Selasa, 10 Desember 2019

Kesetaraan Gender Memacu Perempuan Berdaya Di Era Digital Menciptakan Kemerdekaan Ekonomi Keluarga



Pahlawan dalam keluarga penuh dengan rasa cinta kasih sayang terbesarnya adalah seorang Ibu. Waktu sedetik pun sangat berharga bagi beliau. Bangun subuh-subuh demi memberikan yang terbaik buat suami dan anak-anaknya. Semua peran bisa dilakukan beliau dengan sepenuh hati. Memang benarlah surga di telapak kaki Ibu, sosok yang 24 jam selalu ada buat keluarga. 

vivatalk peran perempuan di era digital menuju indonesia maju isu kesetaraan gender
Kesetaraan Gender Memacu Perempuan Berdaya Era Digital Menciptakan Kemerdekaan Ekonomi

Sebentar lagi 22 Desember kita akan memperingati Hari Ibu. "Giving the best for Mom", karena beliau selalu menganggap keluarga adalah segalanya baginya. Kasih ibu sepanjang masa. Tentu pemahaman dan pengetahuannya akan teknologi masa kini, seorang ibu juga terus belajar supaya melek dengan modernisasi terus berkembang. Namun, sudahkah memanfaatkan teknologi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari?


Perkembangan teknologi perempuan juga harus mengikuti keberlanjutannya. Banyak perempuan sukses dengan mengandalkan substansi kecanggihan teknologi. Misalnya berjualan online bisa mencapai omset besar-besaran sampai ekspor. Melalui online shopping pun orang luar negeri sana dapat melihat dan mengkonsumsi usaha atau bisnis kita. Jadi dampak teknologi ini sangat besar bagi perempuan memanfaatkan peluang dengan baik.


Sebagai perempuan melek dengan teknologi, tanggal 3 Desember 2019 saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang bekerjasama dengan VIVATalk di Hotel Millenium Jakarta. Mengingat peran perempuan dan isu kesetaraan gender semakin meluas tidak hanya dalam keluarga tapi bagi negara juga. Tema talkshow dalam rangka menyambut milad ke-91 Hari Ibu yaitu "Perempuan Berdaya Indonesia Maju, Perempuan di Era Digital"

vivatalk peran perempuan di era digital menuju indonesia maju isu kesetaraan gender
VIVATalk Peran Perempuan Di Era Digital Menuju Indonesia Maju



Ditambah lagi pembicara dan narasumbernya yang sudah berjuang dan berpengalaman dalam dunia pemberdayaan perempuan dan digitalisasi. Ibu Gusti Ayu Bintang Darmawati selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (beliau tidak bisa hadir pada acara ini), Bapak Henky Hendranantha selaku Chief Operating Officer (COO) VIVA Networks, Bapak Indra Gunawan selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, Bapak Eko Bambang Sudiantoro selaku Chief of Research at Polmark dan Aliansi Laki-Laki Baru, Dr. Sri Danti Anwar selaku pakar gender, Ibu Diajeng Lestari selaku founder dan CEO HIJUP.


Perempuan masa kini melek dengan teknologi digitalisasi bisa berkarya dengan sangat fleksibel yaitu bisa bekerja dimanapun. Hadirnya teknologi menjadi penunjang produktifitas dan kreatifitas. Tugas perempuan selain menjadi istri dan juga ibu bagi anak-anaknya, tentu juga penting untuk bisa berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Jujur temanya sangat menohok sekali akan pentingnya keberadaan perempuan masa kini di era digitalisasi. Saya pun excited mengikuti acara sampai selesai.



