Minggu, 02 September 2018

Mengabadikan Kehormatan Euforia Asian Games 2018 Dengan Smarphone

Asian Games 2018 adalah perhelatan yang sangat luar biasa bagi kita Indonesia. Sebagai tuan rumah Asian Games, tentu sebuah kehormatan terbesar buat Indonesia berhasil menyita perhatian seluruh negara didunia. Ditambah lagi perolehan kejuaraan Indonesia di Asian Games 2018 sangat membanggakan. Indonesia bertahan di posisi keempat dengan memperoleh 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. 


Asian games 2018 Energy of Asia
Asian Games 2018

Kesempatan luar biasa juga bagi saya bisa menyaksikan pertandingan Atletik Asian games 2018 secara langsung dan menikmatinya sampai selesai. Betul banget euforia menonton langsung sangat terasa ketika kita menontonnya melalu televisi. Memberikan dukungan sama seperti menyalurkan energi positif menambah semangat pada atlit Indonesia. Saya sangat bangga dengan Atlit Indonesia yang menunjukkan prestasi.

Asian Games 2018
Keramaian penonton di stadion GBK

Semua kebanggaan ini terjadi karena dukungan kita semua. Atlet menunjukkan prestasinya melebihi target Presiden RI Joko Widodo dari posisi sepuluh hingga berdiri tegak di posisi empat. Siapa yang tidak bangga dengan prestasi ini. Saya aja terkagum dan terharu melihat kesiapan atlit kita menghadapi perjuangan ini.


Nah, perhelatan Asian Games memiliki banyak spot-spot terbaik untuk foto. Setiap momen pertandingan Cabang Olahraga Atletik Asian Games 2018 saya abadikan dengan menggunakan smatphone Samsung J Series bersama dengan Viva.co.id #1newstainment. Sebelum kami nonton bareng, kami mengikuti Workshop Smartphone Fotografi yang dibawakan oleh Mas Syahrino Putama sebagai Tim Kreatif dari viva media.

Asian games 2018 Energy of Asia
Energy of Asian Games 2018

Kami pun dibekali ilmu untuk bisa menghasilkan foto syantik. Ilmunya sangat bermanfaat banget buat saya sebagai blogger dan penggiat media sosial diajarkan bagaimana teknik pengambilan foto menggunakan smartphone supaya hasilnya syantik dan akan dikenang sepanjang masa.


Mas Rino mengatakan bahwa "Dengan hanya menggunakan smartphone kita bisa menjadi seorang Fotografer profesional dengan modal memahami dan belajar tekniknya.  Mulai dari pengaturan ISO kamera, Shutterspeed dan komposisi beserta fitur-fitur pelengkap lainnya. Teknik cahaya sangat dibutuhkan dalam mengambil foto yang dibantu dengan pengaturan ISO dan Speedshutter. 

Asian games 2018
Euforia dan Keramaian Stadion GBK Asian Games 2018

  1. ISO merupakan pengaturan untuk menentukan tinggi rendahnya cahaya yang diinginkan pada hasil foto atau sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO yang digunakan, maka sensor akan semakin sensitif. Sehingga kamera akan mampu menangkap gambar dengan lebih cerah.
  2. Komposisi sangat disarankan untuk mengunakan Rule of Third. Fitur ini biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera HP. Tujuannya agar kita bisa menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik dimana objek foto akan lebih menonjol. 
  3. Gunakan HDR untuk mendapat foto lebih tajam. HDR menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. 
  4. Fokus terhadap sebuah objek dapat menghasilkan foto yang bagus. Bisa juga dengan auto fokus membuat efek bokeh pada foto dengan memastikan jarak yang cukup antara objek foto dan latar.


Kami pun diberikan tantangan untuk mengambil foto dengan berbagai tema sambil mengaplikasikan ilmu smartphone fotografi dari Mas Rino. Semua blogger sangat antusias mempraktekkan ilmu fotografi tersebut. Termasuk saya sangat semangat sehingga menghasilkan angle foto sesuai tema.

