Minggu, 13 Agustus 2017

BeKraf Creative Labs dan Cikini Fashion Fastival Bersinergi Mengembangkan Industri Fashion Indonesia

Sebuah kehormatan dan kebahagian tidak ternilai dapat menghadiri press conference Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) bersama Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar Cikini Fashion Festival (CiFFest). Cikini Fashion Festival (CiFFest) diagendakan untuk mensosialisasikan perkembangan dan pencapaian dalam keseluruhan aspek ekosistem dalam industri fashion Indonesia. CiFFest merupakan rangkaian dari BeKraf Creative Lab's (BCL) yang akan melahirkan dan mengembangkan industri fashion Indonesia.



Industri fashion tidak ada punahnya, kenapa demikian?. Karena industri fashion selalu berkembang dari masa ke masa dan selalu berinovasi menciptakan karya terbaik dengan menggoreskannya dalam kreatifitas anak bangsa. Adapun acara press conference 06 Agustus 2017 bertempat di Teater Jakarta Cikini yang akan menghadirkan Cikini fashion Festival (CiFFest) industri fashion ekonomi kreatif Indonesia.



Saat ini BeKraf sudah menyusun untuk menambah subsektor berupa grand of strategy dan rootmap dalam dunia fashion dan animasi. Setelah menyusun grand of strategy dan rootmap dibuatkan sosialisasi dengan nama BCL. Menurut Bapak Abdur Rohim Boy Berawi selaku Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif mengatakan “BCl merupakan suatu event yang berkaitan dengan riset dan program pengembangan kapasitas diri yang merupakan hasil kerja sama antara badan ekonomi kreatif bersama-sama dengan pihak Institut Kesenian Jakarta (IKJ). BeKraf diharapkan bisa menjadi barometer untuk masyarakat Indonesia bisa melihat perkembangan terkini dari industri fashion dan bisa menjadi ajang dari pelaku-pelaku kreatif untuk meningkatkan kapasitas diri supaya memiliki daya saing untuk dapat menembus pasaran baik nasional maupun internasional”.




Secara garis besar BCL merupakan pengupayaan Bekraf untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan pusat penelitian unggulan yang sudah bekerjasama dengan partner dan universitas. Pada tahun 2015-2016 BeKraf sudah melakukan kerjasama dengan 6 universitas membentuk puslitbang unggulan salah satunya dengan pihak IKJ pada fashion subsektor film animasi. Pada tahun 2016 menyelesaiakan kerjasama pertama pada penyusunan grand strategi yaitu pengembangan industri fashion di Indonesia. Pada tahun 2017 merupakan tahun implementasi yaitu penyelenggaraan event pengembangan kapasitas diri ada horison edukasi akses pemodalan infrastruktur. 




Salah satu strategi dan step didalam implementasi grand strategi untuk memperbaiki ekosistem industri fashion yaitu penyelenggaraan rangkaian BeKraf Creative Labs dalam event CiFFest yang dikhususkan untuk program subsektor fashion. Sangat besar sekali dampak CiFFest untuk meningkatkan dunia industri fashion indonesia. Menurut Ibu Susan HR. Tobing selaku Wakil Rektor IV Institut Kesenian Jakarta mengatakan bahwa CiFFest akan berkelanjutan tahun-tahun kedepan. Diharapkan kepada temu pelaku ekosistem fashion menghasilkan strategi efektif menghasilkan rootmap fashion yang meningkatkan jejaring kerjasama dan produktifitas ekonomi kreatif fashion khususnya di Indonesia.



Tujuan dari BeKraf Creative Lab’s yaitu untuk mensosialisasikan grand of strategy BeKraf dan mensosialisasikan IKJ turut membentuk pengembangan fashion Indonesia. Pada aspek rangkaian ekosistem dalam fashion tentu menjamin kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif fashion secara akademisi, industri, pemerintah dan komunitas. BeKraf meningkatkan kompetensi para pelaku ekonomi fashion dengan beragam kegiatan berupa workshop, seminar dan master class. Merumuskan merekomendasikan program-program prioritas pengembangan ekonomi kreatif fashion indonesia tentunya IKJ terus akan mendorong kepada Pemerintah khususnya BeKraf untuk bisa merealisasikan perkembangan industri fashion melalui institusi pendidikan.




Indah Tjahjawulan selaku Dekan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta mengatakan “Pendidikan perguruan tinggi memperbaharui jenjang untuk memperoleh kesetaraan dalam pendidikan fashion tentang Nomenklatur Pendidikan Tinggi Fashion. Pendidikan fashion menjadi pondasi pada industri fashion bagaimana menyesuaikan kurikulum dalam pendidikan yang dibutuhkan pengembangan riset kedepan untuk fashion. Karena fashion dipakai dalam semua aspek bukan hanya dalam membuat baju. Ajang temu dari semua pelaku industri fashion ekonomi kreatif memutuskan untuk jenjang pendidikan fashion meningkat sampai sarjana”.



Sebagai pelaku fashion harus tetap bersinergi dengan perkembangan industri kreatif ekonomi. Menurut Bapak Wawan Rusiawan selaku Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa “Mengembangkan fashion dengan cara pendekatan ekosistem. Industri fashion saat ini berada pada distributor utama ekonomi kreatif yang berkualitas dan membangun ekosistem fashion melalui Linikreasi. Melalui Linikreasi BeKraf dan perguruan tinggi mengembangkan subsektor-subsektor ekonomi kreatif yang berbasis ekosistem. Tantangannya memadukan antara kreatifitas, tata nilai atau ukur dan trend atau gaya hidup dan nilai tambah bukan hanya sekedar hobby tetapi menciptakan nilai tambah”.