Pentingnya Peran Perempuan di Indonesia  


Meskipun perempuan selalu dipandang kaum lemah bukan berarti tidak berdaya. Tetapi menjadi perempuan berkarya dan berdaya saing secara sehat. Seperti yang disampaikan Bapak Henky Hendranantha selaku Chief Operating Officer at Viva Networks bahwa "Perempuan memiliki peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Dalam peringatan hari Ibu tentu bukan hanya sekedar perayaan saja. Tetapi emansipasi bisa menjadi ujung tombak dalam mengisi dan mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga semakin banyak perempuan yang sadar akan pentingnya kesetaraan gender demi Indonesia yang lebih maju”. 

vivatalk peran perempuan di era digital isu kesetaraan gender
Bapak Henky Hendranantha selaku Chief Operating Officer at Viva Networks 



Prestasi perempuan bisa dilihat dari peran penting dalam keluarga dalam memberikan pendidikan pada anak-anaknya kemudian sukses dan berhasil mengelola roda kehidupan rumah tangga. Perempuan harus mempunyai keterampilan, wawasan dan ilmu pengetahuan yang mumpuni di era digital sesuai bakat, minat, kemampuan dan kesempatannya. Menjadi perempuan yang tangguh serta mampu bersaing dalam berbagai bidang untuk meningkatkan aktualisasi diri sekaligus meningkatkan taraf perekonomian keluarga tentu saling bersinergi dengan suami. 


Isu-Isu Perempuan dalam Meningkatkan Perekonomian Bangsa 


Perempuan berkarya tentu menghadapi tantangan kedepannya. Misalnya tantangan dalam bisnis atau usaha meningkat pesat. Mengakibatkan pendapatan seorang istri lebih besar dari suami. Menurut Bapak Indra Gunawan selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) bagaimana partisipasi perempuan berdaya dapat meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) di suatu negara, termasuk Indonesia. 

vivatalk peran perempuan di era digital menuju indonesia maju isu kesetaraan gender
Bapak Indra Gunawan selaku Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia



Pemerintah dan masyarakat bersama-sama berusaha mengatasi tantangan yang terkait dengan isu-isu perempuan untuk mencapai kesetaraan gender. Beliau berharap acara ini menjadi awal dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan menyambut Hari Ibu. Makna seorang Ibu menjadi pendidik generasi bangsa yang sesungguhnya. Terlihat dari kenyataan sehari-hari, mengantarkan anak ke sekolah, membimbing anak belajar setiap hari dan memeriksa semua aktifitas anak. Sehingga tercipta anak yang cerdas dan kebanggaan dalam keluarga.


Disinilah penting sekali kesetaraan gender menjadi isu penting dalam pembangunan ekonomi keluarga termasuk negara. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pandangan bahwa semua orang menerima perlakuan yang setara dan tidak didiskriminasi berdasarkan jenis kelamin. Hal ini diduga masih ditemukannya diskriminasi perempuan dalam berbagai lini kehidupan di Indonesia bahkan di negara lain.


Kesuksesan seorang perempuan juga tidak jauh dari dukungan dari partner hidupnya yaitu suaminya. Seorang suami seharusnya memberikan ruang dan waktu seluas-lusnya untuk istrinya berkembang lintas kreatifitas termasuk dalam keluarga. Isu kesetaraan gender akan kreatifitas perempuan belakangan ini sangat ramai diperbincangkan. Seringkali kesetaraan gender ini dipandang sebelah mata oleh kaum lak-laki. Ketakutan akan kesuksesan seorang perempuana dalam karir.

Kesetaraan Gender
Pemberian Foto Karikatur Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA)



Pentingnya Kesetaraan Gender 

Saya jadi teringat dengan Ibu, di usianya kini sudah menua masih tetap semangat berkarya dan berbisnis. Dengan harapannya tidak mau tergantung dengan suami maupun anak di usia tuanya. Semangat pantang menyerah dengan keadaan itulah prinsip yang dipegang teguh Ibu saya. Peringatan Hari Ibu menjadi pintu kesempatan buat kami anak-anaknya untuk menyenangkan hati beliau.


Dengan keteguhan prinsip yang dimiliki perempuan menentukan pentingnya kesetaraan gender. Kesetaraan gender merupakan persoalan pokok suatu tujuan pembangunan yang memiliki nilai tersendiri. Apa sebenarnya kesetaraan gender itu? 