Asian games 2018
Tema Keadaan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Asian Games 2018
Asian games 2018
Stadion Gelora Bung Karno Pertandingan Atletik Asian Games 2018

  1. Tema Merah Putih. Melambangkan negara kita Indonesia bahagia sebagai tuan rumah Asian games 2018.
  2. Tema Euforia. Kemeriahan penonton saat mendukung para Atlit dalam bertanding.
  3. Tema foto bersama Atlit. Menciptakan keharmonisan dengan para Atlit.
  4. Tema Selfie. Tidak ketinggalan untuk mengabadikan foto selfie Asian games 2018.
  5. Tema keramaian stadion Gelora Bung Karno (GBK). Menunjukkan keramaian dan keadaan berbagai vanue Asian games 2018.
Asian games 2018 Energy of Asia
Tema Selfie dengan Atletik Asian Games 2018


Nah,  semua tema foto diambil menggunakan smartphone dan hasilnya sangat bagus dan luar biasa. Berkat bekal ilmu smartphne fotografi oleh Mas Rino, saya jadi semakin senang jepret sana jepret sini sambil menikmati suasana Asian Games 2018 sepanjang perjalanan ke Gelora Bung Karno.

Asian games 2018 Energy of Asia
Tema Euforia Asian Games 2018

Buat kalian yang menonton Asian Games 2018 jangan lupa mengabadikannya dengan smartphone belum tentu tahun-tahun mendatang akan diadakan di Indonesia. So, nikmati moment bahagia Asian Games 2018.

16 komentar:

Mporatne mengatakan...

Menikmati nonton sambil mengabadikan lewat foto adalah moment yang berharga karena bisa jadikan track record buat sosmed dan pengalaman berharga

Dwina mengatakan...

Seru ya nobarnya....

Retno Kusumawardani mengatakan...

seneng banget bisa nonton pertandingan langsung apalagi sekalian dapat ilmu kayak gini, mauuu

Sara Neyrhiza mengatakan...

mbak judulnya kurang huruf "T"heheh

waktu nonton opening ceremony asian games saya juga cuma modal smartphone nih untuk mengambil gambar..yah, lumayan lah ya..walau kurang maksimal

Dwina mengatakan...

Komen lagi ya di sini...Moment yang ngga bisa dilupakan deh nonton Asian Games ini. Serasa pengen diulang lagi, trus nonton semua cabang olahraga.

Fenni Bungsu mengatakan...

Euforia Asian Games masih berasa banget memang sampai sekarang,apalagi mau memasuki Asian Para Games wah tambah semarak deh

Sri Widiyastuti mengatakan...

Seneng ya bisa hadir langsung mengabadikan Asian games 2018.

windhu mengatakan...

Asyik banget, belajar fotografi sekaligus bisa langsung mengabadikannya. Praktik langsung terkait momen olahraga Asia paling keren di tahun ini di Indonesia.

April Hamsa mengatakan...

Seru ya motret pakai Samsung. Walau cahayanya redup hasil potonya masih kece :D

Nova Violita mengatakan...

Jika menonton melangsungkan emang kerasa gegap gempitanya ..pasti beda dengan nonton dirumah...apalagi bisa selfie2 senang banget ..

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Kepengen punya deh gadget sekelas Samsung ini, maklum harganya lumayan banget, tapi sesuai ya dengan hasil fotonya yang bagus.

Cerita Bang Doel mengatakan...

cakepp neh fotonya.. pake hape samsung yak.. kereeen

Ade UFi mengatakan...

Seru ya mba bisa nonton langsung. Saya kalau nonton langsung khawatir ke anak2. Pengennya sih nonton langsung. Hiks.

@blogger_eksis mengatakan...

Acaranya seru yaa kak. Bisa mengabadikan momen dengan jepretan smartphone dari Samsung. Blogger Eksis juga pengguna setia Samsung nih*

Yesi Intasari mengatakan...

Momen yang gak boleh terlewat untuk diabadikan ya mbak, apalagi bisa dapet kesempatan ikut nonton banyak pertandingannya.. Euforia Asina games ini gak ada habisnya

Mudrikah stories mengatakan...

Seru banget bisa menonton langsung cabor atletik, aku kebagian nonton cabor badminton. Pdhal pngen lihat jg venue lain yg skrg tambah bagus

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...