Nah, sangat mengagumkan pengembangan BeKraf Creative Labs yang akan selalu berkesinambungan dengan CiFFest. Setiap tahun kita akan menyaksikan kreatifitas pelaku ekonomi kreatif. Khususnya jenjang pendidikan fashion akan meningkatkan nilai dari sudut pandang, pengaplikasian karya anak bangsa dan implementasi kreatifitas menghasilkan kesetaraan pendidikan dunia fashion.




Liputan Fashion Show

Kesempatan yang sangat bahagia bisa menyaksikan fashion show karya anak bangsa yang menurut saya sudah berstandard internasional. Terdapat karya fashion show yang berkolaborasi dengan bidang seni lain yaitu tari, musik, tata panggung dan videografi. Fashion show dengan nuansa seni pertunjukan yang akan menampilkan 55 rancangan karya 7 designer. Sungguh sangat mengagumkan karya pelaku seni dan fashion dalam pagelaran CiFFest. 




Sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dan bersyukur, Indonesia memiliki aset pelaku seni yang sangat kreatif dan mampu bersaing dan berkembang dalam dunia ekonomi kreatif. Melalui fashion show ini pelaku kreatif industri fashion patut diacungkan jempol telah mengcreate karya sebagus ini. Grey Zone Trend Forecasting 2017-2018.




27 komentar:

Ovianty mengatakan...

Sekarang pemerintah peduli dengan industri kreatif dengan adanya Bekraf, maju terus fashion indonesia

catatanemak mengatakan...

Selalu excited dengan karya kreatif anak bangsa. Itu model bajunya lucu lucu dan keren bgt. Sudah semestinya pemerintah lebih aware lagi dg kreatifitas anak muda negeri ini.

Novitalevi mengatakan...

Keren keren y karya anak bangsa... Sayang kalau tidak d dukung oleh pemerintah. Aset bangsa jg kan... Sukses fashion Indonesia

Leyla Hana mengatakan...

Bajunya bagus2 itu yg dipajang. Bisa lapar mata nih kalo ikut ke sana juga.

Mporatne mengatakan...

Pendidikan fashion makin banyak nih desainer muda yg berbakat. Dan kita Lebih senang lagi : bisa membeli baju dengan harga terjangkau

ike yuliastuti mengatakan...

bekraft emang keren...

dengan acara kayag gini bisa mengangkat seniman lokal

ike yuliastuti mengatakan...

bekraft emang keren...

dengan acara kayag gini bisa mengangkat seniman lokal

Shine Fikri mengatakan...

Salut dengan kreatifitas anak negeri. semoga ke depannya akan bermunculan para enterpreuner muda yg menunjukan jati diri bangsa..

lubena mengatakan...

Senangnya industri fashion semakin diperhatikan, semoga nantinya lulusan SMK jurusan tata busa juga mendapat kesempatan yang sama

Hanni Handayani mengatakan...

kreatif sekali desainernya, bisa baju yang unik

Unknown mengatakan...

Sungguh keren memang, dunia industri fashion yang bersaing ketat menjadikan para desainer muda asal indonesia menjadi ttp berkarya, trus tingkatkan kreatifitas, maka indonesia akan menjadi lebih maju.

Maya Siswadi mengatakan...

Keren deh, Bekraf ini selalu hadir dg program keren2. Industri kreatif makin berkibar dengan dukungan bekraf ini ya

Novitania mengatakan...

Aahhh keren keren semuaaa.. Kreatif banget yaa, nggak nyangka kalo ini karya anak negeri

Melyluthia mengatakan...

Saya takjub dengan hasil karya-karyanya, desainer Indonesia sdkarang tidak kalah kerennya ya dengan desainer luar negeri. Top banget pokoknya.

hiqudsstory mengatakan...

Sudah seharusnya karya anak bangsa didukung seperti ini, salut tuk Bekraf.

Ria Bilqis mengatakan...

Gagal fokus sama para model ya, ternyata anak bangsa pun banyak yang kreatif. Semoga event ini terus berlanjut di tahun yang akan datang.

Pertiwi Yuliana mengatakan...

Fashion shownya juaraaaa! Fashion show paling keren yang pernah aku lihat sejauh ini. Kolaborasi Bekraf dan IKJ gak ada lawanlah. Top.

Unknown mengatakan...

Waaa ada yg nulis Ciffest lagi, suka banget sama event2 kayak gini karena bisa dapat insight bagus plus tambahan ide buat ngejait baju *lha

bunsal mengatakan...

Semoga event keren begini suatu saat nanti merambah daerah. Jadi, nggak harus selalu ke ibukota buat dapatkan tontonan sekeren event Bekraf dan IKJ.

kilometerindonesia.blogspot.com mengatakan...

bajunya bagus-bagus. tapi ketinggalan nih eventnya hiks

krisna mengatakan...

ha ha ha
gagal fokus juga sama modelnya

Lilo MYL mengatakan...

ingin lihat langsung, acara shownya

Ahmad Rizal Affandi mengatakan...

Ikut seneng kalau pemerintah ikut andil dalam pengembangan dunia wirausaha

Saipul Muiz mengatakan...

Kreatif banget gan... Keren pokoknya!!

Tira Soekardi mengatakan...

wah keren bajunya ya , simpel

JealousBird32 mengatakan...

Dengan adanya acara bekraf seperti ini bisa dijadikan sebagai motivasi para desainer indonesia untuk membuat busana2 yg lebih baik dan bisa bersaing dengan desainer luar

Dian Ravi mengatakan...

Aku baca beberapa tulisan Cikini Festival ini konsep acaranya keren ya. Enggak sekedar acara fashion show pada umumnya. Menarik. Semoga tahun depan sukses ada lagi, dan aku dapat kesempatan datang.

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...