Kesetaraan Gender dikenal juga sebagai keadilan gender adalah pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak didiskriminasi berdasarkan identitas gender yang bersifat kodrati. Hal Ini salah satu tujuan dari Deklarasi Universal Hak asasi Manusia, PBB yang berusaha untuk menciptakan kesetaraan dalam bidang sosial dan hukum, seperti dalam aktivitas demokrasi dan memastikan akses pekerjaan yang setara dan upah yang sama. Dalam praktiknya, tujuan dari kesetaraan gender adalah agar tiap orang memperoleh perlakuan yang sama dan adil dalam masyarakat, tidak hanya dalam bidang politik, di tempat kerja, atau bidang yang terkait dengan kebijakan tertentu. 

Kesetaraan Gender
Kesetaraan Gender (source : by google)



Dr. Sri Danti Anwar selaku Pakar Gender membahas tentang kodrat dan juga konstruksi gender menjelaskan bahwa "Zaman sekarang kita sering melihat pemandangan suami berbelanja ke pasar, mengantar anaknya ke sekolah dan istri mempunyai karier yang bagus malah tidak sedikit yang level jabatan melebihi pasangannya. Pendidikan dan edukasi mengenai peran gender itu sangat perlu disosialisasikan. 


Tetapi apapun pemberitaan di dunia nyata semuanya memiliki kodrat masing-masing. Namun kesetaraan gender merujuk kepada suatu keadaan setara antara laki-laki dan perempuan dalam pemenuhan hak dan kewajiban. Diskriminasi berdasarkan gender masih terjadi pada seluruh aspek kehidupan, di seluruh dunia. Ini adalah fakta meskipun ada kemajuan yang cukup pesat dalam kesetaraan gender dewasa ini. 


Sifat dan tingkat diskriminasi sangat bervariasi di berbagai negara atau wilayah. Tidak ada satu wilayah pun di negara dunia ketiga di mana perempuan telah menikmati kesetaraan dalam hak-hak hukum, sosial dan ekonomi. Kesetaraan gender bukan berarti laki-laki dan perempuan harus sama, tetapi keduanya mendapat hak yang seimbang. Pada dasarnya tiap individu itu sama kemampuan yang inheren pada manusia ada pada laki-laki dan perempuan. Isu-isu pada perempuan misalnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), stunting dan kematian ibu. Lelaki maskulin itu penuh kasih sayang, bertanggung jawab kepada keluarga dan mendukung "Stop KDRT". 


Kesenjangan gender dalam kesempatan dan kendali atas sumber daya, ekonomi, kekuasaan, dan partisipasi politik terjadi di mana-mana. Perempuan dan anak perempuan menanggung beban paling berat akibat ketidaksetaraan yang terjadi, namun pada dasarnya ketidaksetaraan itu merugikan semua orang. Kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang, mengurangi kemiskinan, dan memerintah secara efektif. Dengan demikian mempromosikan kesetaraan gender adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat (semua orang)-perempuan dan laki-laki-untuk mengentaskan diri dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup mereka.


Pembangunan ekonomi membuka banyak jalan untuk meningkatkan kesetaraan gender dalam jangka panjang. Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan memiliki makna yang penting karena setelah diadopsi maka akan dijadikan acuan secara global dan nasional sehingga agenda pembangunan menjadi lebih fokus. Setiap butir tujuan tersebut menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) dan untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, baik tua mau-pun muda.



