Selasa, 09 Juli 2019

Menggali Kembali Skill IT Programmer Dengan Belajar Otodidak

Sebagai seorang lulusan jurusan Teknik Informatika (IT) kebanyakan harapannya menjadi seorang programmer. Ya betul, seorang programmer. Dulu masih ingat waktu jaman kuliah masih ingat dalam satu kelas berjumlah 45 orang. Bisa dihitung perempuan hanya 5 orang saja selebihnya laki-laki. Pasti ketebak dulu teman aku kebanyakan laki-laki. Bahkan di dunia bekerja pun, aku juga bertemu team yang kebanyakan laki-laki.

Skill IT Programmer Dengan Belajar Otodidak
Skill IT Programmer harus belajar dengan database



Sudah 10 tahun aku bekerja bergelut di bidang IT setelah lulusan dari bangku kuliah. Banyak sekali suka duka yang aku alami sebagai seorang programmer. Selama bekerja sudah 3 perusahaan yang aku jalani. 2 perusahaan pure mengelola semua programming dan 1 lagi perusahaan manufacturing terbesar di Indonesia aku sebagai IT Support.


Tapi saat ini aku sedang tidak bekerja di perusahaan manapun. Hanya saja aku bekerja sebagai freelancer programming online dalam sebuah team IT untuk mengerjakan project application. Ya setidaknya aku bisa update skill tentang jurusan kuliah dulu. Sambil menyelam sambil minum air.


Bener banget kata pepatah "Ilmu harus diasah dan digali supaya semakin khatam dan tajam". Setelah hampir 1 tahun tidak bekerja kantoran, aku mengalami banyak ketertinggalan ilmu programming. Sangat cepat updatenya dan berkembang pesat sekali. Sampai-sampai aku harus mengasah skill kembali.

Skill IT Programmer Dengan Belajar Otodidak
Skill harus di update lho supaya tetap eksis


Setelah menjalani freelancer selama 6 bulan aku banyak belajar kembali akan ilmu programming. Mulai dari coding, schema, SAP dan mempelajari debug programming. Butuh effort dan konsentrasi tinggi untuk mempelajarinya. 


Untuk mengupdate skill, aku belajar dengan otodidak. Berbagai hal aku lakukan mulai dari searching materi-materi dari google dan youtube. Satu per satu aku pelajari melihat hasil dari compiler coding apakah commit atau sukses running. 


Aku sangat suka momen aplikasi error saat di jalankan (running). Menurut aku error itu sebuah tantangan yang harus terpecahkan dan harus ketemu jalan keluarnya. Di saat inilah aku sangat butuh idea yang bisa memecahkan masalah programming.

Skill IT Programmer Dengan Belajar Otodidak
Belajar coding sebuah program itu harus teliti lho


Seiring dengan usaha dan teknik, kebanyakan aku berhasil menyelesaikannya. Ya kalau pun tidak berhasil mengerjakannya, aku diskusi dengan teman team freelancer. Dan lumayan bank ilmu aku pun bertambah.


Perlahan-lahan pun aku bisa mengikuti perkembangan dunia IT dengan modal belajar sendiri dan berbagai metode. Karena bagi aku pribadi belajar itu tidak kenal waktu dan usia. Sebisa mungkin harus tetap di update skill supaya tetap eksis ilmunya.


Nah, selain menggali skill programming, aku juga sedang menggali hobbi dengan menulis di blog. Bagi aku dengan menulis di blog meningkatkan ketajaman ingatan akan informasi apapun itu. Mulai dari parenting, teknologi, kesehatan, film dan lifestyle. 

Skill IT Programmer Dengan Belajar Otodidak
Mengupdate skill salah satu kesuksesan tersendiri 


Menulis di blog bagi aku adalah sebuah terapi relaksasi hati dan pikiran. Supaya semua informasi yang aku dapatkan melalui talkshow, workshop, review dan curhatan pribadi pun aku tuangkan disana. Tulisan di blog menjadi kenangan terindah bagi aku untuk masa depan nanti.


