasilitas khusus yang disediakan oleh Inapgoc untuk para penyandang disabilitas. Salah satunya adalah penyediaan area untuk kursi roda di tribun GBK dengan kapasitas 500 kursi roda.


Jangan lupa untuk menyaksikan Opening Ceremony, pertandingan dan sampai Closing Ceremony Asian Para Games 2018. Karena kita Indonesia.

16 komentar:

Riza Firli mengatakan...

aku paling berkesan bgt sama closing ceremony nyaa..

Okti Li mengatakan...

Saya baik pawai obor, pembukaan sampai penutupan acara sama sekali tidak berkesempatan nonton kemarin itu. Sedang ikut acara di lapangan. Infonya cuma dapat selesai saja. Senang bisa baca lengkap terkait pawai obornya di sini.

Cianjur utk para games ini kan tidak dilewati, beda dengan yang asean games sebelumnya di Cianjur obornya malah diinapkan

Nefertite Fatriyanti mengatakan...

Seru euy pawai obornya, yang pasti menyemangati para atlet yang akan berlaga.
Api obor menjadi energi

Hotlas Mora mengatakan...

Wah seru juga ya di Jakarta, ada Najwa Sihab juga. Btw saya juga ikut Pawai Obor Asian Para Games 2018 di Medan sebelumnya. Itu juga sama asiknya.. seru banget. Katanya Pangkal Pinang juga seru.. gila emang moment bersejarah ini. Apalagi raihan emas Indonesia melampaui target. Kereen!

Tukang jalan jajan mengatakan...

Indonesia memang patut berbangga, banyak perhelatan internasional berhasil dibuka dengan sukses dan membuat banyak orang masih teringat akan kemewahannya. Indonesia makin berjaya dimata dunia

Rani Yulianty mengatakan...

Seru banget ya acara pawai obornya, dukung acara Asian Para Games yang diselenggarakan di Indonesia dan sukses banget acaranya

Kurnia amelia mengatakan...

Seru ya pawai obornya sayang banget aku ga bisa mengikuti event bergengsi ini huhu.

Elly Nurul mengatakan...

Beruntung bangey mba bisa menjadi bagian dari torch relay asian para games 2018, terharu ya melihat mereka yang tidak sempurna begitu bersemangat untuk meraih prestasi, aku banyak mendapat pelajaran dari mereka

Ida Tahmidah mengatakan...

Wah seneng banget bisa ikut langsung keseruan event ini, bisa langaung melihat semangat merwka yg pasti menginspirasi :)

Dzulkhulaifah mengatakan...

Salut banget sama teman-teman penyandang disabilitas yang selalu semangat mengharumkan nama Indonesia. Makanya harus kita dukung penuh yaa.

Awan mengatakan...

Waaah pawai obor yang seru ya Mba Tika, dan salut bangat saya sama teman-teman penyandang disabilitas yang sudah berjuang dengan semangat mengharumkan nama Indonesia. Dan kita semua bisa belajar banyak dari mereka terkait semangat berjuang, sungguh sangat luar biasa ya.

Mukhofas Al-Fikri mengatakan...

sanagt memantik api semangat, api gelora atas digelarnya acara asian games khusus disabel ini. dan + obornya yang bikin greget saya pribadi wahai bunda

Novitania mengatakan...

Wihh rame banget pawai obornya ya kak. Antusiasem masyarakat luar biasa deh. Salutt

Valka mengatakan...

Wah seru banget mbak ikutan pawai obor. Sayang saya enggak ikutan. Semoga dengan diadakannya pawai obor seperti ini semakin meningkatkan kesadaran pemerintah dan masyarakat tentang hak2 disabilitas ya.

Ira Hamid mengatakan...

alhamdulillah, perhelatan asian para games kemarin sukses yaa, Mba. Salut dan bangga deh pada para atlet itu

Elvina Yanti mengatakan...

Wah! Semangat Mba! emang ini mengharukan banget. Salut sama mereka yang memiliki kekurangan tapi banyak kelebihan yang bisa mereka manfaatkan di ajang nasional pula. merinding.

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...