Laki-Laki dan Perempuan dalam Kodrat Konstruski Gender 


Semakin menarik pembahasan dengan hadirnya Bapak Eko Bambang Sudiantoro selaku Chief of Research at Polmark dan Aliansi Laki-Laki Baru membahas tentang perempuan dari sisi keterbukaan laki-laki sebagai fundamental kemajuan perempuan. Beliau berujar bahwa laki-laki dan perempuan itu jelas memiliki perbedaan dan tidak bisa ditukar. Masing-masing memilik kodrat yang sudah diberikan oleh Tuhan. Kodrat laki-laki adalah membuahi karena mempunyai sperma, sedangkan kodrat perempuan adalah menstruasi, hamil, melahirkan, menyusui dan sebagainya yang tidak mungkin dimiliki laki-laki. 

Kesetaraan Gender
Ki-Ka : Moderator, Dr. Sri Danti Anwar selaku Pakar Gender, Eko Bambang Sudiantoro selaku Chief of Research at Polmark dan Aliansi Laki-Laki Baru 



Padahal untuk urusan pengasuhan dan pendidikan anak dalam rumah tangga, laki-laki dan perempuan harus saling membantu dan menjadi kewajiban bersama. Saya pernah menyaksikan sebuah video tentang rumah tangga. Ketika seorang istri kecapekan mengerjakan pekerjaan rumah dan minta tolong terhadap suami. Malah mendapat cibiran menyakitkan dari suami bahkan tidak membantu sama sekali. Dan sang suami pun menghitung-hitung gaji yang dihasilkan dan diberikan kepada istri. 


Padahal gaji seorang ibu rumah tangga jauh lebih besar dari gaji seorang suami. Dengan memaksimalkan 24 jam sehari seorang ibu siap sedia melayani semua kebutuhan suami dan anak-anaknya. Akhirnya video tersebut endingnya sangat terenyuh, suami akhirnya mau membantu istri membereskan pekerjaan rumah. Perlu diingat sebenarnya saat seorang laki-laki mempersunting seorang perempuan menjadi istrinya bukan berarti menjadi "babu atau pekerja beberes rumah dan segala isinya" dalam rumah tangga yang mengerjakan segala hal tetek bengek. 


Teknologi Digitalisasi Menjadikan Perempuan Pekerja 

Perempuan masa kini juga turut menambah pengetahuan akan modernisasi teknologi. Terutama kita sudah pernah melakukan belanja online di berbagai merchant e-commerce. Diajeng Lestari selaku Founder dan CEO HIJUB juga turut hadir dan banyak memberikan motivasi bagi para perempuan untuk dapat berkarya dan berdaya saing. Pada tahun 2011 beliau memulai usaha fashion e-commerce dibantu oleh dua karyawannya di sebuah ruangan berukuran 3x3m. Sang suami yang merupakan pendiri bukalapak turut membantu di bidang IT. Hingga saat ini HIJUP pun sudah dikenal dikalangan masyarakat. 

HIJUB, ISLAM
Diajeng Lestari selaku Founder dan CEO HIJUB 



Menurut Diajeng menjadi seorang pebisnis tentu tidaklah mudah, tetapi jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah tentu akan membuahkan hasil yang maksimal. Indonesia salah satu negara terbesar pengkonsumsi pakaian. Tentu dampaknya sustainable pada fashion. Terlihat sih kenyataannya di berbagai mall sangat cepat sekali pergantian mode dan design pakaian. Mau tidak mau kita juga konsumtif dengan perkembangan fashion tersebut.

Kesetaraan Perempuan
Blogger Gathering


Nah, sebagai perempuan Indonesia saya jadi memiliki to do list akan mimpi dan harapan yang akan dicapai tahun mendatang. Karena kesempatan dan kemauan itu tidak akan datang dua kali. Yang perlu tekad berani dan semangat memulai dan menghadapi tantangan digitalisasi tersebut. Perempuan hebat harus bisa berkarya, bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat luas.

2 komentar:

Perawatan Kolam Renang Magelang mengatakan...

Seru banget ya Bun acaranya, next time kalau ada event ini sepertinya sayang untuk dilewatkan

Perawatan Kolam Renang Magelang mengatakan...

Seru banget ya kak acaranya, next time kalau ada event ini sepertinya sayang untuk dilewatkan

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...