Apapun yang kita lakukan dan dipelajari, percayalah akan memberikan keuntungan serta value besar bagi diri sendiri. Apalagi mengupdate skill dari kemampuan kita pasti akan berhasil dengan sukses.

15 komentar:

Siti Marhamah mengatakan...

Setuju kak, dengan nulis kita bisa menuangkan isi hati dan pikiran kita. Apapun itu, mau curhatan ataupun memang informasi yang bisa di baca banyak orang.
Nah paling seneng klo orang baca blog kita terus kaya ada pencerahan gitu, kan bisa manfaat baik yaa istilahnya.
Jadi berbagi bisa melalui tulisan yang bermanfaat.

Stafana Charis | www.stafana.com mengatakan...

awalnya aku ngeblog juga bosen sama rutinitas di kantor yang membosankan, dan Alhamdulillah malah bisa ngehasilin duit banyak dari kerja kantoran :'

Resty Yudha mengatakan...

"Menulis di blog bagi aku adalah sebuah terapi relaksasi hati dan pikiran" setuju banget tuh sama kalimatnya..

Hanat Futuh mengatakan...

Aku juga otodidak. Seneng banget pas waktu beli domain, setting sendiri. Lihat tutorial si, cuma pas awal awal belum berhasil. Aku coba otak-atik sendiri, dan seneng banget sudah terpasang di blog. Ngeblog juga asik, meski sekadar curcol tapi dengan menulis maka aku ada🌞

Annisa mengatakan...

Dulu saya pengen juga kuliah di jurusan IT. Ternyata malah masuk ke komunikasi hehehe. Tapi setelah dijalanin emang sesuai sama kondisi sih. Buat saya keren mbak perempuan yang kuliah dan ada di bidang tersebut.

Btw, setuju banget soal menulis di blog. Ibarat sebuah penyaluran pikiran dan perasaan banget

Artha Amalia mengatakan...

saluuut... anak2 IT tuh keren ya. kok bs sih pecahkan kode2 begitu. saya edit template blog di html nya ajah udah puyeng duluan. wkwkw

Selvijua mengatakan...

Skill itu memang seharusnya diasah terus, dan dipelajari terus, agar makin menambah pengetahuan juga.

Diah Agustina mengatakan...

salut mba ngambil jurusan IT, jadi flashback ketika aku kuliah dapat pelajaran C++, aku mumet.. Untungnya pas beli domain ngotak-ngatik sendiri berhasil

Maya mengatakan...

Keren nih mb bisa bergerak dibidang IT, aku dari dulu juga pengen kuliah IT, tapi malahan nyasar ke ekonomi hihi

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Intinya harus mau selalu upgrade diri ya mb... Karena ilmu memang selalu berkembang...

Auda Zaschkya mengatakan...

Aku paling enggak ngerti soal IT dkk ini. Lemah banget aku😉😄

Melissa Olivia mengatakan...

Wkwkwkw buatku kalo ada error uu kayak nyari jarum dalam jerami bok. Aku ga khatam IT sih tapi sempet belajar edit html otodidak dan itu cukuo bikin kepala pusing 🤣

Ludyah Annisah mengatakan...

Wahh, keren mbaa. Ternyata Mba Tika lulusan IT toh. Selalu kagum sama orang-orang yang paham ilmu IT. Soalnya aku sendiri emanf rada gaptek hihi

Rima Angel mengatakan...

Apalagi dengan memperbaharui template blog ya, perlu coding-coding gitu jadi lebih mengasah banget dah ini.

Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me mengatakan...

Wah keren banget nih mba jurusan IT, tapi sekarang banyak perkembangan ya, kemajuan nya pesat banget jadi kdg dulu udah dipelajari tapi sekarang udah nggak dipake lagi :)

Foodcraft Multigrain Premix Powder Sereal Nutrisi Penuh Pengganti Sarapan Untuk Hidup Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat terhindar dari berbagai macam penyakit adalah impian semua orang. Sehat dengan lingkungan bersih serta sehat denga...