Senin, 15 Februari 2021

Anak Muda Menciptakan Kreatifitas dan Inovasi Untuk Investasi Green Jobs Masa Kini



Seiring banyaknya anak muda kreatif Indonesia, lapangan kerja pun semakin mudah diciptakan. Hanya saja butuh modal dan konsistensi inovasi. Seperti start up yang mulai berkembang di berbagai sektor. Belakangan ini lagi ramai diperbincangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. 


Melalui dicanangkannya UMKM dari berbagai pihak mulai produksi sektor rumahan, sektor industri, bahkan sampai eksport import berlomba menciptakan output green atau ramah lingkungan. Green Jobs mendorong efisiensi bahan baku, energi terbarukan, pembatasan emisi gas rumah kaca, peminimalan sampah dan polusi, pelestarian ekosistem serta mendukung proses adaptasi terhadap perubahan iklim.


Green Jobs
Anak Muda Menciptakan Kreatifitas dan Inovasi Untuk Investasi Green Jobs Masa Kini



Perkembangan green jobs pun merambat ke arah investasi hijau seperti penanaman modal yang bisa dilakukan simpan pinjam dalam modal usaha atau bisnis. Untuk mendongkrak angka investasi hijau, pemerintah terus berupaya mengajak para investor di bidang lingkungan masalah ketenagakerjaan dan masalah lingkungan. Terutama mengelola sampah menjadi green jobs untuk mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan. Peluang besarnya membuka lapangan kerja menekan pengangguran.



Green Jobs Daur Ulang Sampah


Bagi beberapa kalangan sampah adalah hal paling terjorok dan menjijikkan. Sampah limbah rumah tangga, perkantoran, industri dan lain sebagainya. biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan, lingkungan, atau estetika. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam (resources recovery). Bentuknya pun bermacam-macam seperti zat padat, cair, gas, atau radioaktif dengan metode dan keterampilan khusus untuk masing-masing jenis zat.


Pengelolaan sampah dilakukan dengan berbagai teknik mulai dari pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, mendaur ulang dari material sampah. Kemudian proses pemilahan sampah yang masih memiliki nilai secara materiil untuk digunakan kembali disebut sebagai daur ulang (reuse). Selain mudah pengelolaan sampah, ternyata bisa jadi bidang usaha yang sangat potensial.


Sampah
Sampah menjadi hal polemik terbesar di kota-kota besar karena dapat mengakibatkan kebanjiran




Teknik Cara Daur Ulang Sampah


Ada beberapa cara daur ulang sampah yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tentu meningkatkan taraf ekonomi dan keuangan keluarga. Karena sampah berbagai macam jenisnya dan berbeda-beda cara pengelolaannya. Misalnya antara plastik dan kertas / karton pun berbeda cara pengelolaannya. 


Penyortiran

Sampah perlu dipisahkan berdasarkan warna dan jenisnya. Biasanya harga jual plastik cacahan yang bening lebih tinggi dari plastik berwarna. Proses penyortiran juga dilakukan berdasarkan jenisnya, misalnya botol kemasan air minum dipisahkan bagian botol plastiknya, bagian label, lalu bagian tutupnya.



Pencacahan

Sampah berbagai bentuk mulai dari ukuran kecil sampai besar. Proses pencacahan untuk memotong plastik menjadi kepingan-kepingan kecil. Supaya bisa dikreasikan dalam bentuk tepat guna pakai. 



Pencucian

Sebelum didaur ulang, sampah harus dicuci supaya hasilnya berkualitas mutu baik. Bisa dibilas dari kontaminan lemak, minya, cat, lem, tinta, dan sebagainya. Pada tahap ini, pencucian juga bisa dibantu menggunakan deterjen.



Pengeringan

Pengeringan sangat diperlukan supaya proses penguapan air lebih cepat. Proses ini biasanya dilakukan di lantai semen atau menggunakan terpal di permukaan datar dibawah sinar matahari atau pun tempat sejuk berangin.



Pengepakan

Sampah sesuai jenisnya yang sudah dicacah akan dipindahkan ke dalam sebuah wadah. Media yang sering dipakai untuk mengepak adalah karung atau kardus. Cara ini juga digunakan agar jenis plastik lebih mudah digunakan dan diberi identitas sesuai jenisnya.



Dengan didukung UMKM hasil karya seni anak muda, hasil olahan daur ulang sampah pun bisa dijadikan ladang bisnis dan usaha yang menjanjikan. Sekarang lebih dikenal dengan made in Indonesia. Hal ini pun membuka kesadaran kita untuk lebih mencintai produk-produk Indonesia.




Adapun sampah yang bisa didaur ulang berdasarkan jenis sampahnya seperti : 


1. Botol plastik 

Botol plastik bisa dikreasikan berbagai manfaatnya. Bisa buat pot bunga, penyiram tanaman, dikreasikan pohon natal, wadah menyimpan pensil, botol galon besar bisa dibuat menjadi wadah menyimpan buku dan lain sebagainya. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, botol bekas pun bisa dijadikan mainan robot-robotan yang keren


Botol plastik
Hasil daur ulang sampah botol plastik



2. Plastik bungkus kopi atau susu

Menganyam plastik menjadi tas belanja, keset kaki, topi dan lain sebagainya. Dan lebih kreatifnya bisa dibuat menjadi tikar juga.


Plastik
Hasil daur ulang bungkus kopi atau plastik makanan



3. Kertas bekas dan karton bekas

Bisa didaur ulang kembali menjadi kertas baru atau buku tulis. Selain itu bisa dikadikan mainan anak-anak.


Daur Ulang Kertas Bekas
Hasil Daur Ulang Kertas Bekas atau Koran Bekas



Konsep Pengelolaan Sampah


Setelah mengetahui dampak sampah bagi lingkungan yang bisa mengakibatkan bencana alam seperti kebanjiran. Tumpukan sampah juga akan berakibat buruk bagi kesehatan dengan munculnya berbagai penyakit. Terjadi polusi udara pencemaran lingkungan. 


A. Konsep mengurangi sampah, menggunakan kembali sampah dan daur ulang. Dengan mengklasifikasikan strategi pengelolaan sampah sesuai keinginan dari segi minimalisasi sampah. 


B. Konsep perpanjangan tanggung jawab penghasil sampah (Extended Producer Responsibility). EPR dimaksudkan untuk menentukan akuntabilitas atas seluruh siklus hidup produk dan kemasan yang dibawa ke pasar. 


C. Konsep sistem pengotor membayar adalah prinsip di mana pihak pencemar membayar dampak dari aktivitasnya ke lingkungan. Sehubungan dengan pengelolaan limbah, umumnya merujuk kepada penghasil sampah untuk membayar sesuai dengan volume dan jenis sampah yang dibuang.


Green Job
Energi Muda kreatifitas dan inovasi menciptakan Green Jobs


Jika anak milenial masa kini bisa berpikiran kritis dan inovatif apapun jenis sampahnya bisa dikreasikan menjadi produk yang tepat guna dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dengan didukung investasi green maka terciptalah green jobs masa kini. Khususnya bisa menciptakan start up pengelolaan sampah dengan sistem Artificial Intelligence berteknologi canggih bisa diakses melalui smartphone.



Sungguh kreatif memanfaatkan sampah menjadi tepat guna. Menghasilkan beberapa lapangan pekerjaan yang green jobs banget. Tentu banyak invetasi green lainnya di sekitaran kita. Hanya butuh kreatifitas dan inovasi menciptakan green jobs. Mulailah dari diri sendiri, sadar akan lingkungan tentu akan membantu lingkungan mencintai kita juga. Maka sinergitas investasi lingkungan pun akan mengarahkan tujuan serta kegunaannya. 

Tidak ada komentar:

Media Sosial Menjadi Partner Terbaik Dalam Menghasilkan Cuan Secara Bijaksana

  Percaya nggak kalau media sosial menjadi partner terbaik dalam hidup kita jika digunakan secara bijak dan tahu aturannya ke ranah positif ...